nearanwarAvatar border
TS
nearanwar
Ternyata ini Penyebab Agan Sulit Terlepas dari Hutang





Holla Agan dan Sistaemoticon-Shakehand2 Saat ini, kata 'utang' seolah-olah sudah menjadi kebutuhan dan tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Risiko ketidakmampuan untuk membayar kembali jumlah utang yang dimiliki, serta cerita-cerita menyeramkan yang kerap mengiringi ketika proses utang berjalan, justru tidak membuat kita khawatir untuk berutang. Namun jika tidak hati-hati, bukan tidak mungkin utang yang kita miliki justru dapat menjerumuskan kita di kemudian hari.

Mengetahui penyebab-penyebab mudahnya banyak orang tergoda untuk berutang pun menjadi penting agar kita juga dapat terhindar dari belenggu utang. Beberapa poin krusial yang seringkali tidak kita sadari namun ternyata membuat kita seolah-olah tak bisa hidup tanpa berutang di antaranya Cekibrotemoticon-Wow

Spoiler for Penyebab Pertama:


Spoiler for Penyebab Kedua:


Spoiler for Penyebab Ketiga:


Spoiler for Penyebab Keempat:



Satu hal yang dapat menenangkan kita adalah sesungguhnya berutang tidaklah buruk, selama kita tahu cara menggunakan dan mengelola utang tersebut dengan benar. Selama kita menyadari bahwa segala sesuatu yang hendak dicapai harus melalui sebuah proses, maka ketergantungan akan utang tentunya juga dapat diminimalkan.

Selain dengan konsisten menjagai proporsi utang yang ideal (maksimal 35% dari penghasilan rutin bulanan), pemilihan atas utang tentunya juga menjadi penentu berguna atau tidaknya utang yang diambil. Perbanyaklah utang yang dapat menunjang produktivitas dan minimalkan utang yang hanya bersifat konsumtif. Hanya dengan begitulah, kedepannya kita lebih dapat mengontrol diri kita dari ketergantungan terhadap utang.




Sekian dan Terima Kasihemoticon-Shakehand2emoticon-Salam Kenal
Diubah oleh nearanwar 12-10-2016 00:23
0
2.1K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.