Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mitrautamacvAvatar border
TS
mitrautamacv
Bagaimana Cara Menentukan Masa Ganti Sepatu Safety Anda?

Cara praktis tentukan kapan sepatu safety sebaiknya diganti yaitu apabila sepatu safety tidak bisa lagi berfungsi untuk melindungi kaki dari pukulan, benturan, tusukan, atau bahaya lainnya, maka Anda harus segera menggantinya. – Fawn Evenson, American Apparel and Footware Association President. Material dan design sepatu safety memang semakin canggih, namun tetap saja setiap alat pelindung diri pasti memiliki rentang usia yang terbatas. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk ganti sepatu safety? Seberapa sering sepatu safety harus diganti?

Sampai saat ini, regulasi yang membahas mengenai masa kedaluwarsa ataupun masa pergantian sepatu safety memang belum ada. Tentunya ada banyak hal yang perlu diperhitungkan dalam memastikan frekwensi penggantian sepatu safety. Kondisi dan situasi di lingkungan kerja, jadi salah satu hal penting yang perlu diperhitungkan dalam mengatur seberapa sering sepatu safety harus diganti. Sebagai contoh, seseorang yang bekerja di lapangan atau konstruksi mungkin perlu ganti sepatu safety setahun sekali atau kurang. Sementara itu, seseorang yang bekerja di gudang, sepatu safety bisa tahan lebih lama, mungkin bisa dipakai selama 1, 5 tahun.

Meskipun frekwensi penggantian sepatu safety itu bisa berbeda-beda, tetapi sepatu safety harus cepat diganti jika ada kerusakan fisik yang jelas. Sepatu safety yang usang tidak hanya menghambat kerja Anda, tetapi juga dapat meningkatkan resiko cedera. Pakai beberapa dasar ini untuk tahu apakah sepatu safety Anda memang sudah waktunya untuk pensiun atau tidak.

- Steel-toe mengalami kerusakan (berlekuk/penyok)akibat terkena jatuhan benda tajam dan/atau benda berat.
- Tapak sepatu yang hilang dan licin. Seiring berjalannya waktu, karet pada outsole akan menipis seperti karet pada ban mobil. Perhatikan “titik botak” pada outsole-nya, bagian karet mana yang memudar. Apabila hanya lecet-lecet sedikit itu tidak masalah, namun apabila tapaknya hilang dan bagian outsole-nya sangat tipis, hal ini mengakibatkan sepatu jadi licin dan membahayakan.
- Midsole yang habis (aus). Midsole, bagian sepatu yang memberi rasa “kenyal” pada setiap langkah kaki Anda. Anda dapat memeriksa kerusakan midsole dengan cara meletakkan sepatu di atas meja datar (bagian permukaan sepatu harus lurus dan rata) dan cek dari belakang. Apabila satu sisinya miring, itu berarti struktur busa bagian tengah midsole bermasalah. Cara lainnya, apabila Anda dapat menekuk bagian ujung kaki sampai ke tumit, berarti sepatu Anda sudah tidak memiliki daya serap pada benturan lagi. Midsole yang aus dapat menyebabkan ketidakstabilan pada kaki, hingga dapat menyebabkan cedera pada lutut dan pergelangan kaki.
- Untuk sepatu safety yang memiliki fitur tahan air atau tahan pada bahan kimia, penggantian harus dilakukan apabila bagian karet/PVC, foxing, outsole atau toe cap terlepas atau terkelupas.
- Tidak mampu menahan dampak bahaya pukulan dan benturan. Misalnya bagian atas, toe cap, outsole sepatu mudah retak/tembus/mudah robek saat terkena potongan atau tusukan benda tajam atau berat.
- Dalam jangka waktu lebih dari setahun, sepatu safety dengan fitur anti sengat listrik (electric shock resistance) dan anti statis akan mengalami penurunan kekuatan dalam menahan dampak bahaya atau alami keausan.
- Sepatu safety yang sole-nya berbahan PU (Polyurethane) memiliki masa kedaluwarsa, biasanya maksimal 1 tahun dari waktu produksi. Apabila sudah masuk masa kedaluwarsa, sole berbahan PU akan hancur dengan sendirinya. Anda dapat lihat kode produksi yang berada di balik sepatu. Sedangkan untuk sepatu safety yang sole-nya berbahan rubber (karet) tidak memiliki kedaluwarsa.

Dalam hal ini, pengusaha disarankan memiliki peraturan tertulis mengenai penggantian sepatu safety secara teratur, bisa setahun sekali atau lebih tergantung kondisi area kerja dan frekwensi pemakaian sepatu. Pasalnya, jika pengusaha lengah menangani ini atau tidak memiliki ketentuan yang pasti, maka keselamatan pekerjalah sebagai taruhannya. Segera ganti sepatu safety Anda apabila mengalami kerusakan fisik atau tidak bisa melindungi kaki secara optimal ya!

0
4.8K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.