Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aghilfathAvatar border
TS
aghilfath
Situasi Ekonomi RI Sekarang Lebih Tenang
Spoiler for Situasi Ekonomi RI Sekarang Lebih Tenang:

Jakarta - Bank Indonesia (BI) memastikan kondisi ekonomi nasional sekarang lebih tenang. Hal ini yang membuat ekonomi Indonesia bisa digenjot lebih tinggi, khususnya dorongan dari kebijakan moneter.

"Situasi ekonomi Indonesia sekarang lebih tenang dan terkendali," ungkap Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara dalam seminar terkait prospek ekonomi Indonesia di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Indikatornya adalah ekonomi mulai tumbuh secara perlahan dengan proyeksi di 2016 sebesar 5,1%. Kemudian inflasi akhir tahun diproyeksikan 3,1-3,2% dan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) sebesar US$ 21 miliar.

Maka dari itu, kata Mirza, BI berani melakukan pelonggaran moneter dengan menurunkan suku bunga acuan sejak beberapa kuartal terakhir. Sekarang BI 7 days repo rate sudah sebesar 5%.

"BI lakukan pelonggaran kebijakan moneter baru sekarang, karena 2013 memang tidak ada ruangnya. Kalau dilonggarkan saat itu, malah membuat situasi malah tambah jelek. Sejak 2015 bisa lebih baik dan 2016 kita longgarkan," paparnya.

Dari sisi fiskal, Mirza menjelaskan bahwa sudah ada perbaikan yang cukup baik. Bila tadinya ada risiko pada defisit anggaran, namun melalui kebijakan penghematan dan suksesnya program pengampunan pajak atau tax amnesty, maka defisit bisa dikendalikan pada level 2,5-2,7%.

"Tadinya bisa lebih 3%. Tapi karena penghematan dan tax amnesty maka defisit bisa dikendalikan 2,5-2,7%. Jadi fiskalnya baik," terang Mirza.

Sektor rill juga mulai terlihat positif. Kalangan dunia usaha sudah lebih bisa bersifat ekspansif, dengan merencanakan berbagai kegiatan investasi dan impor.

Apalagi pemerintah sudah mengeluarkan 13 paket kebijakan ekonomi yang langsung menyasar sektor rill.

"Waktu kurs goyang, gara-gara kondisi AS sulit diprediksi, importir tak bisa lakukan aktivitas dan perencanaan kegiataan. Sekarang situasi sudah tenang dan orang sudah bisa lakukan kembali melakukan impor dan kegiatan ekspansif lainnya," ujar Mirza.

Source

Saatnya menatap prospek yg lebih baik emoticon-Cool
0
1.6K
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.