News
Batal
KATEGORI
link has been copied
80
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57f6a340582b2e10118b456c/kabar-baik-mendikbud-akan-hapus-pemberian-pr-sekolah
Sekolah harus bisa menyajikan pembelajaran yang menggembirakan, itulah visi pendidikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan baru kita, Muhadjir Effendy. Untuk mengimplementasikannya, pak Muhadjir punya beberapa rencana program. Salah satunya yang terbaru adalah rencana penghapusan PR sekolah. Ditemui di ruangannya, Gedung A, Kemendikbud, Jakarta Pusat, pak Muhadjir bilang ke HAI bahwa pelajaran sekol
Lapor Hansip
07-10-2016 02:17

kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah

Quote:kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah


Sekolah harus bisa menyajikan pembelajaran yang menggembirakan, itulah visi pendidikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan baru kita, Muhadjir Effendy. Untuk mengimplementasikannya, pak Muhadjir punya beberapa rencana program. Salah satunya yang terbaru adalah rencana penghapusan PR sekolah.

Ditemui di ruangannya, Gedung A, Kemendikbud, Jakarta Pusat, pak Muhadjir bilang ke HAI bahwa pelajaran sekolah seharusnya tuntas di sekolah, nggak kebawa-bawa ke rumah.

Langkah pemerintah daerah Purwakarta menghapus PR akademis untuk pelajar pun diapresiasi, bahkan pak Muhadjir ingin meneruskan langkah tersebut menjadi aturan nasional.

"Kebijakan itu (pemda Purwakarta) saya dukung. Sudah saya sampaikan di beberapa tempat juga. Jadi, saya pengin nantinya Lembar Kerja Siswa (LKS) juga nggak boleh ada lagi. Saya ingin pendidikan tuntas di sekolah. Murid nggak boleh bawa pekerjaan rumah. Bawa bacaan boleh, itu bagus, tapi kalau malah jadi beban, ya nggak boleh," papar pak Muhadjir.

Belum lama lalu, HAI menyebar survei kecil-kecilan. Dari 417 siswa SMA di berbagai kota, 100 respondennya menjawab kalau dalam seminggu mereka mendapat 7 PR. Udah gitu, yang dapet PR lebih dari sepuluh pun nggak sedikit, ada 30 responden yang mengakuinya.

Kepada pak Muhadjir, HAI menyampaikan permasalahan keberatan pelajar terhadap monster bernama PR sekolah itu.

"Kalau ada guru yang masih suka ngasih banyak tugas gimana nih, Pak?" tanya HAI.

"Itu nggak boleh. Nanti akan kami beri sanksi gurunya. Sanksi peringatan. Nanti, saya ingin guru pun nggak boleh bawa kerjaan ke rumah. Kalau udah di rumah guru ngurusin anaknya saja, jangan ngurusin LKS dan PR sekolah," jawab pak Muhadjir.

Program penghapusan PR sekolah ini terintegrasi dengan rencana program pengembangan karakter di sekolah yang lebih kita kenal dulu dengan istilah fullday school. Karena akan ada perpanjangan waktu sekolah untuk diisi kegiatan kokulikuler, jadi pembelajaran benar-benar tuntas di sekolah, nggak dibawa ke rumah.

Kini, pak Muhadjir dan timnya sedang menyiapkan peraturan penghapusan PR sekolah ini sehingga bisa cepat diterapkan.

"Semester depan tahun ajaran ini (akan mulai). Nanti saya keluarkan peraturan menteri," tukasnya.

Kami doain semoga lancar dan benar-benar terlaksana, Pak!


--------------------------------------------------------------------------
Apa komentar agan tentang "wacana" ini atau mungki bakal bukan wacana lagi?

Bagaimana agan sebagai orangtua/kaka/yang masih sekolah menilai keputusan kemendikbud ini? Apa menjadi kabar baik bagi kita semua atau akan menjadi boomerang buat generasi ke depan? Monggo di komentar

Sumur
Diubah oleh denniaplle
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 08:56
Pr itu wajib ada,terus pulang sekolah minimal jam 6 sore
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 08:59
Jadi inget dulu kalo lupa buat PR pasti bangun berangkat lebih awal biar bisa ngrjain disekolah emoticon-Leh Uga
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 09:02
waktu gue lihat sarah sechan bintang tamu nya si dedi keren juga gue pikir ide nya si dedi
PR itu pekerjaan rumah
dan bukan pekerjaan sekolah
dan yg disampaikan dedi itu bener
ngapain beli lks pake uang siswa
trus dikerjain di rumah
lah kl emang pkrjaan rumah
bener lah buat sesuatu karya yg emang idenya dr rumah
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 09:07
Lah di sekolah tempat istri ane ngajar yg fullday school kebijakan kyk gini udh lama diterapin, semua tugas dikerjain di sekolah nggak ada yang namanya PR. cuma emang sekolahnya sekolah swasta sih, gw nggak tau klo sekolah negeri kira2 bisa gak diterapin kyk gini
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 09:14
Yg diperlukan sekarang ini kurikulum yg konsisten dan jelas.

