Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GubernurDKIAvatar border
TS
GubernurDKI
Deru 4 Jenis Mobil yang Dipakai Jokowi, dari Innova hingga Mercy
Deru 4 Jenis Mobil yang Dipakai Jokowi, dari Innova hingga Mercy


Bicara masalah mobil dinas Presiden terpilih Joko Widodo akan menjadi menarik. Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya mobil jenis apakah yang akan digunakan Jokowi saat menjalankan tugas kenegaraan nanti. Apakah akan menggunakan mobil biasa atau sesuai standar pengamanan kepresidenan.

Saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, kala itu Jokowi sempat menjadi perhatian karena menolak untuk menggunakan mobil dinas jenis Land Cruiser. Suami Iriana itu memilih untuk menggunakan Kijang Innova untuk kegiatan dinasnya.

detikcom merangkum mobil apa saja yang digunakan Jokowi mulai dari menjabat Gubernur DKI Jakarta hingga Presiden RI. Berikut rangkumannya:



1. Innova Hitam
Deru 4 Jenis Mobil yang Dipakai Jokowi, dari Innova hingga Mercy



Selama 1 tahun lebih menjabat sebagai Gubernur Jakarta, Jokowi selalu menumpangi Toyota Innova berwana hitam dengan nopol 1124 BH untuk berbagai kegiatan. Pemprov DKI menyediakan 1 mobil dinas Toyota Innova untuk dipakainya karena sebelumnya Jokowi menolak menggunakan mobil dinas jenis Toyota Land Cruiser.

Innova hitam ini biasa digunakan Jokowi untuk kegiatan dinas seperti bertemu presiden, duta besar hingga blusukan bertemu masyarakat.

Saat didaulat menjadi calon presiden pun, ia tetap menggunakan mobil sejenis. Ia hanya membedakan warnanya untuk kegiatan politiknya. Bila menjadi gubernur mobilnya berwarna hitam, saat berpolitik ia menggunakan mobil berwarna putih.



2. Innova Putih
Deru 4 Jenis Mobil yang Dipakai Jokowi, dari Innova hingga Mercy



Mobil jenis Innova memang menjadi favorit suami Iriana ini. Selain Innova hitam, Jokowi juga menggunakan Innova warna putih bernopol B 1533 SHT. Namun Innova putih ini hanya digunakan Jokowi untuk bersafari politik selama masa Pemilihan Presiden lalu.

Dengan mobil ini, Jokowi pernah melakukan pertemuan maraton sekaligus yang dilakukan dalam satu hari. Mulai dari mengunjungi rumah Jusuf Kalla di di Jalan Lembang 9, Jakpus. Di sana Jokowi melakukan pertemuan tertutup. Jokowi kemudian melanjutkan pertemuannya dengan sejumlah anggota tim pemenangan di Jalan Subang, Menteng, Jakpus, masih dengan menumpang mobil ini.

Setelah safari politiknya selesai, Jokowi kembali menggunakan mobil kesayangannya, Innova hitam B 1124 BH dan kembali menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI usai cuti panjang Pilpres.



3. Land Cruiser
Deru 4 Jenis Mobil yang Dipakai Jokowi, dari Innova hingga Mercy


Toyota Land Cruiser ini diberikan Pemprov DKI sebagai mobil dinas Jokowi. Namun Jokowi menolak menggunakannya. Jokowi memilih menggunakan Innova hitam untuk kegiatan dinas sehari-hari.

Akhirnya Land Cruiser itu hanya dipakai sesekali saat menghadiri acara penting. Pernah di awal tahun 2013 yakni Selasa 15 Januari, Jokowi datang ke kantor Balai Kota dengan penampilan yang tak biasa. Dia menumpang mobil Toyota Land Cruiser dengan nopol B 1 DKI. Penggunaan nopol ini merupakan yang pertama kalinya terjadi selama Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta menjadi perhatian saat ia menolak menggunakan mobil dinas gubernur Toyota Land Cruiser di awal masa jabatannya. Selain bernopol B 1 DKI, ada juga Land Cruiser bernopol sipil B 1961 RFR yang pernah digunakan Jokowi untuk kunjungan kerja ke luar kota.



4. Mercy
Deru 4 Jenis Mobil yang Dipakai Jokowi, dari Innova hingga Mercy



Pasca Mahkamah Kosntitusi (MK) menyatakan Jokowi-Jk sebagai Presiden dan Wakil Presiden yang sah pada (21/8) lalu, maka keduanya harus mendapat pengamanan dan pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tak hanya itu, Jokowi juga mulai mendapat fasilitas dari Setneg berupa sebuah mobil operasional.

Sabtu (23/8/2014) Jokowi menjalani kegiatan di luar pertamanya untuk bertemu dengan Relawan Projo di Hotel Whiiz, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dalam kesempatan itu, Jokowi pergi menggunakan mobil Mercedes Benz warna hitam dengan nomor polisi B 1190 RFS. Mobil ini serupa seperti yan digunakan presiden atau wakil presiden.

Tak seperti biasanya, mobil Jokowi dikawal dengan iring-iringan yang lebih panjang. Iringan itu terdiri dari kendaraan Paspampres dan mobil media.

Ada juga pengawalan dari pasukan motoris yang bersenjata lengkap. Meski belum resmi dilantik sebagai Presiden RI 2014-2019, pengawalan Jokowi ini persis seperti yang diberikan kepada presiden maupun wakil presiden.

Sebelumnya, tadi pagi sudah terlihat mobil Toyota Innova warna hitam yang biasa digunakan Jokowi untuk bepergian. Namun, Jokowi akhirnya memilih mobil Mercedes Benz. Menurut salah seorang yang biasa mengikuti Jokowi, mobil Mercy tersebut dipilih untuk uji coba.

"Ini bapak mau coba dulu pakai mobil dari Setneg," katanya.

Status sebagai presiden RI yang sudah menjadi aset negara membuatnya harus pasrah pada sistem pengamanan dari Paspampres termasuk jika mobilnya harus berganti. Jokowi memastikan meski jenis mobil yang ditumpanginya akan berubah, ia ingin masyarakat mengenalnya sebagai presiden Jokowi yang tetap merakyat, senang blusukan dan bercengkrama dengan masyarakat.

Seperti diketahui, kendaraan kepresidenan selain nyaman dan berkelas, juga dilengkapi standar teknis tambahan seperti bodi dan kaca anti peluru, sistem komunikasi berteknologi tinggi, dan sistem pengamanan lainnya.

Diubah oleh GubernurDKI 23-08-2014 09:33
0
4.1K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.