Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Jadikan meditasi sebagai gaya hidup murah meriah banyak manfaat

smartcuntiAvatar border
TS
smartcunti
Jadikan meditasi sebagai gaya hidup murah meriah banyak manfaat
Terakhir ane post kedua tentang meditasi ternyata ga di publish ama momod (baru sadar) emoticon-Big Grin

OK ane tetep lanjutken hobby ane nulis tentang meditasi. hehe
Meditasi itu bukan hanya ajaran agama tertentu. Tapi meditasi sudah menjadi tren gaya hidup jaman sekarang selain yoga. Bahkan warga barat rela berbondong - bondong ke negara timur hanya untuk belajar meditasi.

Sebagai warga negara timur tentu saja ane merasa bangga bisa belajar meditasi dan cara meditasi dengan gratis tanpa harus pergi mengembara ke negeri seberang.

Ternyata setelah ane telusuri dan sadari, terdapat segudang manfaat meditasi apalagi ditengah dunia and kota yang hiruk pikuk setiap hari tak beraturan.

Yep dari sekian banyak meditasi ane coba bertutur beberapa manfaat dari pengalaman ane melakukan sendiri dan juga dari berbagai buku tentang meditasi yang sudah ane baca.

1. Tidak mudah terpancing emosi
2. Menghadapi orang dan masalah dengan cara positif
3. Ketika disakiti awalnya benci setengah mati setelah melakukan meditasi jadi tidak benci sama sekali (pengalaman pribadi)
4. Tidak insomnia (tidur dengan mudah) ---> pengalaman pribadi juga
5. Tidak mimpi aneh - aneh
6. Bangun tidur pun tidak terasa malas tapi lebih segar

Deretan manfaat di atas cuma sekelumit manfaat meditasi yang ane tulis berdasarkan pengalaman pribadi.
Dan caranya pun ga sulit ternyata gan. Fokus hanya ada dipikiran kita kuncinya. Jangan dipaksa atau dibuat rumit untuk konsentrasi ya.

Cara pertama :

Sikap badan rileks (duduk, berdiri, tiduran, jalan) perhatikan napas kita. Nha mulai deh sekarang kita amati napas kita. Tarik napas panjang, tahan, keluar napas pelan - pelan, tahan. lakukan terus menerus. Ada kalanya tanpa kita sadari pikiran kita terbang ke tempat lain alias lupa kalo kita sedang mengamati napas, saat itulah kita mesti balik dan atur napas lagi. Jangan dipaksa, hari pertama kita lakukan selama 5 menit, selanjutnya akan terbiasa sendiri untuk melakukan lebih lama.

Cara kedua :

Sama dengan di atas hanya saja fokusnya ada di menghitung napas, Napas masuk 1, napas keluar 2, napas masuk 3 dan seterusnya. Atau bisa saja dengan sekali napas (masuk dan keluar jadi satu hitungan) tidak jadi masalah. kuncinya fokus. Tanpa kita sadari pikiran pasti akan lompat lagi. Misal : kita akan lupa sampai hitungan ke berapa atau tiba tiba kita ingat kerjaan yang belum selesai dan lupa hitungan. Saat menemukan hal tersebut jangan panik. Memang begitulah kenyataannya pikiran kita ( suka lompat kesana sini tiap waktu) tugas kita adalah mengendalikannya dengan tetap fokus dan kembali menghitung dari awal jika lupa. emoticon-Smilie

Cara ketiga :

Ini biasa ane lakukan kalau ane lagi ada masalah sama orang or disakiti ama orang. Ane akan bayangin muka orang tersebut dan ane dengan lapang dada n seneng hati doain dia biar selalu bahagia. Ingat kuncinya kita harus tenang dl, Misal masih ada rasa benci or sebel ama tu orang, agan2 bilang aja ke diri sendiri. "OK sekarang ane tarik napas dalem2, saat ini ane jadi orang yang bener2 seneng n bahagia, badan ane bersih ga ada kebencian dendam or sebel ama siapapun," setelah itu bayangin orang2 terdeket kita dulu bayangin mereka lagi senyum and bahagia sekarang. Baru deh kita bayangin orang - orang yang bikin kita sebel selama ini n doain mereka bahagia. " haha susah si emang ngilangin benci ama orang. tapi percaya ini pengalaman ane pribadi. Yang awalnya benci setengah mati kepada tu orang akhirnya setelah berapa lama ane lakuin ni meditasi ane bingung sendiri. Napa sekarang ane ga bisa benci n meluap luap ama tu orang lagi. N percaya ga percaya ada yang malah minta maap ke ane, padahal ane uda ga nuntut atau marah - marah ngamuk ama dia. Cuma meditasi jenis ini.. HIHI


Intinya meditasi cuma ajaran agama tertentu, tetapi ini udah merupakan jalan hidup atau gaya hidup. Kuncinya apa yang terjadi ama kita itu ada dipikiran kita sendiri jadi yang bisa ngeredem yang diri sendiri. Dengan cara apa ya tenangin and kontrol diri salah satunya dengan meditasi.

Ini cuma meditasi dasar yang semua orang bisa lakuin. Sebenarnya banyak cara untuk meditasi tergantung sifat dan watak kita masing2. Tapi buat apa kita coba ini itu tapi tidak buat kita berhasil. Yang paling penting fokus dan kita jadi seneng. Hehe mudah - mudahan ini thread bisa bermanfaat karena ane rasa udah banyak orang stress dengan kerjaan dan jadi lebih emosional di jalan raya maupun di kerjaan bahkan di media sosial. (ngaku deh pasti ada yang mudah terpancing emosi dan asal komen atau menjustifikasi artikel atau masalah dengan asal cablak kalau menurut bahasa ane) emoticon-Big Grin

KEEP CALM AND MEDITATE
0
3.5K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.5KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.