Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mahkotaxAvatar border
TS
mahkotax
Anut Agama Yahudi, David Abraham Tetap Bisa Beribadah di Jakarta
Jakarta - Secara eksplisit, undang-undang yang menyatakan keberadaan agama di Indonesia ada di UU PNPS tahun 1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama. Penjelasan undang-undang ini menyebutkan enam agama yang dipeluk oleh masyarakat Indonesia seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Confusius.

Kemudian, ada Undang-undang No.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Dalam pasal 64 ayat 2 disebutkan "Keterangan tentang agama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi penduduk yang agamanya belum diakui sebagai agama berdasarkan ketentuan Peraturan Perundang-undangan atau bagi penghayat kepercayaan tidak diisi, tetapi tetap dilayani dan dicatat dalam database kependudukan."

Artinya, seseorang beragama Yahudi, Penyembah Api, atau bahkan Sunda Wiwitan, diakui keberadaannya dan dicatat dalam catatan sipil. Meskipun dalam KTP tidak dicatat bahwa dirinya menganut selain enam agama resmi.

David Abraham, seorang pengacara keturunan Yahudi berbasis di Jakarta bercerita tentang persoalan kolom agama di KTP. Karena David dan keluarganya masih memeluk agama Yahudi, ia mengaku menyisipkan nama agama yang diakui resmi dalam identitas KTP.

"Di KTP kita semua disebut (menyebut salah satu agama-red) karena kita mau masukan Yahudi nggak bisa. Tapi nggak apa-apa dan memang faktanya begitu," ujar David Abraham kepada detikcom, Sabtu (17/9/2016) lalu.

Meskipun masih menganut agama Yahudi, David mengaku tidak bernah mengalami diskriminasi. Rekan-rekan di organisasi advokat mengetahui bahwa David adalah seorang Yahudi keturunan Baghdad, Irak.

Dalam menjalankan ibadah sehari-hari, David juga mengaku selalu melaksanakan di rumahnya di kawasan Jakarta. Hal ini dikarenakan tidak ada Sinagog yang bisa didatangi ia bersama keluarganya.

Menurut David, di Jakarta sebetulnya banyak keturunan Yahudi. Selain dirinya, ada warga keturunan asing atau ekspatriat yang bekerja di Jakarta.

"Saya dengar banyak keturunan Yahudi, mereka bule atau ekspatriat. Tinggal dilihat dalam identitas yang menggunakan nama Taurat atau Injil Perjanjian Lama," ujar David Abraham. Nama David Abraham memang diambil dari perjanjian lama. Dua suku kata ini merujuk pada nabi Daud dan Ibrahim.

https://m.detik.com/news/berita/d-3303256/anut-agama-yahudi-david-abraham-tetap-bisa-beribadah-di-jakarta

Anut Agama Yahudi, David Abraham Tetap Bisa Beribadah di Jakarta


Ketoke ono le rupane koyo mail ipin-upin yo jenenge abraham ik emoticon-Big Grin

Ojo sara lo ya emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0
3.6K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.