ameliafajrAvatar border
TS
ameliafajr
DAPUR OBAT KUNO
Selamat Malam akang agan mbakyu sista
Salam Hormat Untuk moderator, ketua forum,Keeper dan semua di forum ini

Perkenalkan nama saya amelia panggilan akrab bisa Bu Mel bukan ngomel yach..

Dewasa ini kita menemui banyak sekali obat obatan kimia yang beraneka ragam sayangnya diantara banyaknya ragam obat juga ada yang berbahaya bagi tubuh karena senyawa kimia berbahay yang tidak kita pahami.

Nah atas kepiluan tersebut Bu Mel mau berbagi info menarik tentang racikan dan khasiat tanaman yang banyak tumbuh disekitar kita dari yang beracun sampai yang berkhasiat obat, mau tau apa aja ?

Yuk ikuti trus penelusuran Bu Mel ^_^

1.Kembang Bulan

Tanaman satu ini memiliki banyak nama seperti kembang bulan, insulin, dan masih banyak lagi lainnya. Tanaman inimenyukai sinar matahari yang cukup, biasa digunakan untuk hiasan pagar,.. tapi bukan pagar makan tanaman yach.
Tanaman ini bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit malaria, sebagai obat demam dan luka dalam namun tidak hanya sampai disitu kehebatannya. Daun ini juga digunakan untuk penyembuhan penyakit Diabetes.
Daun nya tentu saja sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung zat aktif yang bersifat menurunkan kadar gula darah, terlebih daun ini mempunyai kandungan kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk mengurangi serangan hiperglikemik dan juga mengontrol kadar gula dalam darah.
Bahkan jika rutin mengkonsumsi Daun ini bisa menangkal hadirnya sel kanker loh..Untuk akang dan mbakyu sista yang punya masalah radang bisa juga meminum air rebusannya karena cukup manjur meredakan radang tersebut.
Untuk pengobatan caranya cukup mudah : siapkan 10 daun tersebut dan segelas air lalu rebus hingga mendidih dan minumlah...selagi hangat ^_^

Sumber : Battel, Ml,.Rodrigues, B,. Treatment and Pharmacological Interventions in streptozotocin: page 208

2.Kayu Manis

Nah bahan ini sering sekali Bu Mel gunakan sebagai racikan ramuan rahasia, tahu gak kang mbak agan sista kalau kayu manis ini memiliki manfaat semanis namanya loh, berikut manfaat yang dimiliki benda manis ini ^_^
1. Mencegah penggumpalan darah

Minyak yang dihasilkan oleh kayu manis dapat dimanfaatkan untuk mencegah adanya penggumpalan darah.

2. Anti bakteri

Kayu manis juga dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur. Hal ini berarti kayu manis dapat digunakan sebagai bahan pengawet alami.

3. Menurunkan resiko terkena penyakit jantung

Selain mengontrol kadar gula, kayu manis juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat resiko terkena penyakit jantung dengan mengkonsumsi kayu manis setiap hari.

4. Meningkatkan fungsi otak

Kayu manis memiliki bau khas yang wangi dan cukup tajam, bau kayu manis ini ternyata baik untuk meningkatkan fungsi otak.

5. Menurunkan kolesterol

Kayu manis sangat baik untuk melancarkan pencernaan Anda. Pasalnya, kayu manis mengandung serat, mineral, mangan dan kalsium. Kandungan ini juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol Anda yang berlebih.

6. Menghangatkan tubuh

Kayu manis selama ini memang terkenal sebagai rempah-rempah yang dapat menghangatkan tubuh, sehingga hal ini sangat baik untuk mengatasi penyakit demam ataupun flu.

7. Mencegah dan mengobati diabetes

Manfaat kayu manis untuk diabetes dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsinya secara rutin. Mengkonsumsi kayu manis secara rutin ternyata dapat mengontrol kadar gula dalam darah dan meningkatkan respon insulin.

Selain itu, manfaat lainnya dari kayu manis yaitu kayu manis dapat meringankan rasa sakit saat haid, menghambat pertumbuhan bakteri, mencegah penyakit alzheimer dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Kayu manis memiliki rasa yang khas yaitu manis, pedas, hangat dan juga wangi.

Nah Bu mel kasih sedikit resep manjur untuk sakit kepala berat ya lumayan kan kalau persediaan obat lagi kosong dibuat aja ramuan ini :
Siapkan Kayu manis sekitar 15 cm atau bisa dikurangi, bisa diblend atau ditumbuk untuk meningkatkan khasiatnya, lalu siapkan jahe merah segar yang sudah di memarkan tapi semua bahan dicuci dulu yach hehe lalu rebus dengan air kira kira 1 gelas lebih dan setelah mendidih dan berbau harum tambahkan Gula merah secukupnya bisa juga ditambah madu.

semoga cepat sembuh yach yang mungkin saat ini sedang migrain atau sakit kepala.

3.Daun Randu

Siapa sangka pohon yang katanya disukai bangsa Jin ini, katanya loh yachh.. punya manfaat yang sangat baik untuk manusia,
Umumnya pohon ini hanya diambil buahnya saja untuk dijadikan bahan bantal dll.
Selain Buahnya daun randu memiliki beberapa manfaat seperti menangkal penuaan dini,,.. sama seperti Bu Mel yang awet muda hehe , mengobati diare hanya dengan meminum air perasan nya saja, nah untuk demam bisa gunakan ramuan dari daun ini. caranya :
Daun randu kira-kira 15-20 helai
Cara Pengobatan
Remas daun randu.
Kompreskan ramuan untuk demam ini pada kepala 2-3 x 1 hari selama 10-15 menit.

tata604
tata604 memberi reputasi
1
2.6K
4
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.