• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Miris Gan! Soal Minat Baca, Indonesia Ternyata Peringkat Kedua Terbawah

EdnaAvatar border
TS
Edna
Miris Gan! Soal Minat Baca, Indonesia Ternyata Peringkat Kedua Terbawah
Miris Gan! Soal Minat Baca, Indonesia Ternyata Peringkat Kedua Terbawah
emoticon-Cape d...emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...


Beberapa bulan kemarin, Central Connecticut State University, Amerika Serikat melakukan penelitian tentang minat baca negara-negara di dunia. Penelitian ini melihat dari populasi negara, budaya baca tiap-tiap negara, ketersediaan buku dan perpustakaan, sampai sekolah. Hasilnya, dari 61 negara yang diteliti, Indonesia menempati peringkat 60!
Penelitian ini juga ternyata bukan satu-satunya penelitian yang menyebutkan kalau masyarakat Indonesia masih malas membaca. Beberapa tahun lalu, UNESCO merilis index tingkat membaca orang Indonesia hanya 0,001. Artinya, dari 1000 penduduk Indonesia, hanya ada satu orang yang memiliki minat baca.

Penelitian lain juga udah mengungkap kalo rata-rata orang Indonesia membaca hanya satu buku pertahunnya di luar buku pelajaran. Dan angka ini udah pasti masih jauh di bawah negara-negara seperti Jepang yang baca bukunya getol banget gan bahkan sampe 10 buku atau Amerika Serikat yang membaca 10-15 buku pertahunnya. Sedangkan, rata-rata negara Asia Tenggara membaca 1-3 buku pertahunnya. Minat baca yang kurang ini bisa jadi kenapa Indonesia terlambat untuk berkembang dibandingkan dengan negara-negara lain. Miris kan? Makin lengkapnya agan bisa simak infografis berikut ini :
Quote:


Yang lebih memprihatinkan lagi, Indonesia ternyata bukan negara yang tertinggal masalah akses informasi dan media sosial. Pengguna media sosial dan smartphone di Indonesia terhitung cukup tinggi dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Tapi, sayangnya penetrasi gadget canggih serta media sosial yang punya banyak informasi ga dimanfaatkan dengan baik.
Fungsi untuk membaca dan mencari informasi yang bisa dilakukan dengan smartphone kalah pamornya dengan fitur untuk ajang eksis di media sosial bagi kebanyakan orang Indonesia.

Gimana Solusinya Dong, Gan???
Setiap masalah pasti ada solusinya dong, begitu juga dengan cara untuk ningkatin minat baca masyarakat Indonesia yang rendah. Cara yang paling gampang adalah dengan memulainya dari diri sendiri. Coba agan semua berkaca pada diri sendiri, berapa banyak buku yang agan baca setiap tahunnya? Berapa sering Agan habiskan waktu untuk membaca setiap harinya? Jujur deh, pasti hasil survey tersebut nggak jauh dari kebiasaan Agan untuk baca. Ya kan?

Nah, untuk ningkatin kebiasaan membaca ga harus selalu dengan membaca buku koq gan. Lewat layar kecil yang ada digenggaman tangan, agan-agan juga bisa memulai kebiasaan untuk membaca dan menambah wawasan serta informasi. Kini, banyak aplikasi yang menyediakan informasi terbaru di smartphone agan-agan. Lewat aplikasi ini, Agan bisa meningkatkan kebiasaan baca dan yang pastinya nggak pernah ketinggalan informasi terbaru. Salah satu aplikasinya adalah Kurio, aplikasi yang ternyata buatan anak negeri ini selalu kasih informasi terbaru setiap waktu dari berbagai sumber informasi yang terpercaya. Dengan membaca Kurio, Agan-Agan semua dijamin ga bakalan pernah ketinggalan informasi penting dan bisa memulai kebiasaan untuk membaca.

Penasaran seperti apa aplikasinya? Langsung coba downloadaja sekarang gan, Gratis lho!




Diubah oleh Edna 03-10-2016 13:49
0
51.4K
474
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.