Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nasi Goreng Fukien Dan 6 Jenis NasGor Lain Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba

dickskikiAvatar border
TS
dickskiki
Nasi Goreng Fukien Dan 6 Jenis NasGor Lain Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba


Mantan pesepak bola asal Inggris, Rio Ferdinand, belum lama ini menjadi sorotan netizen karena unggahan tweet di akun Twitter pribadinya


Nampak foto yang turut diunggah dalam Tweet tersebut, Rio tengah siap menikmati hidangan nasi goreng di hadapannya. Status yang ia tulis tersebut nampaknya diartikan sebagian followers-nya yang berasal dari Indonesia sebagai sebuah keterangan bahwa Nasi Goreng berasal dari Singapura.

Benih-benih 'perang' pun mulai muncul saat beberapa pengikut Indonesia Rio di Twitter mencoba mengklarifikasi pernyataan Rio dalam Tweet tersebut yang, menurut mereka loh ya, salah.




Pengikut Rio di Singapura pun angkat bicara terhadap tweet 'klarifikasi' tersebut


Hingga balasan Tweet pedas yang turut menyeret fenomena kabut asap dari Indonesia


Orang Indonesia ini marah dan mengklaim Nasi Goreng milik mereka tapi mereka tidak mau mengakui mereka lah penyebab (fenomena) kabut asap.

Pusing ya...


IMO, daripada nggak karuan buang tenaga dan ikut-ikutan kepancing emosi, mendingan cari tahu aja yuk jenis-jenis nasi goreng yang bisa kamu temukan dan santap di Indonesia!


1. Nasi Goreng Jepang 'Ashita'

Jenis hidangan 'NasGor' ini dinamakan Nasi Goreng Jepang karena penggunaan potongan-potongan kecil daun Ashitaba yang berasal dari Jepang. Ashitaba atau mungkin lebih dikenal sebagai daun seledri Jepang sangat popular sebagai salah satu superfruit karena mengandung 11 Jenis Vitamin, 13 jenis Mineral, Enzim, Klorofil, Biotin, Karotene, Germanium, Saponin dan masih banyak lagi nutrisi yang baik bagi tubuh.

Beberapa manfaat Ashitaba antara lain:
1. Merangsang selera makan
2. Membantu mengusir racun dalam tubuh
3. Mengatur kadar gula dalam darah
4. Mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh

Beberapa hidangan NasGor Jepang ini bahkan mencampurkan daun Ashitaba dalam bumbu dan saat penggorengan sehingga NasGor terlihat unik berwarna kehijau-hijauan.

2. Nasi Goreng Arab Habbatussauda

Meski begitu, jenis NasGor ini tetap kreasi khas Indonesia. Penggunaan rempah asli Arab dalam bumbu lah yang membuatnya dinamakan Nasi Goreng Arab. Selain itu NasGor ini juga dikenal dengan banyaknya penggunaan jintan dan bumbu herbal lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Warna nasi goreng ini terlihat kecokelatan dan lebih pekat. Campuran potongan daging kambing juga biasanya wajib ada dalam penyajian NasGor Arab ini.

3. Nasi goreng Fukien (atau Fujian)

Nasi goreng kreasi yang terinspirasi dari negeri Tiongkok ini berasal dari daerah Kanton dan khas dengan siraman saus di atasnya. Saus yang nampak seperti kuah ini biasanya mengandung campuran udang, jamur, dan daging kerang. Saus kecokelatan yang nampak seperti ilustrasi di atas umumnya terbuat dari campuran kecap, kaldu ayam, dan tepung jagung.

4. Nasi goreng Yangchow (atau Yangzhou)

Juga merupakan NasGor hasil kreasi yang terinspirasi oleh negeri Tiongkok. Sebagian orang Indonesia mungkin lebih mengenal nama NasGor ini dengan sebutan Nasi Goreng Spesial terutama di restoran-restoran Cina. Apa sih yang bikin spesial? Yup! Adalah campuran udang, scrambled eggs dan daging panggang yang wajib ada di dalamnya.

5. Nasi goreng Yuanyang

Satu lagi kreasi Nasi Goreng asal Tiongkok yang bisa ditemukan di Indonesia. NasGor jenis ini disajikan dengan dua jenis saus di atasnya. Saus pertama bernuansa putih (creamy) gurih dan satunya berwarna merah yang berbahan dasar tomat. Konsep kedua saus di atasnya ini dikatakan sebagai perwakilan lambang Yin Yang atau simbol Taichi.

Nasi goreng Yuanyang bisa ditemukan di beberapa restoran cina di Indonesia meskipun mungkin secara tampilan nggak seutuhnya mirip dengan ilustrasi gambar di atas.

6. Nasi goreng Singapura

Umumnya NasGor jenis ini khas dengan campuran bumbu kare kuning di dalamnya. Namun di Indonesia NasGor ini biasanya memiliki tampilan cerah dan memiliki aroma ikan yang berasal dari saus ikan atau tuna di dalamnya.

7. Nasi goreng Pattaya

NasGor yang khas dengan cara penyajiannya yang dibungkus dengan telur dadar. Jenis nasi goreng ini bisa dengan mudahnya ditemukan di Indonesia khususnya di berbagai restoran Thailand. Versi lokal paling popular dari jenis nasi goreng ini dinamai Nasi Goreng Amplop.

Honorable mention: nasi goreng Mamah di rumah!
Di luar dari yang ada di daftar, biar bagaimanapun nasi goreng rumah tetap paling juara entah itu buatan Mama, Papa, atau mungkin kreasi kamu sendiri! Setuju?

Faktor yang bikin nasi goreng rumah itu istimewa karena selain bisa kapan saja, biasanya rasanya selalu berubah menyesuaikan ketersediaan bahan dan... mood. Kalau lagi ada petai ya pakai petai, kalau lagi ada ikan asin ya pakai ikan asin, kalau lagi ada terasi ya pakai terasi. Bahkan kalau di rumah cuma ada mentega dan bawang putih? Lanjut~~~


"Tapi masih penasaran nih! Jadi sebenernya Nasi Goreng asalnya dari mana???"
Ok... Wikipedia sih bilang gini...


Sejarah lengkapnya, menurut beberapa sumber, ide mengolah nasi menjadi nasi goreng berangkat dari kecenderungan bangsa Tiongkok jaman dulu yang nggak suka dengan makanan dingin. Karena enggan buang-buang makanan (nasi), muncul lah ide untuk menggorengnya kembali dan seiring dengan berjalanannya waktu, mereka campurkan berbagai bumbu penyedap lainnya ke nasi yang digoreng tersebut.

Cara penyajian ini kemudian secara turun temurun disebarluaskan oleh para perantau asal negeri Tiongkok ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

"Ooooh! Ok, jadi intinya nasi goreng punya siapa?"
Duh... emoticon-Smilieemoticon-Smilie emoticon-Smilie

Simpulin sendiri deh ya! Saya buru-buru mau makan NasGor. Pamit~




Bagi Cendol Gan.. Seret Nih Makan Nasgor Ga Pake Cendol.. Yang Pelit Ane Sumpahin Keselek NasGor Lho emoticon-Wkwkwk

SUMBER
0
3.9K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.