hellosehatAvatar border
TS
hellosehat
Daftar Makanan Pembentuk Otot
Kebanyakan para Agan pasti suka olahraga biar keliatan berotot dan lebih macho di depan sista-sista. Tapi, tidak ketinggalan yang juga sangat penting diperhatikan dalam mendukung pembentukan otot adalah asupan zat gizi sebagai makanan sel pada otot.

emoticon-Angkat Beer Membentuk otot memang perlu protein, tapi...
Saat agan ingin membentuk otot, kamu akan lebih banyak makan makanan yang mengandung protein tinggi. Namun, protein yang dibutuhkan tubuh adalah sebanyak 10-35% dari total kalori. Pembentukan otot tidak membutuhkan tambahan asupan protein. Beberapa makanan sumber protein yang dapat membantu pembentukan otot adalah:

Telur. 0,5 gram asam amino leusin dalam telur merupakan sumber energi yang baik bagi otot. Leusin merupakan asam amino paling penting dalam pembentukan otot.

Daging sapi. Daging mengandung asam amino esensial, vitamin B, dan kreatin yang dapat meningkatkan massa otot. Namun, pilihlah daging sapi yang tidak banyak mengandung lemak.

Kacang-kacangan. Kacang mengandung protein, lemak, dan juga serat. Kacang dapat menjadi makanan ringan yang baik bagi Anda yang ingin meningkatkan asupan kalori.

Daging ayam. Mengandung protein yang baik bagi pertumbuhan otot. Ayam mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan daging sapi. Lebih baik lagi jika menyajikannya dengan cara direbus bukan digoreng.

Yogurt. mengandung protein dan juga probiotik. Probiotik mampu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Tempe. Makanan khas Indonesia ini memiliki kandungan gizi yang kaya. Tempe menyediakan 41% kebutuhan protein harian Anda. Berbeda dengan makanan sumber protein lainnya yang juga mengandung tinggi lemak, tempe hanya mengandung lemak yang sangat sedikit.

Kacang kedelai. Kacang kedelai merupakan sumber protein nabati yang memiliki kandungan leusin tinggi. Leusin merupakan salah satu asam amino yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan otot.

emoticon-Angkat Beer Apakah karbohidrat diperlukan untuk membentuk otot?
Karbohidrat juga merupakan zat gizi penting yang menyediakan energi bagi otot. Karbohidrat akan dikonversikan menjadi bentuk glikogen yang disimpan dalam otot, dan akan menjadi energi untuk otot bergerak saat beraktivitas. Walaupun karbohidrat penting bagi otot, Anda tetap harus memilih karbohidrat yang rendah lemak, seperti roti gandum dan sereal gandum. Susu rendah lemak, yogurt, buah-buahan, dan sayuran juga merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk pembentukan otot.

emoticon-Angkat Beer Jangan hindari lemak
Walaupun mungkin Anda membatasi asupan lemak Anda saat ingin membentuk otot, tetapi tubuh tetap membutuhkan lemak. Asupan lemak ke tubuh harus memenuhi 20-35% dari total kalori yang dikonsumsi per harinya. Berikut ini beberapa contoh makanan sumber lemak yang dapat membantu pembentukan otot:

Almond butter. Almond butter memiliki rasa yang enak dan juga mengandung vitamin B2 dan vitamin E yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Almond butter memiliki rasio lemak dan protein yang lebih baik daripada peanut butter.

Salmon. Memiliki protein dan lemak yang baik bagi tubuh. Asam lemak omega-3 dapat mengurangi pemecahan otot ketika kapasitas pemecahan asam amino meningkat. Hal ini menguntungkan karena otot dapat menyimpan lebih banyak protein untuk pembentukan otot.

Melakukan olahraga dengan didukung oleh pola makan yang baik dapat mempercepat pembentukan otot. Pola makan yang terdiri dari 5 sampai 6 kali makan per hari dalam porsi kecil dan dengan menu seimbang dapat memberikan energi untuk pertumbuhan dan pembentukan otot.


Untuk Agan/Sista yang mau kepo lebih lanjut, langsung aja baca full artikelnya di:
daftar makanan untuk membantu membentuk otot

Baca juga lebih banyak hal yang menarik lainnya seperti:
7 ciri penis yang sehat pria
makan sebelum olahraga atau setelah olahraga?
emoticon-Stick Out Tongueertamax :welcome
0
3.4K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.