• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Laputa Road, Jalan Menuju Langit dalam Animasi “Castle in the Sky”

andrianusho
TS
andrianusho
Laputa Road, Jalan Menuju Langit dalam Animasi “Castle in the Sky”


Bagi kamu penggemar film animasi Castle in the Sky pasti tahu jalan menuju langit ini. Laputa Road atau Jalur Laputa adalah sebuah jalan di kawasan pegunungan Aso yang terletak di Kyushu, Jepang. Tempat wisata tersembunyi ini banyak dibicarakan lantaran dikaitkan dengan anime ‘Castle in The Sky’ yang populer, seolah-olah imajinasi menjadi nyata. Apa sih yang bikin Laputa Road menarik untuk dikunjungi?


Asal nama ‘Laputa’

Kalau kamu kelahiran tahun 90an, mungkin anime dari Studio Ghibli yang dirilis tahun 1986, ‘Castle in The Sky’ menjadi film animasi masa kecil kamu. Yang dikenang banyak orang dari film itu adalah jalan menuju ke langit, yang ternyata terilhami dari Gunung Aso di Kyushu, Jepang.
Spoiler for open:

Gunung Aso yang berada di Kyushu, Jepang begitu indah dan hijau. Gunung ini pun memiliki tempat yang menjadi ide jalan menuju langitatau ‘Road to Laputa’ yang merupakan salah satu setting film animasi Ghibli ‘Castle in the Sky’ yang kemudian judulnya diubah menjadi ‘Laputa: Castle in the Sky’ untuk dirilis di United Kingdom dan Australia.
Spoiler for open:

Kastil yang berada di dalam animasi ini dikelilingi oleh awan, diinspirasi dari jalan di Gunung Aso yang juga terkadang dikelilingi awan. Karena jalan ini menginspirasi film tersebut dan pemandangannya memang sangat mirip dengan yang ada di kartun, maka akhirnya jalan ini disebut “Road to Laputa” atau Laputa Road, sesuai dengan nama kota terapung di dalam animasi tersebut, yaitu 'Laputa.'
Spoiler for open:

Jalan ini ada di punggung gunung dengan view alam hijau dan Prefektur Kumamoto yang tampak di kejauhan. Barisan awan juga tampak berjajar di langit dan sekitar gunung. Sungguh indah.

Asyiknya lagi, lokasi tersebut masih belum telalu populer di kalangan turis karena terpencil dan sulit akses. Jadi bagi kamu yang merupakan penggemar film animasi Castle in the Sky, atau bahkan kamu yang penasaran dengan tempatnya, bisa berkunjung ke Gunung Aso dengan santai.


Jalan menuju langit yang penuh rintangan

Hati-hati jika berjalan di Laputa Road lantaran jalannya sempit juga rentan jatuhan batu dan kerikil terlebih saat angin sedang kencang. Perhatikan dan patuhi rambu yang tersedia ya.
Spoiler for open:

Spoiler for open:


Kaldera aktif dan pemandangan fantastis

Seolah berada di dunia fantasi, melalui jalan ini kamu akan melintasi bukit rumput hijau berlatar pemandangan Gunung Aso yang luar biasa dengan kalderanya yang masih aktif dan terkadang terlihat mengeluarkan asap.
Spoiler for open:

Bahkan, dikabarkan gunung ini erupsi beberapa hari yang lalu (Oktober 2016).
Spoiler for open:



Akses ke Laputa
Spoiler for open:

Disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Sekitar 10 menit berjalan di The Milk Road(ditandai dengan nomor 339). Daro Aso Skyline, kamu akan menemukan patung Jizo di sebelah kirimu. Oh ya, disebut The Milk Road karena ada banyak sapi perah di jalan tersebut. Dari patung Jizo beloklah ke kiri, segera di sebelah kananmu akan terlihat area kosong untuk memarkirkan kendaraan. Keluarlah dari mobil dan berjalan kaki sesaat untuk sampai di Laputa Road.
Spoiler for open:

Tertarik mengunjunginya?

Spoiler for open:


Baca juga:
Orang-orang yang Hidup di Kutub Selatan
Band-e Amir, Rangkaian Danau dengan Air Sebiru Tinta
Sumber: http://adventuretravel.co.id/laputa-...menuju-langit/


Diubah oleh andrianusho 13-10-2016 13:10
nona212
nona212 memberi reputasi
1
26K
170
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922KThread80.1KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.