Ini tiap semester atau tahun gonti ganti mlu, kasihan anak2 sama guru jd korban kegoblokan tiap rejim
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 09:21
Quote:Original Posted By muka.kotak8jt
Yg diperlukan sekarang ini kurikulum yg konsisten dan jelas.

Ini tiap semester atau tahun gonti ganti mlu, kasihan anak2 sama guru jd korban kegoblokan tiap rejim


setiap ganti "orang" selalu ganti kebijakan dan melupakan kebijakan lamad
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 09:28
Quote:Original Posted By denniaplle


setuju ane sm ente


Ane setuju
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 10:46
lah kl engga ada PR di rumah ngapain?
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 10:50


Bullshit,anak jaman skrng gak jauh2 dri anime,drama korea,yutub tontonannya
Diubah oleh antilongcat
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 10:51


Bullshit,anak jaman skrng gak jauh2 dri anime,drama korea,yutub tontonannya

0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 11:02
lah klo ga ada pr mo ngapain di rumah,,ke warnet,ntn sinetron lebay ga jelas??makin ga jelas aja ya pendidikan sekarang apalagi tipe ortu sekarang kan mayoritas ga perhatian ma anak bisanya cuma bikin giliran anaknya bermasalah pihak sekolah yg dipersalahkan.
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 11:05
Harusnya bukan di hapuskan tapi di batasi, misal 1 hari cuma 1 pr.
Klo ada guru yg sudah kasih pr ya guru mapel lain ga boleh kasih pr di hari yg sama.
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 11:06
di beberapa negara juga ga ada pr gan

emoticon-Leh Uga

mereka tetep maju khan

emoticon-Leh Uga

sepulang sekolah itu tanggung jawab orang tua, kalo anaknya kelayapan, ngenet, tauran, ngebokep itu tanggung jawab mereka.

emoticon-Leh Uga

pola pikir bangsa ini harus diubah.

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh rajin.meremas
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 11:20
Belajar mah di skolah aja
Di rumah ya maen
Tapi kalo ga ada pr
Para orang tua pada ga bisa mantau anaknya lagi belajar apa
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 11:21
Ga sekalian ga ada ujian, biar ga ada beban emoticon-Big Grin
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 11:40
Quote:Original Posted By dcantripe
Sekalian tugas kuliah dihapus juga kaga ni... emoticon-Busaemoticon-Busa


enak aja lu, karna gw dah lulus tugas kuliah harus tetep seperti biasa atau diperbanyak sekalian emoticon-Mad (S)
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 11:46
Klo d sekolahny udh maksimal alias ikut ekskul jg, sh gue blg gpp, biar g cape pikiran jg, apalagi yg plgny jam 3 masuk jam 7 ..

Jd pulang buat istirahat, dan ng refresh energy tuk esok hari ..

Manajemen waktu dikit" dh ..
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 11:49
ah elah emang jaman sekarang, masih ada jam wajib belajar emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Stick Out Tongue. justru karena ada pr, siswa mau belajar pak. yang lebih tepat, siswa kelas 1 SD, SMP, & SMA/SMK tidak dapat pr, lalu dalam sehari maksimal tiga pr untuk siswa SMP & SMA/SMK, untuk siswa sd hanya dua pr. Bila harus lebih, maka jumlah soalnya harus lebih sedikit. tambahan untuk siswa SMK, pr yang diberikan kalau bisa praktek sesuai bidang studi masing-masing.
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 11:55
ga setuju gw
mo jadi apa ckck
0 0
0
kabar baik, mendikbud akan hapus pemberian pr sekolah
07-10-2016 11:57
Quote:Original Posted By cahsewon
jaman gw dulu sih yg namanya PR dikerjainnya pagi2 di sekolah

klo skrg sih malah enak ada PR. ngerjainnya bisa bareng2 di kamar hotel

emoticon-Cool


Pekerjaan Ranjangemoticon-Wakaka
bareng siapa dulu nih?
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia