Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zhouxianAvatar border
TS
zhouxian
SATE : Berasal dari Daerah Xinjiang, Sate Jadi Kuliner Kebanggaan Tanah Air


LAIN halnya dengan rendang yang merupakan makanan tradisional asli Indonesia, sate yang kepopulerannya sudah me-Nusantara ternyata bukan asli Indonesia. Lalu dari mana datangnya sate?

Pakar kuliner ternama Indonesia, William Wongso mengatakan, “Sate mungkin bukan asli Indonesia. nama sate ada yang mengintepretasikan kata Sa dan Te yang merupakan bahasa Hokkian,” kata pria ramah yang akrab disapa Om Will ini kepada Okezone melalui pesan elektronik, Jumat, 7 Oktober 2016.

Lebih lanjut William menjelaskan, kata Sa memiliki arti tiga dan Te yang memiliki arti biji. Dalam bahasa Hokkian makna sate adalah dalam satu tusuk ada tiga biji. Sementara dalam bahasa Mandarin memiliki arti daging ditusuk.

Pria yang sudah menjelajah dunia untuk mempromosikan kuliner Indonesia ini juga mengatakan sate di Negeri Tiongkok berasal dari satu daerah di Xinjiang. “Sate di Tiongkok berasal dari Xinjiang yang berdekatan dengan Afghanistan,” lanjut William.

Menurut William Wongso, dari sini juga kemungkinan sate merupakan hidangan yang terpengaruh dari budaya Timur Tengah yang dibawa ke tanah Tiongkok lalu dikenalkan kembali ke Indonesia. Sate di Indonesia juga memiliki berbagai versi mulai dari bahan pembuatnya hingga daerah asal di mana sate berasal misalnya sate Madura, sate Tegal dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana akhirnya sate bisa menjadi kuliner terkenal di Indonesia? Pengamat kuliner Arie Parikesit mengatakan, sate terbilang olahan yang sederhana pengolahannya. Sehingga mudah diadaptasi oleh masyarakat lokal di Nusantara.

"Masyarakat Indonesia melihat proses pemasakan sate yang begitu sederhana, dan dari sanalah mulai dikembangkan olahan satenya. Mulai sebatas diberi tambahan rempah-rempah, kemudian mulai merambah pada pemakaian bumbu kacang," timpalnya.

Menurutnya, dari kuliner sate inilah akan terlihat betapa banyaknya kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. "Dari Aceh hingga Irian, tentunya memiliki sajian sate. Semuanya dikemas dengan cara yang berbeda. Disesuaikan dengan budayanya masing-masing," tutupnya.
(ndr)

http://lifestyle.okezone.com/read/20...gaan-tanah-air

sate gan
0
14.1K
224
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.