Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vantamawidaAvatar border
TS
vantamawida
Menanggapi Hebohnya A.K.T VS M.T
Selamat Sore Kaskuser

Perkenalkan Ane newbie di kaskus (sebenernya dulu udah punya ID kaskus dan nulis thread juga, tapi karena lupa..ya sudahlah bikin baru).

Sekilas tentang Ane..ane orangnya jarang banget nonton yang namanya tivi, so..ane rada kurang update soal berita terbaru, tp gara2 sodara2 ane bahas gosip yang lagi booming di group WA keluarga besar tentang bapak yang ga ngakuin anaknya (udah pada tau kali yah..ga usah di jelasin panjang lebar) ane jadi tergelitik buat nulis sesuatu..

Karena apa?
Karena ane anaknya M.T juga (lhooo...ngga...ngga becandaemoticon-Big Grin )
Karena apa yang di alamin Mas A.K.T ini hampir mirip sama hidup ane..
Sebelumnya ane tegasin, ane disini bukan hater dan tidak memproklamirkan "pro" atau "kontra" terhadap salah satu pihak..apa yang terjadi dengan keluarganya AKT sama MT itu biarlah mereka yang mengurus sendiri..

Flashback ke jaman ane usia kelas 5 SD
Saat itu ane (merasa) anak yang paling bahagia di dunia, ane punya keluarga yg harmonis dan Alhamdulillah berkecukupan dalam artian orang tua bisa memenuhi kebutuhan anak2 nya. Anak kelas 5 SD jaman tahun 90'an udah bisa jajan chitos itu udah cukup (standard ane).
Ada Mamah, ada Bapak dan ada Ade ada rumah yang selalu bersih dan ceria (walopun Emak ane rada galakemoticon-Wink )
Sampai suatu hari ane dengan ketidaksengajaan menemukan kejanggalan di Surat Nikah Mamah sama Bapak ane..(maklum ane anaknya kepo banget...suka buka2 dokumen2 rahasia, hahaha).
Di surat nikah, pernikahan ortu ane bulan agustus 1987, sedangkan ane lahir April 1987, selisih 4 bulan, ane shock apa ane anak diluar pernikahan kaya di film2 yaemoticon-Confused
Setelah mengumpulkan segenap keberanian, Ane akhirnya berani nanya ke mamah soal gap tanggal pernikahan mereka sama tanggal lahir ane..dengan singkat Mamah jawab :
"OOo itu..itu karena bapakmu PNS jadi tanggal nikahnya harus Agustus, biar samaan kaya Agustusan (baca:bulan kemerdekaan Indonesia), udah begitu aturan dari kantornya"
Ane saat itu mangut2 aja percaya..tapi kalo dipikir2 sekarang emak ane jawabnya ngawur kebangetanemoticon-Hammer emoticon-Hammer emoticon-Hammer emoticon-Big Grin
Ya sudah ane pun kembali menjalani hari2 dengan penuh keceriaan layaknya anak usia kelas 5SD.
Sampai suatu hari (lagi)..saat ane lagi asik jajan ciki di warung sebelah rumah ada terjadi scene begini:
"bapakmu suka ada ngirim uang ga?", ane kan bingung..perasaan tiap hari bapak ane ada..tiap hari dikasi uang jajan sama bapak dirumah..ngapain harus lewat kirim2 segala...semakin sakit ketika ibu2 disitu ada yang menimpali :" Yang baik mah ya Bapak (nama bapak ane), ngapain ngarepin yang sana"
emoticon-Nohope emoticon-Nohope duh ni ibu2 ngomong apa sih bapak ane tu tiap hari ada dirumah woooiiii....

