Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gueayeakuAvatar border
TS
gueayeaku
CUMA MIMIN yang BOLEH baca, ADA BENARNYA
Saat ini Kaskus adalah forum terbesar di Indonesia. Namun, bagaimana nasib kedepannya?

Dari beberapa komentar pengguna, Kaskus saat ini menjadi sepi. Meski beberapa subforum tidak demikian. Beberapa pengguna bahkan menyebut, jika saat ini forum itu disesaki oleh thread tidak bermutu, setidaknya begitu keluh user bernama musthart.
user kaskus
Seorang user mengeluarkan unek-unek.

“Ni admin kaskus udah panik gara2 sekarang kaskus sepi viewer, sepi trit2 bermutu, yang ada cuma trit2 konyol ga bermutu…
Kenapa bisa begitu min?
Coba mikir min, kan lu cerdas min…”

Sebelumnya, gw sendiri juga pernah posting, tentang alasan kenapa jangan ngaskus, baca: Hari gini masih ngaskus? Tinggalin aja gan!

Singkatnya, gw beberapa kali daftar disana, dan anehnya, meski thread yang gw buat itu sifatnya edukasi (lihat aja blog ini), tepat kategori, serta ada interaksi antar pengguna. Tetap aja thread gw dihapus. Asumsi gw, mod. hapus postingan itu lantaran gw taruh link aktif (link blog ini).

Ini konyol, tapi setelah di analisa. Itu emang betul. Padahal, dimana bentuk kerugian mereka? Disatu sisi, gw sebagai TS memberikan thread yang bermutu, sehingga mendatangkan trafik situs Kaskus. Disatu sisi juga, apa hal yang dilarang, kalau seandainya link aktif blog gw ada yang ngeklik?

Inilah kesalahan moderator Kaskus. Mungkin otak mereka gak kepikiran kesana. Padahal, pendapatan situs mereka bisa mencapai ratusan juta dalam sehari. Baca: Penghasilan Kaskus, Kompas dan Detik. Emang, kenyataan yang harus diterima secara sama-sama adalah Kaskus itu kan forum. Jadi, isinya ya ngandelin user generate.

Uniknya, hari ini Kaskus melakukan sayembara, untuk menghidupkan kembali forum. Isinya sederhana,

“Udah Ngaskus Hari Ini Gan?

Sehari tanpa ngaskus, rasanya bagai makan mi ayam tanpa ayam dong Gan! Mungkin Agan-Sista ada yang rajin bikin thread, rajin komen, atau cuma jadi pembaca setia aja. Padahal, nulis thread di Kaskus itu menyenangkan loh! Keuntungannya juga banyak!”

Jujur aja, gw cukup ngakak baca announcement itu. Seolah-olah media penulisan cuma di forum aja. Padahal, media tulis yang paling baik yang sifatnya mutlak dan ada benefit lebih, ya blog pribadi doang. Ya kaya Blog Netizen inilah contohnya. Di blog sendiri, kita lebih bebas buat luapin ekspresi. Karena memang kita sendiri administratornya. Mau nulis apa ke, itu urusan kita. Beda halnya kalau di forum.

Lagipula, ketimbang nongkrong dan ngabisin waktu berlama-lama di forum, mending nulis di blog aja sekalian. Pasang iklan. Siapa tahu, akhir bulan bisa dapat gajian. Dari yang awalnya hobi, bisa dapat bayaran. Bukannya itu sebuah prestasi?

Kembali ke topik,

KASKUS juga sayang banget sama Agan-agan yang sering bikin thread berkualitas! Sebagai penghargaan khusus buat para thread maker di tahun 2016, KASKUS mau kasih Premium Badge untuk para thread maker. Tentu ada syarat dan ketentuannya dong!

Bikin Thread Keren, Dapetin Premium Badge nya!

Bikinlah thread yang menarik dengan tema yang unik, informatif, menghibur, lebih orisinil lebih baik Gan! Thread keren Agan bisa berkesempatan mendapatkan Premium Badge yang cuma ada dua jenis di dunia ini.

Spoiler for sumber:
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.4K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
35.1KThread25.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.