82ndAvatar border
TS
82nd
Patung Amitabha di Vihara Tri Ratna, Kota Tanjungbalai di Turunkan


MetroSiantar.com,Tanjungbalai – Walikota Tanjungbalai M Syahrial mengakui bahwa Pemko Tanjungbalai telah setuju dengan penurunan patung Amitabha di Vihara Tri Ratna, Jalan Asahan, Kota Tanjungbalai. Penurunan patung setinggi enam meter itu dilakukan usai kericuhan pembakaran rumah ibadah yang terjadi di Kota Tanjungbalai.

Syahrial mengatakan, jika Tanjungbalai aman, diyakini Presiden RI Joko Widodo akan turun ke Tanjungbalai.
Terpisah, Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tanjungbalai Marolop Mangunsong mengatakan FKUB bersama pengurus Vihara Tri Ratna dan pemuka agama setempat telah menandatangani kesepakatan menurunkan patung itu.

“Penurunan patung salah satunya memang dipicu kericuhan yang kemarin itu. Tuntutan itu semakin menguat. Maka, dalam waktu dekat, patung Amitabha akan diturunkan,” jelas Marolop Mangunsong, Sabtu (3/9)
Menurut Marolop, kesepakatan penurunan patung Amitabha sebenarnya sudah dilakukan sejak 2 Agustus 2010. Akan tetapi, kesepakatan itu tak kunjung direalisasikan. Padahal, keberadaan patung terbesar di Kota Tanjungbalai itu telah berulang kali mendapat sorotan publik.

“Sebenarnya kesepakatan itu sudah lama. Tapi tidak ditindaklanjuti. Dalam waktu dekat, patung ini akan diturunkan. Pihak vihara juga sudah sepakat dan melunak untuk kepentingan bersama,” ucapnya.

Nantinya, kata Marolop, patung Amitabha akan ditempatkan di tempat terhormat sesuai keyakinan umat Buddha. Sehingga, patung yang diresmikan pada 8 November 2009 itu tidak akan berada di atas gedung vihara lagi.

“Mereka konsultasi dulu, bagaimana menurunkannya. Patung nantinya masih berada di lingkungan vihara, tapi tidak di atas gedung lagi. Penurunan patung itu tidak ada unsur paksaan. Pemilik vihara juga sepakat agar ke depannya tidak ada lagi persoalan yang bisa menimbulkan perpecahan,” beber Marolop.

Vihara Tri Ratna didirikan pada 2006. Luas bangunan vihara adalah 1.432 meter persegi yang terdiri dari empat lantai. Di atas lantai 4 vihara tersebut berdiri patung Buddha Amitabha setinggi 6 meter yang diresmikan 8 November 2009. Vihara Tri Ratna melayani sekitar 2.000 umat Budha.

Yomiuri Shimbun

emoticon-Wow

Akhirnya setelah berjuang selama 6 tahun sukses juga

emoticon-Wakaka

0
18.3K
266
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.