Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andikpsAvatar border
TS
andikps
SUKA DUKANYA JADI KULI PROYEK
Halo semua agan dan aganwati dimanapun berada.
Kali ini di trit ane akan dibahas mengenai suka duka menjadi seorang kuli proyek. Di zaman yang sedang gencar gencarnya pembangunan ini ( pembangunan dalam arti sebenarnya ) apalagi di kota kota besar sangat mudah ditemukan kegiatan kegiatan konstruksi baik itu membangun mall, hotel, apartemen, perumahan, sekolah dan masih banyak lagi.

Tapi kita pernah mikir nggak sih, semua bangunan yang megah itu, bagaimana dan seperti apa orang orang yang bekerja dalam proses pembuatannya. Tentunya ada buaanyaaak banget orang orang yang berperan penting, baik yang di balik layar seperti para arsitek yang mendesain gambar, para ahli tehnik sipil yang merumuskan, atau yang di depan layar seperti para pengawas atau pelaksana lapangan, termasuk juga para pekerja ( tepatnya kuli ).Bahkan sebagian orang menganggap para pekerja proyek adalah para pahlawan gan, pahlawan pembangunan hehehe.

Spoiler for Para Pekerja Sedang Melaksanakan Tool Box Meeting:


Terkhusus buat para pekerja proyek, yang bekerja dengan jiwa dan raganya. Jangan anggap mereka hanya bekerja bermodalkan otot lhoh gan, karena juga mereka harus mempunyai skill khusus menurut bidang pekerjaannya masing masing. Apa aja sih gan suka duka jadi kuli proyek? cekidot gan


1. BEKERJA BERTARUH NYAWA
Tidak bisa dipungkiri lagi gan, jadi pekerja proyek itu berarti harus menanggung resiko besar dalam hal keselamatan kerja. Karena lingkungan kerja konstruksi selalu dipenuhi dengan material yang berbahaya seperti bahan bakar minyak, gas beracun, asap, debu. Juga berbahaya karena kondisi lingkungan kerja seperti di ketinggian, adanya lubang/void di sekitar area kerja, belum lagi resiko material jatuh dsb. Yang terakhir adalah bahaya dari aktifitas pekerjaan seperti pekerjaan panas yang menimbulkan api, pengangkatan beban ber ton ton beratnya, dan masih banyak lagi. Sikap waspada dan hati hati harus selalu dimiliki oleh pekerja konstruksi gan.
Spoiler for Hati Hati Mas:


2. WAKTU HABIS DI TEMPAT KERJA
Mungkin kalo di perumahan rata rata pekerja pulang jam 04.00 sore. Tapi kalo proyek gedung bertingkat jangan ditawar deh, sudah pasti menerapkan sistem lembur. Jadi buat para pekerja konstruksi sudah pasti pulangnya setiap hari minimal jam 09.00 malam, bahkan ada yang sampai jam 10.00 malam gan. Kecuali di hari sabtu atau minggu mereka bisa pulang sore, tapi jangan salah gan karena kadang juga di hari sabtu minggu sistem jam lembur masih dilaksanakan bila diperlukan. Bahkan di tanggal merah lainnya pun masih beraktifitas seperti hari normal.emoticon-Cape d... (S)
Spoiler for Tetep Semangat:


3. HARUS KUAT MENTAL DAN FISIK
Kalo situ anak manja, takut panas, takut item, dan takut berhadapan sama orang jangan berani berani coba jadi pekerja proyek gan. Bukan karena di proyek itu isinya penjahat atau preman semua gan, tapi di lingkungan proyek itu penuh dengan orang orang dengan karakter yang beda beda gan. Ada yang sopan, ada yang urakan. Ada yang peduli, ada yang cuek. Ada yang kalem ada juga yang kasar. Yah namanya juga orang, tapi dari sekian banyak karakter orang orang proyek, mereka rata rata strong di penampilan, tapi sebenernya mereka juga baik baik. Asalkan kita tahan makian dan di bully aja. Itu memang udah jadi standar becandaan para mereka pekerja. Yang penting ikuti alurnya aja. Asal iman kita tetep kuat gan hehehehe.
Spoiler for Yang Rukun Yaaa:


Tapi jangan salah juga lho gan, jadi pekerja proyek juga ada beberapa keuntungan, kalo gak ada enaknya ya mana ada orang bela belain jadi kuli proyek, tul gak?

1. PENGHASILAN CENDERUNG BESAR, FASILITAS JUGA LUMAYAN
Kalau dihitung hitung penghasilan kuli proyek per bulan itu besar juga lho gan, bahkan lebih besar dari gaji staff kantornya. Ya tergantung jenis pekerjaanya juga sih, semakin besar resiko pekerjaan tsb semakin besar gajinya. Belum termasuk bonus yang didapat kalau pekerjaan memenuhi target. Kalau di perusaan yang sudah besar juga tidak lupa fasilitas tempat tinggal khusus pekerja, dan juga fasilitas BPJS, jadi segala biaya dan tunjangan resiko kecelakaan ditanggung oleh perusahaan, tapi yah amit amit jangan sampe celaka deh gan. Tapi itu seenggaknya bisa mem-proof kita selama bekerja di proyek.

Spoiler for :


2. BEKERJA DI PROYEK MEMBENTUK MENTAL KITA
Namanya juga kerja di proyek gan, yang pekerjaannya itu seringkali memicu adrenalin kita. Sadar atau nggak sadar mental kita bisa terbentuk menjadi lebih kuat. Banyak istilah bilang kerja di proyek harus memiliki mental baja. Karena memang selain fisik kita dituntut untuk lebih kuat, mental kita juga harus kebal gan. Kebal dari rasa takut terhadap pekerjaan yang kita lakoni, terhadap lingkungan kerja juga. Jadi biasanya orang orang yang terbiasa kerja di proyek cenderung memiliki karakter yang kuat.

Spoiler for :


3. SERING MENDAPAT SUASANA BARU
Tempat kerja berpindah pindah sehingga pekerja proyek selalu mendapatkan lingkungan dan suasana yang baru. Ketika satu proyek selesai maka akan berpindah ke proyek baru dengan suasana dan tim kerja yang baru pula

Spoiler for :




Sekian dulu trit ane gan, kalo masih berantakan harap dimaklumin, ane masih newbie dan lagi belajar bikin trit.
Ini ada beberapa trit ane yang lain

SEKUMPULAN SETAN ISENG
GUNUNG WATU PUTIH
Semoga agan aganwati suka sama trit ane, boleh dikasih emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh andikps 18-09-2016 03:45
0
19.6K
59
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.