Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xibaotaiAvatar border
TS
xibaotai
2 Hal Penyebab Anak Bawah Umur Nekat Nyetir Kendaraan

Kita belakangan sering melihat banyaknya kecelakaan kendaraan bermotor yang melibatkan anak berusia di bawah 17 tahun. Padahal sesuai undang-undang, anak berusia di bawah 17 tahun belum diperbolehkan menggunakan kendaraan.


Hal ini disebut-sebut disebabkan dua hal mengapa banyak anak di bawah umur membawa kendaraan.

"Ada 2 hal saya lihat terutama kalau di daerah yang banyak itu karena kondisi transportasi disana yang kurang memadai akhirnya penegak hukum memaklumi karena tidak ada transportasi untuk mereka ke sekolah," ujar Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Darmaningtyas kepada detikOto, di Bangi Kopitiam, Jakarta, Kamis (15/9/2016).


Selanjutnya kata Darma, faktor kedua adalah pembiaran dari orang tua khususnya di daerah ibukota Jakarta. "Yang kedua pembiaran dari orangtua, bisa kita lihat pas hari libur sore banyak anak-anak yang bawa sepeda motor apalagi di perkampungan," tutur Darma.


Belakangan malah muncul petisi untuk memenjarakan orangtua yang mengizinkan anak di bawah umur berkendara. Menurutnya hal ini cukup positif karena memang sudah ada aturan hukumnya ke mereka yang melanggar.


"Pelanggaran karena peraturan udah jelas UU-nya ada kan persyaratan membawa kendaran itu punya SIM, jadi dari segi regulasi bertentangan," ujarnya.


"Dari segi kompetensi pasti tidak kompeten dari kejiwaan belum matang pengendalian emosi kurang kehati-hatian juga kurang sehingga tak jarang menimbulkan kecelakaan," jelas Darma.

http://oto.detik.com/read/2016/09/15...etir-kendaraan

ORTU NYURUH ANAKNYA BUNUH DIRI NIH emoticon-Marah

0
1.6K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.