hellosehat
TS
hellosehat
Perawan Bukan Berarti Harus Berdarah
Keutuhan selaput dara identik dengan keperawanan. Selain itu, masyarakat juga mengasosiasikan keperawanan wanita dengan kehormatan dan nama baik keluarga. Keutuhan selaput dara adalah simbol kesucian dan moralitas seorang perempuan yang setia pada keluarga, budaya, atau agama.
Keperawanan dan selaput dara adalah topik yang kerap diselimuti oleh berbagai macam mitos dan kesimpangsiuran. Tidak jarang pula, kedua topik ini masih dianggap tabu untuk dibicarakan bagi sebagian besar masyarakat.

Apa itu keperawanan?
Kebanyakan orang mikir perawan itu belom pernah berhubungan seks, sebenernya apa sih seks itu. Banyak orang yang mengartikan seks sebagai aktivitas penetrasi penis ke dalam vagina. Definisi ini benar-benar sempit karena mengesampingkan banyak orang dan tipe seks lainnya. Beberapa orang yang belum pernah melakukan seks penetrasi vagina tidak menganggap diri mereka sebagai perawan karena sudah pernah melakukan seks tipe lainnya, anal atau oral termasuk untuk komunitas LGBT.

Apa itu selaput dara?
Selaput dara, alias hymen, adalah jaringan kulit sangat tipis yang melapisi bukaan vagina. Selaput dara punya berbagai macam tingkat elastisitas dan ketebalan. Ada beberapa wanita yang lahir tanpa memiliki selaput dara. Saat seorang wanita menginjak masa puber dan mulai memproduksi hormon estrogen, hal ini bisa menyebabkan selaput dara berubah teksturnya, menyediakan halangan ‘semu’ untuk menikmati hubungan seksual tanpa rasa sakit.

Selaput dara robek, artinya sudah tidak perawan?
Selaput dara biasanya robek saat mengalami seks penetratif untuk pertama kalinya, namun ini tidak selalu terjadi. Robeknya selaput dara dapat menyebabkan perdarahan sementara dan sedikit rasa tidak nyaman. Yang perlu dipahami, selaput dara juga bisa robek akibat kondisi lain, misalnya masturbasi (memasukkan jari atau mainan seks ke dalam vagina), memasukkan tampon, penyisipan speculum saat pemeriksaan dokter ginekolog, atau olahraga fisik lainnya (senam, menunggang kuda, bersepeda).

Lalu, apa hubungannya antara rasa sakit atau perdarahan saat seks pertama dengan sobeknya selaput dara?
Sakit selama berhubungan seks adalah kondisi ginekologis umum, dan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor yang mungkin tidak ada hubungannya sama sekali dengan gangguan medis, salah satunya terlalu terburu-buru penetrasi tanpa lubrikasi vaginal yang cukup.
Saat melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya, selaput dara dalam vagina akan meregang demi memfasilitasi jalur masuk penis. Kamu bisa ‘menjaga’ selaput dara tidak sobek saat berhubungan seksual kalau kamu bisa buat tubuh rileks dan punya lubrikasi yang baik.

Selaput dara hanya ada satu kali seumur hidup

Uniknya, selaput dara tidak akan hilang begitu saja dari vagina, bahkan setelah terjadi sobekan. Beberapa residu jaringan selaput dara akan tetap menempel pada vagina setelah hubungan seksual, bahkan akan bertahan setelah proses persalinan. Selain itu, perkembangan teknologi medis modern memungkinkan orang-orang untuk ‘meremajakan’ kembali vagina dan selaput dara mereka. Ada dua prosedur khusus untuk melakukan hal ini:
emoticon-Bikini Operasi rekonstruksi selaput dara (hymenplasty atau hymenorrgraphy). Prosedur ini memungkinkan dokter untuk menjahit kembali sisa-sisa jaringan selaput dara dalam vagina kamu. Prosedur ini akan menyamarkan “ketidakperawanan” kamu, jadi gausah khawatir kalau mau menjalani tes keperawanan, petugas kesehatan tidak akan mengetahui perbedaannya.
emoticon-Bikini Selaput dara buatan. Benda artifisial ini tidak beracun dan aman untuk dipakai. Selaput dara buatan bisa dimasukkan ke dalam vagina, sehingga melepaskan perdarahan palsu (cairan buatan dengan tekstur mirip darah) saat penetrasi terjadi.
Dengan demikian, utuh tidaknya selaput dara tidak dapat dijadikan patokan untuk menentukan keperawanan seseorang karena keperawanan tidak selalu berhubungan dengan penetrasi penis.emoticon-Wow

Untuk Agan/Sista yang mau kepo lebih lanjut, langsung aja baca full artikelnya di:
Perawan Bukan Berarti Harus Berdarah

Baca juga lebih banyak hal yang menarik lainnya seperti:
-Apakah Vagina Saya Terlalu Sempit
-Manfaat Seks Saat Menstruasi

emoticon-Ngacir emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Betty emoticon-Sundul
scorpiigirl
scorpiigirl memberi reputasi
1
9.9K
8
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.