Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bagusgowesAvatar border
TS
bagusgowes
4 Makanan yang Bisa Mengurangi Kembung
Setelah terlalu banyak ngemil snack dan minuman ringan, seringkali kita merasa celana yang kita pakai menjadi semakin sempit dan rasanya tidak nyaman.

Kembung adalah kata yang tepat, untuk menggambarkan bahwa di dalam perut (saluran pencernaan) penuh oleh gas-gas sisa dari proses pengolahan makanan. Setelah kita makan dan minum, makanan dan minuman itu akan diolah di dalam tubuh, dan secara alami gas dan cairan akan dikeluarkan dari makanan tersebut.

Kembung perut cenderung disebabkan oleh adanya gas dalam usus dan terasa agak sakit dan mengganggu di perut bagian bawah.

Beberapa makanan, seperti produk susu, polong-polongan dan buah dikenal dapat menimbulkan kembung dengan mudah. Namun, beberapa makanan yang lain juga bermanfaat untuk mengurangi kembung.

Rasa kembung yang menyakitkan memang tidak nyaman, apalagi saat bersepeda. Akan lebih baik jika kita bisa menghindari makanan-makanan yang kemungkinan bisa menyebabkan kembung. Untuk makanan yang bermanfaat mencegah dan mengurangi kembung, berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Mentimun
Kandungan terbesar mentimun adalah air, sama seperti tubuh kita. Mentimun mengandung antioksidan quercetin yang berguna untuk mengurangi pembengkakan.

2. Pisang
Tekstur pisang yang terkesan lembek mungkin tak akan menjadikannya pilihan pertama untuk mengurangi kembung. Namun, pisang dilengkapi dengan banyak vitamin dan mineral.

Karena kandungan potassiumnya yang tinggi dan kaya serat, pisang berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Kandungan potassium-nya mmbantu mengatur kadar garam di dalam darah, sehingga bisa mencegah terjadinya kembung karena garam.

Buah-buahan lain yang memiliki manfaat yang sama adalah alpukat dan jeruk.

3. Yoghurt probiotik
Manfaat probiotiknya hampir sama dengan asparagus, namun efeknya akan terasa lebih cepat.

Probiotik menciptakan keajaiban di dalam saluran pencernaan dengan menambah bakteri baik dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat.

Jika disajikan dengan kombinasi bersama buah-buahan dan sayuran, yoghurt bisa menjadi alternatif makan siang yang menarik.

4. Jahe
Seperti yang sudah kita kenal, jahe bermanfaat untuk mengatasi flu dan demam, namun ternyata juga bermanfaat pada saluran pencernaan.

Kemampuan anti-peradangannya membuat otot usus menjadi lebih rileks, dan akhirnya mencegah kembung.

Menu minuman yang paling lumrah disajikan di pasaran adalah susu jahe dan teh jahe.

Sumber: http://goowes.co/2016/10/06/4-makana...rangi-kembung/
0
1.7K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.