Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amarrudin.amrAvatar border
TS
amarrudin.amr
Kisah-Kisah kelam Indonesia
Kisah-Kisah kelam Rakyat Indonesia



Entah bagaimana Indonesia pada masa itu,yang jelas rakyat indonesia sangat damai,rukun dan sangat menghargai sesama,rakyat indonesia pada masa itu tidak punya banyak keinginan,mereka hidup sejahtera katanya,mereka tidak banyak bertingkah, tidak ada miskin dan kaya diantara mereka,yang ada hanyalah Bisa dan tidak bisa.Sebagaimana orang yang Bisa itu adalah orang yang mampu memiliki kedamaian bersama, bisa menghargai,dan orang yang mampu bertingkah mulia.Dan orang yang tidak bisa itu adalah orang yang tidak bisa di ajak damai,tidak bisa menghargai dan tidak bisa bertingkah mulia.Namun seiring berjalannya waktu,rakyat indonesia menorehkan kisah kelam yang menjadi corengan yang begitu tebal dan selalu teringat sampai saat ini.




Tragedi Trisakti



Adalah peristiwa penembakan, pada tanggal 12 Mei 1998, terhadap mahasiswa pada saat demonstrasi menuntut Soeharto turun dari jabatannya. Kejadian ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta,Indonesia serta puluhan lainnya luka.Tragedi ini dilatar belakangi oleh Goyahnya perekonomian indonesia pada awal tahun 1998 di akibatkan krisis finansial Asia sepanjang1997-1999. Mahasiswa pun melakukan aksi demonstrasi besar-besaran kegedung DPR/MPR, termasuk mahasiswa Universitas Trisakti. Hingga akhirnya disambut tragis oleh pihak berwajib hingga melakukan penembakan pada mahasiswa.

Tragedi Semanggi ( 11-13 November1998,)


Menunjuk kepada 2 kejadian protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agendaSidang Istimewa MPRyang mengakibatkan tewasnya warga sipil. Kejadian pertama dikenal denganTragedi Semanggi 1 terjadi pada tanggal11-13 November1998, masa pemerintah transisiIndonesia, yang menyebabkan tewasnya 17 warga sipil. Kejadian kedua dikenal denganTragedi Semanggi 2 terjadi pada24 September1999yang menyebabkan tewasnya seorang mahasiswa dan 11 orang lainnya di seluruhJakarta serta menyebabkan 217korban luka-luka.


pembantaian 1965-1966 (Pembantaian PKI)



Ini adalah kisah kelam yang terjadi di negara kita Indonesia.Mereka memerangi dan membunuh Orang yang di tuding menjadi anggota PKI,tak peduli itu Saudara,keluarga ataupun kawannya.
Diperkirakan lebih dari setengah juta orang dibantai dan lebih dari satu juta orang dipenjara dalam peristiwa tersebut. Soeharto yang paling awal menuduh PKI menjadi dalang dari peristiwa pagi hari Jumat tanggal 01 Oktober 1965 tersebut. Tanpa periksa dan penyelidikan yang memadai, Soeharto mengambil kesimpulan PKI sebagai dalang hanya karena Kolonel Untung —yang mengaku menjadi pimpinan Dewan Revolusi (kelompok tandingan untuk Dewan jendral)— memiliki kedekatan pribadi dengan tokoh-tokoh utama Biro Chusus Partai Komunis Indonesia.
Pembantaian dimulai pada Januari 1966 seiring dengan maraknya aksi demonstrasimahasiswa yang digerakkan oleh Angkatan Darat melalui Jendral Syarif Thayeb dan memuncak selama kuartal kedua tahun 1966 sebelum akhirnya mereda pada awal tahun 1967 (menjelang pelantikan Jendral Soeharto sebagai Pejabat Presiden). Pembersihan dimulai dari ibu kotaJakarta, yang kemudian menyebar ke Jawa Tengah danTimur, lalu Bali. Ribuan vigilante(orang yang menegakkan hukum dengan caranya sendiri) dan tentara angkatan darat menangkap dan membunuh orang-orang yang dituduh sebagai anggota PKI.
Pembantaian terburuk adalah di basis-basis PKI yaitu Djawa tengah,Timur,Bali,dan Sumatera.
Usaha Soekarno yang ingin menyeimbangkan nasionalisme, agama, dan komunisme melaluiNasakomtelah usai. Pilar pendukung utamanya, PKI, telahsecara efektif dilenyapkan oleh dua pilar lainnya-militer dan Islam. politis dan militer berada pada jalan menuju kekuasaan. Pada Maret 1967, Soekarno dicopot dari kekuasaannya oleh Parlemen Sementara, dan Soeharto menjadiPejabat Presiden. Pada Maret 1968 Soeharto secara resmi ditetapkan menjadi Presiden oleh MPRS yang diketuai oleh Jendral Abdul Harris Nasution (yang memang sengaja Soeharto tempatkan setelah menangkap dan memenjarakan seluruh pimpinan MPRS yang notabene adalah tokoh-tokoh PKI dan tokoh-tokoh Soekarnoi.
Hasil akhirnya adalahKomunisme dibersihkan dari kehidupan politik, sosial, dan militer, dan PKI dinyatakan sebagai partai terlarang di indonesia.

