widiunoAvatar border
TS
widiuno
Warga Keturunan Tionghoa berkiprah di dalam bidang Kemiliteran RI

Salam Sejahtera buat Agan n Aganwati
se Kaskus Raya. emoticon-Ultah

Selamat hari Imlek 2567 Gong xi fa cai
“Lots of Luck and Fortune! May it be as you wish every year!! Have a great chinese new year"

Berhubung ini thread pertama ane, sory klo repsol n kata katanya agak kacou ya...

Tadi barusan (siang, lupa jam brp) ane nonton tv disalah satu tv berita swasta Me*roTv yang menghadirkan narasumber seorang polisi dengan pangkat AKP, Beliau bernama Happy Saputra. Beliau lulus Akpol (Akademi Kepolisian) pada tahun 2007.

Beliau merupakan lulusan S1 Univ Bina Nusantara dan merupakan warga keturunan Tionghoa.
Pada tahun 2014 pada saat diwawancarai oleh Me*roTv, Beliau menjabat sebagai Kasatlantas Gresik.

Source :
http://m.metrotvnews.com/play/2015/03/01/364851

Beliau masuk dan bergabung dengan Polri karena Papanya juga memiliki keinginan menjadi seorang tentara. Beliau diam2 mendaftar dan akhirnya diterima dikesatuan Polisi RI melalui jalur Akpol.

Ane bangga sih sama berita diatas walo ane bukan warga keturunan Tionghoa, dan itu cukup melunakan stigma bahwa warga keturunan Tionghoa juga bisa turut andil didalam bidang kemiliteran dan abdi negara.

Ada beberapa petinggi TNI yang merupakan warga keturunan Tionghoa....cekidot yak :

1. Brigadir Jenderal TNI Teguh Santosa (Tan Tiong Hiem)

Alumnus Akademi Militer Nasional 1963, Korps Peralatan. Jabatan terakhir adalah Wakil Asisten Perencanaan Kepala Staf Angkatan Darat (1993-1995). 

2. Mayor Jenderal TNI Iskandar Kamil (Liem Key Ho)


Alumnus Akmil 1964, kini menjadi hakim agung. Dia pernah menjadi Kepala Badan Pembinaan Hukum TNI. Pada Agustus 2006, Iskandar menghukum mati enam dari delapan terdakwa kasus penyelundupan heroin seberat 8,2 kilogram dari Bali ke Australia, yang dikenal dengan sebutan Bali Nine. Juga menghukum mati Hengky Gunawan pemilik pabrik narkotik di Surabaya. 

3. Brigadir Jenderal TNI Teddy Yusuf (Him Tek Ji)


Lulusan Akmil 1965 ini pernah menjadi Wakil Komandan Batalion Infanteri 507 Kodam V Brawijaya, Komandan Detasemen Tempur RTP 16 di Timtim, Komandan Kodim 0503 Jakarta Barat, Asisten Perencanaan Kodam IV Diponegoro, Komandan Korem 131 Santiago, Manado. Terakhir, anggota Fraksi ABRI di Dewan Perwakilan Rakyat (1995-1999). Kini dia aktif di Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia. 

4. Marsekal Pertama (Purn) TNI Prof. Dr. Billy Tunas, MSc


Lulusan Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara ke-30 dan Naval Post Graduate School 1978. Jabatan terakhirnya adalah Kepala Pusat Data dan Informasi Departemen Pertahanan (1992-1993). 
Saat ini Beliau memiliki gelar Guru Besar Universitas Suryadarma, Jakarta (dilantik pada 29 Januari 2009).

5. Brigadir Jenderal TNI Paulus Prananto

Alumnus Akmil 1970 ini pernah melanjutkan studi di US Naval Post Graduate School dan lulus pada 1990. Jabatan terakhirnya adalah Kepala Pusat Data dan Informasi Departemen Pertahanan (1999-2002). 

6. Laksamana Pertama TNI FX Indarto Iskandar (Siong Ing)

Alumnus Akademi Angkatan Laut 1971, seangkatan dengan mantan Menteri Perhubungan Laksamana Madya Freddy Numberi. Pernah bersekolah di US Naval Post Graduate School, Monterey, California, 1996. Pernah menjadi Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Departemen Pertahanan. 

7. Mayjen TNI dr Daniel Tjen, SpS


Kini menjabat Kepala Pusat Kesehatan TNI. Menjadi anggota TNI melalui Sekolah Perwira Militer Wajib ABRI, 1984. Daniel pernah bertugas di Timor Timur selama enam tahun. Lalu masuk ke Kostrad, dan bertugas di lingkungan Kodam III Siliwangi. 

8. Kolonel Surya Margono alias Chen Ke Cheng (Tjhin Kho Syin)


Lelaki kelahiran Mempawah, Kalimantan Barat, 5 Desember 1962, ini merupakan lulusan Akabri Udara pada 1987. Dia terlahir dari pasangan Bong Chiukhiun (ibu) dan Tjhin Bitjung (ayah). Sebelum menjadi Atase Pertahanan di KBRI Beijing, Cina, sejak 10 September 2009, kariernya banyak dihabiskan di Angkatan Udara dan Bais (Badan Intelijen Strategis) ABRI. 

Source :
http://m.detik.com/news/berita/25082...nesia-modern/4

Sebenernya masih ada lagi yg laen yg ga mau diekspos emoticon-Toast...bagi agan2 yang mau nambahin monggo yah
Ayooo Gan n Sista...jangan sampe stigma warga keturunan jadi penghalang Agan n Sista untuk berkarier di dalam jajaran TNI or Polri.....emoticon-Shakehand2

Menurut Agan n Sista bijimane mengenai hal ini....


Thx Kaskus emoticon-Toast
Diubah oleh widiuno 11-02-2016 03:02
0
17.3K
12
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.