reyh12xAvatar border
TS
reyh12x
Saksi Ahli Jaksa Sebut Pengacara Jessica Mainkan Adu Domba


TEMPO.CO, Jakarta - Dua orang ahli yang bersaksi di persidangan kematian Wayan Mirna Salihin, Ronny Nitibaskara dan Sarlito Wirawan, mengatakan kecewa dengan kuasa hukum Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan. Pasalnya, dalam persidangan terakhir kemarin, kuasa hukum mendatangkan tiga saksi ahli yang dianggap sekadar mengadu domba keterangan dari pihak saksi ahli dari kubu jaksa.

"Saya menyesalkan adanya upaya-upaya (dari Otto), bukan untuk memberi argumentasi kasus. Tapi mengadu domba antara ahli satu sama lain," kata Sarlito saat menggelar konferensi pers di Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 20 September 2016.

Dalam persidangan kemarin, Otto mendatangkan tiga orang ahli, yakni psikolog dari Universitas Indonesia (UI), Dewi Taviana Walida; ahli hukum pidana dari UI, Eva Achjani Zulfa; dan psikolog klinis dari UI, Agus Mauludi.

Mereka memang sempat mempertanyakan metode pemeriksaan yang dilakukan Sarlito dan Ronny saat memeriksa Jessica. Dipandu Otto, kata Sarlito, keterangan para ahli dalam sidang itu justru memberikan kebingungan bagi hakim.

Metode pemeriksaan fisiognomi (ilmu membaca karakter lewat wajah) misalnya, yang dilakukan Ronny terhadap Jessica. Saksi ahli Eva semalam mengkritik dengan mengatakan metode itu tidak digunakan pada masa sekarang. Penggunaannya pun tidak digunakan sebagai metode utama.

Ronny membantah hal tersebut dalam konferensi pers hari ini. "Fisiognomi itu ilmiah, (kebenarannya) 90 persen," kata Ronny.

Tak hanya Ronny, dalam konferensi pers itu juga, datang seorang psikolog klinis, Kassandra Putrantio. Kassandra mengkritik Otto. Ia menyebut saksi ahli psikolog klinis yang didatangkan, Agus Mauludi, ditanyai Otto di luar bidang keahliannya.

Kassandra yang mengaku sebagai humas dari Ikatan Psikolog Klinis Pusat dan Asosiasi Psikolog Forensik, juga mengkritik kebijakan Otto yang dinilai tak solutif. "Seharusnya kami membantu hakim mencari kebenaran. Bukan menjatuhkan keterangan saksi yang lain," katanya.

Sidang Jessica saat ini sudah memasuki sidang ke-22. Sejak September, hakim memberikan waktu pada kuasa hukum untuk mendatangkan saksi ahli yang meringankan Jessica. Sedangkan saksi ahli dari jaksa penuntut umum telah didatangkan pada awal-awal persidangan.

sumber: https://m.tempo.co/read/news/2016/09...nkan-adu-domba

Wow...menurut Roni, ilmu membaca wajah keakuratannya 90%!!!! Jadi klo agan2 disini punya wajah yg mnurut ahli JPU ini berpotensi untuk menjadi penjahat, ane saranin untuk segera operasi plastik....itu sudah.
Diubah oleh reyh12x 20-09-2016 14:57
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
8.4K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.