Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

imaginboyAvatar border
TS
imaginboy
[Ask] Seputar Insomnia
Halo semuanya,

Langsung to the point saja ya.

Saya berlatar belakang seorang pekerja dengan jam kerja 3 shift dalam seminggu. Jadi dalam seminggu saya bisa kerja shift pagi, siang dan malam.

Nah dari sistem kerja 3 shift ini berpengaruh ke pola tidur saya. Awal-awal kerja saya masih bisa mengatasi hal tersebut namun saat ini saya merasa sudah mulai mengalami insomnia yg cukup parah disebabkan oleh sistem kerja 3 shift tersebut.

Yg mau saya tanyakan adalah :

1. Jika tubuh kita sudah merasa lelah dimalam hari dan sudah terasa mengantuk tetapi pada saat mencoba tidur kita malah tidak bisa terlelap, apakah kita harus terus berusaha menutup mata dan bersikeras untuk memaksakan tidur (meskipun sulit untun tertidur) ataukah kita harus melakukan kegiatan lain (contoh: baca buku) sampai kita benar-benar sangat mengantuk sekali sampai bisa tertidur (meskipun harus melakukan kegiatan tersebut sampai subuh hari)?

2. Dengan pola kerja 3 shift seperti itu apakah ada tips agar kita dapat memiliki pola tidur yg sesuai untuk tubuh kita dan memiliki kualitas tidur yg baik?

Sering sekali jika saya sedang menjalani shift malam (yg pastinya harus begadang), kebiasaan begadang tersebut masih terbawa sampai pada saat saya sedang libur kerja, yg jadi masalah adalah saat libur kerja terakhir dan besoknya saya harus kembali masuk kerja shift pagi, saya masih saja terjaga dan berusaha keras untuk tertidur meskipun sangat sulit sekali. Bahkan akhir-akhir ini cukup sering saya mencoba tidur sampai pukul 4 pagi baru saya bisa tertidur, itupun pada pukul 5 saya sudah dibangunkan kembali oleh alarm karena sudah harus bersiap untuk berangkat kerja pagi. Ditakutkan dari kurang tidur tersebut (pasti) berpengaruh kepada kesehatan dan pola hidup saya.

Saran dan tips dari agan dan sista semua akan sangat berguna bagi saya dan mungkin bagi orang-orang diluar sana yg bernasib sama seperti saya.

Terima kasih.

* Thread ini ditulis pukul 2 pagi karena saya tidak bisa tidur efek dari insomnia -_-"
0
1.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.