Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ardisutrisnoAvatar border
TS
ardisutrisno
Pabrik Bahan Ban Kualitas Moto-GP Akan Dibangun di Cilacap
PT Pertamina mulai melirik bisnis lain di luar minyak dan gas bumi (migas). Bersama Repsol S.A, perusahaan pelat merah itu akan membangun pabrik Treated Distillate Aromatic Extract (TDAE) atau bahan baku untuk produk karet di Cilacap.

Pabrik Bahan Ban Kualitas Moto-GP Akan Dibangun di Cilacap


Vice President Corporate Communication Wianda Pusponegoro mengatakan bahan baku tersebut bisa untuk memproduksi ban. “Ban ini khusus untuk racing internasional seperti MotoGP. Ini jenis produk yang hybrid, bukan produk sembarangan ban secara massal,” kata dia di Jakarta, Kamis, 29 September 2016.

Menurutnya, ide pembangunan pabrik tersebut berasal dari Repsol. Perusahaan asal Spanyol yang bergerak di sektor pelumas dan karet ini mengajak Pertamina karena melihat peluang bisnis yang ada. Apalagi Repsol sudah memiliki pangsa pasar di Asia Tenggara.

Rencana pembangunan pabrik ini sebenarnya sudah dilakukan beberapa tahun lalu. Bahkan telah melalui proses studi kelayaan baik ekonomi maupun teknis sekitar dua tahun.

Pabrik akan dibangun di area RU IV Cilacap untuk mengolah minarex. Alasan memilih Cilacap, kata Wianda, karena dianggap sebagai lokasi yang tepat. Apalagi Kilang Cilacap sudah memproduksi minarex sekitar 115.000 ton.

Nantinya, Pertamina dan Repsol membikin perusahaan patungan atau joint venture. Pertamina akan memilik saham mayoritas. Capital expenditure atau belanja modal yang dibutuhkan untuk pabrik ini mencapai US$ 80 juta.

Wianda menargetkan awal 2017 perusahaan patungan tersebut sudah terbentuk. Bila hal ini terlaksana, pabrik bisa beroperasi secara komersial sekitar 2019.

Rencananya, pabrik ini memilik kapasitas produksi sekitar 60 ribu ton per tahun dengan kualitas tinggi. “Jadi produknya untuk kedua belah pihak,” kata dia.

Sumber: Katadata
0
1.6K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.