Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mr.ayahAvatar border
TS
mr.ayah 
Rupiah Sempat ke Rp 12.900, Pengusaha: Banyak yang Panik Jual Dolar AS
Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sempat terus menguat dalam beberapa hari terakhir. Banyak pihak yang melepas dolar AS.

Jika terlalu kuat, rupiah bisa berdampak buruk terhadap bisnis importir Indonesia karena ongkos menjadi tinggi. Sebaliknya jika terlalu lemah, rupiah juga mengganggu bisnis eksportir karena pemasukan berkurang.

Menurut Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Suryadi Sasmita, pemerintah harus menjaga nilai tukar rupiah stabil dan bertahan di angka yang menguntungkan kedua belah pihak.

"Dolar itu ada dua pihak. Pihak eksportir nggak mau dolar melemah. Karena nanti rugi. Pihak importir maunya melemah karena dia bisa beli barang dari luar negeri lebih murah. Kalau dolar kan high cost. Sekarang tinggal kepentingannya. Menurut saya pemerintah harus jaga, jangan terlalu rendah, jangan terlalu tinggi," katanya saat ditemui di Gedung Sudirman, Kantor Wilayah Wajib Pajak Besar Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Menurutnya, rupiah yang terus menguat dalam beberapa hari terakhir merupakan efek psikologis dari pengusaha yang cenderung menjual dolar, sehingga rupiah menjadi semakin menguat.

"Ini psikologis saja. Orang jadi takut. Jual dolar semua. Apalagi di media dikatakan sampai 2017 ini masih menurun. Jadi takut dan banyak yang jual. Jadi psikologis. Jadi orang semakin jual, rupiah semakin kuat jadinya," pungkasnya.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah sempat menguat cukup signifikan terhadap dolar AS hingga mencapai level Rp 12.900-an. Namun penguatan rupiah yang terlalu signifikan, ternyata tidak baik bagi perekonomian negara seperti Indonesia.

Sebab saat ini Indonesia berada dalam kondisi defisit pada neraca perdagangan barang dan jasa, sehingga seharusnya mampu mendorong ekspor dan mempersempit defisit tersebut.


sumur dalam

baru sadar kalau melemah rupiah gak bagus jugaemoticon-Malu
0
3.2K
50
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.