• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pandangan lain KECANDUAN dan PERANG NARKOBA yang harus mikir dua kali!

GyatsoAvatar border
TS
Gyatso
Pandangan lain KECANDUAN dan PERANG NARKOBA yang harus mikir dua kali!
Quote:


KECANDUAN YANG SALAH KONSEP - ADANYA PERSAMAAN TIAP BENTUK KECANDUAN

Kita tahu slogan pemerintah kayak jauhi narkoba. Mungkin sebagian ada yang pernah ngelihat iklan orang lagi sakau di kamar mandi. Baru-baru ini ada muncul berita artis tertangkap narkoba. Sepertinya tidak akan pernah selesai. Apa yang menyebabkan mereka kecanduan? Bagaimana cara kerjanya? Jika kita memakai narkoba selama 20 hari berturut-turut, maka dihari ke 21, kita akan semakin mencari dan make narkoba itu lebih parah dari sebelumnya karena ada hubungan sama zat kimia yang terkandung didalam nya.

Tapi ternyata gak sesimpel itu.



Pada sekitar tahun 50-60an para ilmuwan mencoba bereksperimen dengan tikus yang dikandang sendiri-sendiri yang sudah di operasi agar bisa menyuntik otomatis heroin kedalam tubuh mereka dengan sebuah tombol. Jadi didalam kandangnya itu ada tombol makanan, minuman, dan narkoba itu. Berdasar kebiasaan mereka menggunakan narkoba, beberapa tikus lebih memilih menyuntikkan narkoba dibanding makan dan minum yang berujung kematian. Akhirnya munculah kekhawatiran yang terjadi hingga sekarang.


Tapi, kita juga tahu di rumah sakit menggunakan heroin kualitas sangat bagus dibanding yang dijual dijalanan. Misal kita mematahkan tulang kita, saat di rawat inap rumah sakit akan memberikan Diamorphine (nama lain dari heroin gan). Kualitas heroin dari rumah sakit bisa dibilang sangat bagus dibanding yang beradar di jalanan dan sangat kuat. Karena dijalanan kan untuk dipasarkan secara ekonomi. Yang terkandang kandungannya dicampur sama zat lainnya. Kalau sesuai logika sebelumnya, mereka sudah pasti kecanduan. Tapi menurut penelitian, hal itu tidak terjadi. Kenapa?


Bruce Alexander, profesor di bidang psikologi, menyadari ada yang aneh dengan penelitian tikus sebelumnya dengan narkotika. Tikus berada di kandang sendirian yang akhirnya berasumsi bahwa tikus akan memilih narkotika itu. Jadi profesor ini membuat taman tikus (Rat Park) yang dimana tikus bisa bebas melakukan apa saja. ada bola, pipa, dan mereka bisa bebas melakukan sex. Dan di Rat park ini di beri minuman yang dicampur dengan heroin dan air biasa. Yang ternyata hasil experiment ini menghasilkan kalau tikus-tikus ini hampir tidak menyentuh air dengan narkotika itu. Tidak ada yang overdosis di rat park itu. Kalian pasti berpikir itu hanya tikus kan?



Tapi ternyata juga ada "eksperimen" manusia. 20% tentara amerika menggunakan banyak heroin di perang vietnam. Orang-orang di amerika lantas panik karena ada saat tentara ini balik akan ada banyak pecandu di sekeliling mereka. Ada penelitian yang mengejutkan dari ini. Para tentara pecandu ini tidak menjalani rehabilitasi atau dipenjara, tapi 95% tentara ini tidak menggunakan heroin lagi setelah pulang kerumah. Kalau dipikir lagi, ketika berada disituasi yang sewaktu-waktu kita bisa terbunuh, heroin jadi hiburan yang menyenangkan.

Ini bukan tentang reaksi kimia yang menjadi candu, tapi "kandang". Pada dasarnya manusia membutuhkan manusia lainnya untuk merasa terhubung. Saat kita senang dan sehat, kita "terhubung" dengan manusia disekeliling kita. Kalau kita tidak bisa terhubung karena trauma, terisolasi, atau keadaan terpuruk, kita akan terhubung dengan sesuatu yang memberikan kita kelegaan. Bisa jadi kecanduan HP, pornografi, games, reddit, judi, atau mungkin kokain. Tapi kita pasti akan terhubung dengan sesuatu karena itu sifat alaminya manusia. Kecanduan adalah salah satu gejala akibat merasa tidak terhubung.



Perang dengan narkoba menjadikannya lebih parah. Alih-alih membantu orang-orang sembuh dan mampu menjalani hidup, kita telah mengasingkannya dari kehidupan sosial. Kita menjadikannya susah untuk mendapatkan kerja dan hidup berkecukupan. Kita menaruhnya kedalam penjara, yang bisa dibilang kandang. Kita menaruh orang yang sakit didalam situasi dimana mereka dibenci kalau tidak segera sembuh. Sudah sangat lama kita berbicara tentang rehabilitasi seseorang dari kecanduan. Tapi yang kita butuhkan sekarang adalah penyembuhan secara sosial karena ada yang salah ketika berada dalam satu grup. Kita harus membangun kehidupan sosial seperti rat park ini dan tidak seperti kandang yang terisolisasi. Lawan dari kecanduan bukan ketenangan (sobriety), tetapi terhubung.

Spoiler for sumber:
Diubah oleh Gyatso 11-09-2016 20:39
0
29K
250
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.