Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aziz159Avatar border
TS
aziz159
Pemanfaatan Lahan Sempit Untuk Budidaya Lobster (ASLI MANTEP GAN)
Ane jamin No REPOST gan......nh buktinya..
Spoiler for :



Lobster Air Tawar

Lobster Air Tawar atau Freshwater Crayfish adalah salah satu genus yang termasuk dalam kelompok udang (Crustacea) air tawar yang secara alami memiliki ukuran tubuh relative besar dan memiliki siklus hidup hanya di lingkungan air tawar. Beberapa nama internasional lobster air tawar ini adalah crayfish, crawfish, dan crawdad.

Spoiler for :


Dalam proses pembudidayaan nya sangat lah mudah dibandingkan dengan budidaya udang galah atau udang jenis lainnya, karena budidaya udang membutuhkan keahlian dan teknik tertentu dalan budidayanya. Berbeda halnya dengan budidaya udang, budidaya LAT sangat lah mudah bahkan ekstrimnya ibu-ibu rumah tangga pun bisa membudidayakan LAT dirumahnya. Namun dalam pelaksanaannya akan muncul kendala yang akan dihadapi oleh para pembudiyaa yang biasa disebut LATers. Masalah yang muncul adalah lahan, di Indonesia khususnya belum ada lahan budidaya lobster air tawar yang bersekala industry besar, yang ada hanyalah skala kecil / home industry.
Nah sekedar informasi aja nih, kendala tadi yang uda disebutin di atas bisa diatasi dengan memanfaatkan lahan kosong yang tersedia dirumah, seperti halaman belakang, garasi yang tidak terpakai, atau apapun yang cukup untuk menyimpan aquarium. Seperti yang saya coba dirumah, saya menggunakan kamar mandi yang kosong sebagai lahan berbudidaya LAT, bisa juga menggunakan aquarium, atau kolam fiber. Yang saya gunakan adalah bak terpal berukuran 1,5mx2m dengan kedalaman 50cm. bak seperti ini bisa digunakan untuk pembenihan atau pembesaran. Yang sekarang saya lakukan dirumah adalah pembenihan LAT dengan menggunakan 1 set indukan produktif berukuran 6 inc (3 jantan 5 betina).

Spoiler for bak terpal:



Jika menggunakan aquarium untuk pembenihan disarankan dengan ukuran 2×1,5×0,5m, keuntungan menggunakan aquarium ialah jika kita memiliki lebih dari 4 aquarium kita dapat menyusun nya secara bertingkat dengan menggunakan rak besi atau kayu tergantung dari modal yang kita punya, selain itu kita juga bisa melihat semua aktivitas lobster dengan mudah.

Spoiler for :

Kendala lahan merupakan suatu kendala yang dapat menghambat produksi kita, maka untuk mengatasinya kita harus bisa memanfaatkan lahan sekecil apapun yang tersedia.
Bicara soal modal, untuk memulai usaha budidaya LAT dengan skala kecil tidaklah membutuhkan modal yang besar. Dengan uang Rp.1 juta kita dapat memulai usaha ini dengan cukup membeli 1-2 set indukan LAT serta alat2 pendukung lainnya seperti air rator, water pump, filter air serta pipa PVC berukuran sedang. Dengan asumsi bahwa lobster akan siap dipanen setelah usianya mencapai 6-7 bulan atau berukuran 5 inc telah dapat dijual dengan harga 150-250 ribu/kg. jadi dengan ketekunan dan kesabaran maka dipastikan kita akan memdapat untung yang lumayan besar setelah panen.


SUMBER

ane sekedar berbagi info aja gan kalo berkenan ane minta
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

tapi jgn ksh ane emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) ane g lagi bikin rumah jadi g perlu..... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Diubah oleh aziz159 04-02-2013 04:29
0
10.2K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.