Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Ibrahim Taju, sultan agung dengan peti sakti

Polisi menunjukkan barang bukti emas dari tersangka penipuan Taat Pribadi di Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Jumat (7/10/2016).

Peran sultan di Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi amat strategis. Mereka tangan kedua Taat yang bertugas mengumpulkan uang santri.

Salah satu pengikut yang diangkat jadi sultan adalah Ibrahim Taju, suami Marwah Daud Ibrahim--merupakan Ketua Yayasan Dimas Kanjeng Taat Pribadi.

Kewenangan Taju bisa dibilang sebelas dua belas dengan Abdul Ghani, sultan yang diduga dibunuh Taat. Tapi, menurut Hidayah Ismail, tersangka pembunuh Ghani, Taju itu orang paling dekat Taat. Kalau yang lain disebut sultan, maka Taju disebut sultan agung.

Nama suami Marwah ini berbeda-beda di setiap media. Tempo menyebutnya Tajul Ibrahim. Ada juga media yang menyelipkan D di namanya menjadi Tadju Ibrahim. Sebagian lagi ada yang menyebutnya Ibrahim Taju, seperti yang penulis pakai. Nama itu merujuk situs resmi Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Polisi menuturkan, struktur sultan di padepokan itu membawahi koordinator. Koordinator ini mencari orang yang rela menyerahkan mahar untuk digandakan. Kemudian, saat orang itu sudah jadi santri, maka harus mencari orang lain lagi agar uangnya berlipat ganda.

Persis konsep pemasaran berjenjang alias multi level marketing.

Taju sudah membawa tiga ribuan pengikut dari Makassar ke padepokan. Mereka berprofesi dosen, pengusaha, tentara, polisi, masyarakat biasa, dan ada juga profesor.

Salah seorang dari mereka membeberkan peran Taju. Pengikut dengan inisial TST itu mengatakan Taju menjebak dengan iming-iming uang yang bisa berlipat ganda.

TST diajak bergabung kegiatan padepokan pada 2012, yang mulanya hanya kegiatan sosial dan keagamaan. "Saya kenal Taju di organisasi keagamaan semasa kuliah dulu," katanya.

Taju kemudian meminta uang mahar Rp50 juta kepada TST, yang selanjutnya meminta lagi dan lagi. Total, ungkap TST, dirinya menyetor Rp100 juta lebih selama jadi santri. "Jika tak ada Taju, yang menerima setoran ada adiknya, Alim Taju".

Ketua tim penyidik Kepala Unit IV Subdit I Ditkrimum Polda Jawa Timur, Komisaris Pamuji (kanan) didampingi Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Pol Frans Barung Mangera (kiri) memeriksa rumah milik Marwah Daud Ibrahim yang dijadikan sebagai Padepokan Kanjeng Dimas Taat Pribadi di Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (3/10/2016).
Saat menjadi santri itu TST mendapat peti yang dipercaya akan berisi uang belanja harian. Peti ini juga bisa berfungsi sebagai ATM dalam rumah, jika tidak ada bank terdekat di sekitar pemukiman santri.

Janji sang sultan agung, peti yang berisi uang Rp10 ribu, akan bisa menghasilkan uang sebesar Rp3,5 juta per hari.

Jumlah sultan di padepokan cukup banyak. Pada Januari 2016 lalu, tercatat ada 158 sultan dilantik oleh Taat, yang mengklaim bergelar sebagai Sri Raja Anom Prabu Rajasa Nagara. Acara pelantikan berlangsung di pendopo padepokan yang disebut Rahmatan Lil Alamin.

Gelar raja itu, dikutip dari Solopos.com, diberikan oleh Asosiasi Kerajaan dan Kesultanan Indonesia (AKKI). Raja Anom adalah jabatan kebangsawanan yang sebelumnya turun temurun dari raja-raja Majapahit.
JumeneNgan Raja Anom '' Sri Raja Prabu Rajasanagara'' probolinggo
Taju tercatat menikahi Marwah pada 1983 ketika Marwah masih bekerja di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Pekan depan pasangan suami istri ini akan diperiksa polisi terkait dugaan penipuan yang dilakukan Taat.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...gan-peti-sakti

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Empat Muslim berpengaruh dunia dari Indonesia

- Ahok minta maaf kepada umat muslim, apa kata netizen?

- Isak tangis 12 menit dan pengakuan Jessica di depan hakim

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
28.3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread733Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.