m60e38Avatar border
TS
m60e38
[FR] Kopdar SFTH Chapter Jabodetabek 2016
KOPDAR SFTH CHAPTER JABODETABEK 2016


Selamat pagi kepada Jajaran Moderator, Penulis, dan Pembaca di Sub-Forum Stories from the Heart yang saya hormati. Izinkan saya selaku penyelenggara acara Kopdar SFTH Chapter Jabodetabek 2016pada tanggal 4 September di Downtown Walk Summarecon Mall Bekasi. Pertama dan yang paling utama, saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan empat-puluh-orang yang menyempatkan waktunya untuk hadir di acara sederhana yang saya selenggarakan.

Adapun keempat-puluh-orang ditambah satu yang hadir di acara tersebut adalah sebagai berikut:

DAFTAR HADIR MENYUSUL SEGERA


Acara sendiri mengalami kemunduran jadwal karena saya datang terlambat di acara tersebut. Berawal dari acara makan siang bersama Mama Pandadan Kakak Panda di Ramen Cemen Grand Wisata pada Ba'da Dzuhur, saya baru bertolak dari rumah pada pukul 1330 siang dengan menggunakan Skuter Matik yang selalu saya gunakan umtuk membelah jalan raya. Mama Panda dan Kakak Panda sendiri adalah tokoh asli untuk Salah satu cerita saya yang ditulis di sub-forum ini.

Pada pukul 1400, barulah saya tiba di lokasi dan langsung disambut oleh senyuman para peserta kopdar yang saat itu sudah berjumlah sekitar 20 orang. Saya lalu mengeluarkan secarik kertas yang berisi daftar hadir yang di isi oleh seluruh peserta kopdar yang ternyata sudah terlebih dahulu memulai diskusi sebelumnya.

Setelah mengisi daftar hadir, satu per satu peserta berdatangan, termasuk tamu kehormatan kami, Regional Leader Bekasi bersama Nyonya yang menyempatkan diri hadir dalam acara ini setelah melakukan kegiatan sosial bersama Regional Bekasi.

Acara sendiri berjalan sangat liquid, dimulai dari sambutan yang saya mulai dengan pertanyaan apa alasan peserta hadir dalam acara ini? Jawaban yang terujar didominasi oleh ingin menambah pertemanan, dan beberapa yang jahil bahkan menjawab hanya datang karena iseng semata. Sontak, tawa pun pecah di antara kami semua.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan tanya jawab tentang kepenulisan di antara pembaca dan penulis, di mana sesi tersebut didominasi oleh pertanyaan tentang sebuah thread, yaitu tentang hal-hal apa saja yang membuat pembaca tertarik untuk membaca sebuah thread? Jawaban yang terlontar pun cukup beragam, tetapi sebagian besar pembaca berujar bahwa judul dan juga prolog sebuah cerita mempengaruhi minat baca ke depannya. Pertanyaan berlanjut ketika ada yang menanyakan mengapa seorang penulis mau menulis cerita di SFTH, bagaimana tips menulis cerita kisah nyata apabila ada missing link di cerita tersebut, dan bagaimana cara menjaga mood menulis agar cerita tetap berlanjut.

Sesi berikutnya adalah Sholat 'Ashar Berjamaah dan dilanjutkan oleh sesi curhat yang meliputi persoalan hati, termasuk ke dalam bagaimana membaca karakter seseorang berdasarkan bulan lahir, bagaimana memulai satu pembicaraan dengan lawan jenis , sampai pertanyaan apakah alasan seseorang menikah.

Dalam sesi tersebut ikut datang pula salah seorang moderator Kaskus dan juga mantan Regional Leader Bekasi dan bergabung dalam acara tersebut. Sesi bebas berlanjut hingga selesai Sholat Maghrib Berjamaah hingga pukul 2000 karena kewajiban saya untuk memimpin Kopdar LDIC Chapter Jabodetabek.

Kalau ada penulis SFTH yang beranggapan bahwa kopdar adalah sarana kepo dan menguak aib serta kebenaran cerita, justru itu adalah salah besar. Saya pribadi sudah tiga kali hadir dalam acara kopdar resmi dan beberapa kali kopdar tidak resmi, termasuk acara Sore ini tanggal 7 September 2016 pada pukul 1900 di McD Pekayon.

Kopdar adalah sarana untuk saling mengenal, mendekatkan diri, bahkan bertukar pikiran antara sesama penghuni Sub-Forum ini, sehingga tidak ada yang perlu dicemaskan. Sehingga, untuk para penulis, tidak perlu takut untuk datang dan saling bertukar pikiran di acara selanjutnya, karena saya yakin bahwa acara ini tidak akan membongkar aib atau kepo seperti yang ditakutkan oleh banyak penulis.

Akhir kata, demikian laporan ini saya buat dalam keadaan sadar, tanpa dipaksa dan ikhlas. Atas perhatian dan kerjasama Anda, saya mengucapkan Terima Kasih.
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
8.1K
111
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.5KThread41.6KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.