Pembantaian Westerling di Sulawesi Selatan (1946-1947)


pembantaian Westerling adalah sebutan untuk peristiwa pembunuhan ribuan rakyat sipil di Sulawesi Selatan yang dilakukan oleh pasukan Belanda Depot Speciale Troepen pimpinan General Raymond Pierre Paul Westerling.
Belanda belum menerima kedaulatan Indonesia yang telah merdeka sejak 17 Agustus 1945. Ia akhirnya menekan rakyat sipil untuk terus tunduk dan patuh kepadapemerintahannya. Seperti yang terjadi di Sulawesi Selatan pada Desember 1946 – Februari 1947. Belanda mengumpulkan banyak orang yang dicurigai sebagai penjahat dan pejuang lalu mengeksekusinya di tempat. Orang yang melakukan operasi ini bernama Raymond Pierre Paul Westerling. (Pembantainnya mengambil nama belakang sang Jendral Belanda.) Pria dewasa dikumpulkan di tengahlapangan dan disuruh membuat galian. Setelah itu tentara Belanda akan menembaki satu-satu orang ini. Tubuh tak bernyawa itu akhirnya ambruk ke lubang hingga tentara akan mudah untuk menguburnya. Diperkirakan ada sekitar 40.000 orang yang meninggal di kasus yang sampai di bawa ke pengadilan internasional ini.

Pembantaian Massal Saat Membangun Jalan Raya Pos (1808-1809)


Disebut sebagai pembantaian Massal Karena saat membangun jalan sepanjang 1.000 km ini pemerintah Belanda memaksa warga. Di bawah tangan besi Gubernur Jendral Herman Willem Daendels, puluhan ribu orang dipaksa membuat jalan di medan-medan yang sangat sulit. Mereka hanyadiberi makan seadanya hingga kadang banyak warga yang sekarat saat bekerja. Mengetahui hal ini tentara Belanda akan membunuhnya dengan cepat dan membuangnya di jalanan.Pembantaian Massal Saat Membangun Jalan Raya Pos (1808-1809) [imagesource]Jalan yang membentang dari Anyer ke Panarukan ini memakan korban lebih dari 12.000 orang penduduk pribumi. Daendels, melalui tangan besinya mampu menyelesaikan proyek prestisius ini hanya dalam waktu setahun saja. Tahun 1809, jalan raya pos ini sudah bisa digunakan dengan baik. Apa yang dilakukan Daendels mendapatkan apresiasi atasannya yangmerupakan Napoleon Bonaparte.Jalan raya pos ini digunakan oleh Daendels sebagai jalan penghubung komunikasi antara pos Belanda yang ada di Jawa. Itulah mengapa setiap 4,5 km akan ada kantor untuk pengiriman pesan. Selain itu, jalan ini juga digunakan sebagai penghubung jalur perdagangan yang dilakukan oleh Belanda. Terakhir, jalan ini juga akses yang digunakan untuk bertahan dari sergapan Inggris yang saat itu mulai masuk ke Jawa.



kesimpulan:

Semoga hal-hal seperti kutipan diatas tidak terulang kembali dimasa sekarang dan yang akan datang.

komeng dibuka:emoticon-Wow
Mungkin ada yang mau lengkapin kisah-kisah kelam rakyat indonesia silahkan.

Sampai jumpa di thread berikutnya

Ane Nitip ini nihemoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

Diubah oleh amarrudin.amr 12-10-2016 14:05
0
5.6K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.