Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khoezainsAvatar border
TS
khoezains
Budaya Senyum, Salam dan Sapa di Sekolah JIS
Budaya Senyum, Salam dan Sapa di Sekolah JIS



Budaya 3S (Senyum, salam, dan Sapa) merupakan budaya baik yang ada di Indonesia dan harus dikembangkan, Senyum terbukti dapat mengurangi stress dan menambah teman. Ketika senyum otot wajah yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan cemberut yaitu sekitar 17 otot, dibandingkan dengan ketika cemberut yaitu 43 otot.

Sapa merupakan sebuah penghormatan kita tehadap orang lain. Ketika orang lain kita sapa, mereka merasa dihormati. Sebaliknya, orang lain juga akan menghormati kita, Sapa akan membawa aura kebaikan.

Selain itu Salam terbukti dapat membuat orang saling menyayangi. Ketika orang memberikan salam kepada orang lain, orang lain akan merasa senang dan merasa diperhatikan.

Untuk menjaga Budaya 3S ini, banyak sekolah yang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah Sekolah JIS(Jakarta Intercultural School), seperti yang sudah diketahui Sekolah JIS ini merupakan Sekolah International yang berada di Jakarta.

Sekolah JIS ini sebagian besar murid-muridnya itu merupakan anak ekspatriat namun jangan salah walaupun mereka ini merupakan anak Ekspatriat namun ternyata murid-murid JIS begitu mencintai budaya Indonesia loh gan. Beberapa waktu yang lalu ane sempat berkunjung kesekolah JIS dan menyaksikan langsung Siswa dan Siswi JIS ini memainkan alat musik.

Back to Channel ya, menurut pengalaman ane sendiri nih gan hampir semua orang yang ane temui di JIS baik itu pegawai, guru bahkan muridnya itu menerapkan Budaya 3S dikehidupannya. Walaupun ga kenal tapi mereka dengan senang hati memberikan senyum dan sapa.

Berbeda dengan beberapa sekolah yang ane pernah kunjungi nih gan, terkadang mereka itu lebih senang disapa ketimbang menyapa duluan, lebih baik cuek dari pada harus senyum duluan. Nah kalo seperti ini bagaimana dengan moral anak bangsa kelak ???

Budaya 3S yang dilakukan oleh Sekolah JIS ini baiknya dicontoh oleh sekolah-sekolah, karena jika anak telah terbiasa melakukan 3S kepada orang lain dari kecil, dewasanya akan menjadi orang yang dapat menghargai orang lain.

Sumber : https://kabarterbaik.wordpress.com/
0
2.2K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.