Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

republik.crotAvatar border
TS
republik.crot
Ini Analisa Roy Suryo Soal Google Ganti Kata Foke Jadi Ahok Soal...
JAKARTA – Calon Gubernur Basuki Tjahaja Purnama sempat meminta pesaingnya Anies Baswedan untuk menyediakan waktunya membuka situs mesin pencari, Google. Ia meminta Anies menulis ‘sungai bersih karena Foke’ di Google.

Ini Analisa Roy Suryo Soal Google Ganti Kata Foke Jadi Ahok Soal...

Pasalnya, Google akan memberitahu Anies bahwa ‘sungai bersih karena Ahok’. Menanggapi hal tersebut, Waketum Demokrat yang juga Pakar Telematika Roy Suryo mengemukakan analisanya. Ia menuturkan Google mencari kata-kata paling banyak diinput. “Jadi ketika dulu orang banyak menulis program kali bersih itu ditulis di pemberitaan itu menulis bahwa kali bersih itu Ahok maka sekarang kemarin ada yang tiba-tiba menyebut kali bersih di zaman Pak Foke, maka itu secara technically biasa search engine akan mengkoreksi,” kata Roy ketika dikonfirmasi, Selasa (4/10/2016). Meskipun, Roy menilai tidak tepat kata mengoreksi tetapi ibarat program yang diinstal dalam komputer yakni auto correct. “Biasa kita tulis alpa, tapi harusnya hapal, otomatis dia mengkoreksi hapal karena dulu sudah banyak yang menginput seperti itu,” kata Mantan Menpora itu. Roy lalu membandingkan dengan pemberitaan mengenai sungai bersih. Ia menduga Ahok banyak melakukan publikasi mengenai sungai bersih. Publikasi sungai bersih lebih banyak dilakukan Ahok ketimbang Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo atau Foke. “Karena publikasi berita. Bukan berarti publikasi itu faktanya. Saya fair aja, kalau saya lihat tayangan CNN Internasional maksudnya ya bukan Indonesia itu pernah membuat reportase 2010, saat itu Pak Fauzi Bowo masih menjadi gubernur Jakarta,” ujar Roy. “Itu sudah disebutkan semua programnya termasuk penyelesaian Banjir Kanal Barat kemudian Banjir Kanal Timur. Kemudian tentang jalan layang di atas, kemudian tentang pembersihan kali bersih,” katanya. Roy mengaku kaget dengan jarangnya pemberitaan mengenai sungai di era Foke. Hal itu berbeda saat pemerintahan DKI Jakarta dipimpin Joko Widodo yang dilanjutkan oleh Ahok. “Sangat gencar pemberitaannya. Sedikit-sedikit berita, nah ya mungkin kata-kata kali bersih Ahok yang ditulis itu mungkin lebih banyak daripada kali bersih Ahok gitu loh. Jadi menurut saya ini karena pemberitaan tapi bukan berarti fakta,” ujar Roy. Ia menilai munculnya keyword tersebut tidak terkait tim kampanye Ahok. Roy percaya Ahok tidak melakukan cara-cara kampanye di Google melalui pencarian kata atau kalimat. “Saya percaya Pak Ahok tidak perlu melakukan itu. Karena modal petahana sudah sangat banyak ya. Artinya pemberitaan kegiatan yang dilakukan pun sudah sangat banyak,” ujarnya. Oleh karenanya, Roy melihat keyword ‘sungai bersih karena Ahok’ masih dalam tahap wajar dan bukan sesuatu yang luar biasa. “Jangan salahkan Google nya loh ya. Lucu saja kalo ada yang menyalahkan dan menuduh Google dibeli, ngga sampai ke sana,” katanya. (tribunnews.com)

Sumur

Menurut sukro ini karena pemberitaan bukan berarti fakta. Maksudnya apa ya ?? Apakah ahok tidak melakukan kerja nyata soal kali bersih dan cuma pemberitaan doang biar terlihat kerja. emoticon-Bingung
0
3.3K
48
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.