Ane semaleman gelisah dengan kejadian siang itu, ane ga bisa tidur , akhirnya dengan penuh takut ane nanya ortu ane..
dan ternyata:
Ane menemukan fakta bahwa ane adalah anak mamah dari pernikahan beliau yang sebelumnya emoticon-norose emoticon-norose
Hancur hati ane...sedih..campur aduk..ngerasa bahwa kenapa dunia begitu kejam sama ane..Jadi selama ini Bapak bukanlah bapak biologis ane...Ade yang ane sayangin beda Bapak sama ane..emoticon-norose
Singkat cerita,
Bapak biologis ane ninggalin Mamah waktu ane di dalem kandungan umur 8 bulan, mamah ane pulang ke Bandung dari Kudus (waktu itu dia dibawa suaminya untuk tinggal di kudus) kemudian ditinggal beberapa bulan tanpa kabar..mamah ane ga dikasi sepeser pun..karena merasa sudah tidak ada lagi harapan semetara dia harus ngelahirin ane maka dia pulang ke Bandung pada saat hamil besar dengan cara menumpang kendaraan yang berkenan memberikan tumpangan (hati ane kalo harus cerita bagian ini masih suka sakit...)emoticon-Frown
Sampai ane lahir di Bandung didampingi keluarga besar Mamah ane..Bapak biologis ane dan keluarganya tidak ada satupun yang nengok atau sekedar mengucapkan selamat, atau sekedar kepo bayinya laki apa perempuan ..(menurut penuturan tante ane, pas ane lahir keluarga ngasi kabar ke keluarga bapak ane kalo bayinya sudah lahir sehat, perempuan, dinamai nama ane) but..no reponse..
Kemudian mamah nikah lagi sama Bapak yang ane kenal sekarang. Keluarga besar ane udah sepakat, sebelum ane belum cukup umur mereka akan tetap merahasiakan ini semua, terkecuali ane nanya sendiri..well thanks to emak2 yg rumpi tadi ane akhirnya nanya sendiri jadi ane ga perlu nunggu sampe cukup umur, hheh..
sampe ane umur 29 tahun ini ane ga pernah tau wujud bapak biologis ane..Sosok Bapak buat ane adalah Bapak yang selama ini dirumah besarin ane, didik ane, kuliahin ane, ngajarin ane ngaji, bahkan kata tante2 ane kalo ane sakit pas bayi dulu Bapak lah yang paling sabar ngemong ane..and He is the best gift of my life..
Jujur, ga mudah menerima kenyataan, ane butuh bertahun2 buat bisa ditahap "well that's the truth, you have to live with that"..susah..ga gampang...perasaan marah dan benci sama si sosok bapak biologis dan keluarganya masih tetap menghantui ane bertahun2, apalagi pada saat remaja..
Ane juga ngg berharap bisa bertemu dengan bapak biologis ane ataupun keluarganya, ataupun menginginkan pengakuan dan sebagainya..ane sempat nyari tu sosok bapak karena ane butuh buat Wali pas ane mau nikah, karena KUA menyaratkan minimal ada usaha dicari dulu sebelum memutuskan untuk diganti dengan Wali hakim..ane ngikut aja karena ane ingin perkimpoian ane sama suami ane sah di mata agama..walopun sebenernya hati ini berat banget buat ngejalain misi mencari bapak biologis ini..diem2 di dalem hati ane berharap lebih baik ngg ketemu..dan memang ga ketemu...untuk syarat ke KUA ane minta RT setempat (yg disinyalir alamat bapak biologis ane dulu tinggal) untuk tandatangan surat pernyataan. Rebes, ane nikah pake wali hakim....sedih banget melihat bapak yang ngebesarin ane gbsa jadi wali nikah ane saat itu..sedih gan rasanya sedih..sangat sedih...apalagi ane lihat wajah bapak juga meneteskan air mata........bener kata deddy corbuzier "family bound by love not by blood" 100% bener!!

Balik lagi ke kasus mas AKT Vs MT...
sah2 aja sih dia minta pengakuan..yang kita (penonton) tahu mungkin hanya sebatas kulitnya saja, kita ngg pernah tau lika liku dan peliknya perjalanan dibalik kisah mereka ,yang kita tahu hanya "Mas AKT ngaku anaknya MT, MT tidak mengakui"...
Masalah keluarga lebih baik di selesaikan secara tertutup, kita tidak perlu menilai siapa yang benar siapa yang salah..biarlah waktu yang menjawab..
Kalo ternyata bapak biologis ane adalah pejabat top negara atau ternyata millionaire atau ternyata ngartis, ane biarin aja mau dia ngaku atau ngga ngakuin ane..toh pada akhirnya masing2 individu akan dimintai pertanggungjawaban kelak dan ngga akan tertukar..
Buat mas AKT dan MT berhentilah mengumbar masalahnya di publik..selesaikanlah dengan hati lapang dan pikiran tenang secara kekeluargaan...


Sekian dari ane yang lagi pengen ngetik2 di keyboard biar keliatan lagi gawe..emoticon-Big Grin

emoticon-Big Grin
0
2.4K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.