Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
4 cara menabung antigagal

Menabung merupakan suatu kegiatan yang sangat positif. Tidak hanya bagi anak-anak, namun orang dewasa sekalipun harus melatih kebiasaan menabung pada diri sendiri.
Lupakan sejenak menabung dalam bentuk deposito, reksadana, atau jenis tabungan lain yang Anda kenal, terutama bagi Anda yang sering gagak dalam hal menyisihkan uang.

Tak bisa dimungkiri kalau untuk hal yang satu ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Menyisihkan sejumlah uang untuk keperluan di masa yang akan datang, bisa jadi hanya menjadi impian belaka.

Sebenarnya beberapa cara di bawah ini bukan hal baru, tapi cara menabung unik yang dipaparkan Womantalk layak untuk Anda tiru:

Menabung berdasarkan tanggalIni adalah cara menabung yang nominalnya mengikuti tanggal. Tanggal 1 Anda harus menyisihkan Rp1.000, tanggal 2 Anda menyisihkan Rp2.000, dan seterusnya hingga akhir bulan.

"Seru, lho, menabung dengan cara ini. Saya sudah mulai cara ini sejak awal tahun 2016 lalu. Agar tidak lupa, saya buat kertas penunjuk hari di depan stoples atau kotak penyimpanan. Tandai kalau sudah menyisihkan uang setiap hari. Saya sarankan Anda konsisten dan tidak boleh 'bolong-bolong' dalam menaruh uangnya. Setiap bulan, saya mendapat tabungan dengan jumlah yang pasti sebesar Rp465 ribu atau Rp496 ribu. Kalau sampai akhir tahun, jumlahnya bisa mencapai Rp5 juta lebih." (There, Bogor)

Simpan uang receh AndaBaru saja kita mendengar berita seseorang yang membeli motor seharga Rp33,425 juta dengan uang koin pecahan Rp1.000 yang ia kumpulkan selama lima tahun. Jadi, masih mau meremehkan uang receh Anda?

"Saya punya stoples khusus, masing-masing untuk menyimpan koin dengan pecahan Rp200, Rp500, dan Rp1000. Kalau stoples sudah penuh, saya rapikan koin-koin tersebut dengan cara mengelompokkannya menjadi nilai yang lebih besar. Penggunaan koin-koin tersebut juga tergantung situasi dan kondisi. Kadang saya gunakan untuk membayar parkir atau saya tukarkan di supermarket yang biasanya membutuhkan uang receh untuk kembalian. Kalau lagi kepepet juga sering saya gunakan untuk naik ojek ke kantor." (Vey, Bandung)

Membuat jadwal setiap bulanCaranya dengan menyisihkan sejumlah uang setiap habis gajian. Cara ini cukup mudah dan gampang karena Anda hanya perlu melakukannya sekali dalam sebulan.

"Saya menjadwalkan transfer uang secara berkala menggunakan internet banking. Satu hari setelah tanggal gajian, bank secara otomatis melakukan transfer ke rekening yang saya buat khusus untuk menabung dan tidak pernah saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menyisihkan uang saat menerima gaji." (Jimmy, Tangerang)

#ThePowerOf20The power of 20 pernah menjadi viral di media sosial. Ya, berkomitmen untuk menyisihkan setiap pecahan 20 ribu yang Anda miliki dan menyimpannya.

"Saya tahu cara menabung ini dari rekan kerja, lalu saya mulai menerapkannya bersama suami. Kami selalu menyimpan setiap pecahan 20 ribu yang kami dapatkan dari transaksi apapun. Triknya adalah dengan menyimpannya dalam wadah transparan supaya makin semangat melihatnya. Sejak awal memulai ThePowerOf20 ini, kami berkomitmen untuk menggunakannya sebagai dana traveling dan tidak boleh menggunakannya dalam keadaan terdesak sekali pun. Hasilnya, dalam waktu enam bulan, kami berhasil mengumpulkan lebih dari 200 lembar pecahan 20 ribu yang sudah kami gunakan untuk liburan ke Malang." (Utte, Jakarta)



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...bung-antigagal

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Dokumen kematian Munir lenyap, siapa yang bertanggung jawab?

- Ahok minta maaf kepada umat muslim, apa kata netizen?

- 'Simsalabim' Dimas Kanjeng

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
18K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread733Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.