Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zhouxianAvatar border
TS
zhouxian
Sering Pakai, Konsumen Indonesia Belum "Ngeh" Produk ICT Taiwan
Rimanews – Konsumen Indonesia masih belum terlalu “ngeh” dengan produk ICT (Teknologi Informasi Komunikasi ) buatan Taiwan, menurut pengamat, pengulas, dan penulis teknologi Lucky Sebastian. Padahal, tak sedikit yang sudah menggunakan produk ICT Taiwan tanpa menyadari barang yang dipakainya adalah buatan negara tersebut.

Karena itu diluncurkan kampanye “Taiwan Excellence” yang didukung Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT) yang berada di bawah Kementerian Ekonomi Taiwan (MOEA) serta Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) untuk meningkatkan “awarness” terhadap produk-produk ICT buatan Taiwan di Indonesia, salah satunya. Ini juga membantu konsumen untuk memilih produk-produk ICT berkualitas dan teruji sesuai keinginan juga kebutuhannya.

Baca: Taiwan Excellence Bantu Konsumen Pilih Produk ICT Berkualitas

Saat ini, pasar Indonesia sangat menarik. “Indonesia merupakan negara ke-4 dengan populasi terbesar di dunia setelah Tiongkok, India, dan AS. Masyarakat Indonesia sendiri sedang senang-senangnya dengan teknologi. Pun kemampuan adaptasi terhadap internet yang cukup cepat,” rinci Lucky dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (21/9/2016). “Itu semua membuat produk-produk ICT bisa cepat diterima dengan baik,” lanjutnya.

Tak hanya itu, pasar produk ICT di Indonesia juga sangat beragam dan luas jangkauannya. “Dari produk high-end hingga low-end semua ada pangsa pasarnya masing-masing,” kata Lucky. Kondisi ini yang mungkin tak ditemui di negara lain, yang pangsa pasar produknya lebih terbatas, bisa di kelas atas, menengah, atau bawah saja.

Tak dipungkiri, konsumen produk ICT di Indonesia juga gampang terpengaruh. Namun, lanjut Lucky, persepsi konsumen Indonesia terhadap produk ICT Taiwan belum benar-benar terbentuk, berbeda dengan persepsi terhadap produk Tiongkok.

“Persepsi konsumen Indonesia terhadap produk Tiongkok ada 2: kualitas bagus harga murah dan kualitas buruk harga murah. Untuk Taiwan, masih mengambang,” jelasnya.

Meski demikian, produk ICT buatan Taiwan khusunya PC (personal computer) dan aksesori, produk Taiwan cukup mengusai pasar Indonesia. Salah satunya, ASUS, yang penjualan produknya menduduki peringkat ke-3 terbaik di Indonesia.

http://rimanews.com/teknologi/read/2...duk-ICT-Taiwan

ngeh gan
0
1.4K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.