albertuscsAvatar border
TS
albertuscs
Hati-hati bertransasksi dengan Shopanddrive
Agan - agan, saya ada pengalaman buruk saat bertransaksi dengan Shop and Drive

Dimana mekanik yang bertugas lalai dalam memasang Aki mobil saya dan justru menyalahkan saya sebagai konsumen

Kronologisnya seperti ini
31 Agt 16 : Istri saya info kalau mobil dirumah tidak bisa distater, dari infonya kemungkinan dari Aki jadi saya kemudian menghubungi Shopanddrive untuk memesan aki. Saat ditawarkan jenis aki mobil, saya memilih tipe Hybrid (sama dengan yang saya pakai sebelumnya), hanya saja mengenai ampere saya kurang tahu dan saya cuma info agar disamakan dengan yang saat ini. Sekitar jam 14:00 mekanik Shopanddrive Kapas Krampung Surabaya datang dan memasang aki (tanpa ada info apa pun) yang kemudian dibayar secara tunai oleh istri saya. (ada bukti note pembelian)

1 Sep 16 : Pagi hari, mobil dipergunakan istri saya untuk menjemput mertua di Airport jam 10:00, namun saat hendak pulang (sekitar jam 10:30) mobil kembali mogok dan tidak bisa distater. Saya kembali menghubungi shopanddrive Kapas Krampung dan dioper ke shopanddrive Tropodo Sidoarjo karena lokasi lebih dekat. Saat mekanik shopanddrive Tropodo Sidoarjo datang, mereka menginformasikan bahwa pemasangan aki kurang rapat (longgar) dan posisi saat ini strum aki sudah habis sehingga perlu distrum ulang. jadi aki baru saya dibawa ke shopanddrive Tropodo Sidoarjo dan dipinjami aki lama dari shopanddrive Tropodo. Namun saat menganti aki mereka menginformasikan bahwa ada kerusakan dinamo ampere dimana dinamo ampere tidak mengisi (saat pemasangan aki tanggal 31 agustus 2016, kondisi dinamo ampere tidak bermasalah, bukankah berarti kerusakan dari pemasangan yang kurang baik tersebut?)
Siang itu saya bawa mobil tersebut untuk perbaikan dinamo ampere ke UMC Suzuki Ahmad Yani Surabaya

2 Sep 16: Jam 16:00 saya mengambil mobil yang telah selesai service di UMC Suzuki Ahmad Yani Surabaya (ada bukti nota service). kemudian saya menghubungi shopanddrive Kapas Krampung mengenai hal ini. Tanggapan dari pihak shopanddrive (pak hasyid) adalah wajar bila mobil ada kendala karena ampere aki yang dibeli turun (36 ampere) dibandingkan ampere aki sebelumnya (45 ampere). Dan hal itu adalah kesalahan saya sebagai konsumen kenapa menurunkan ampere aki mobil.
Apa tidak salah? saat pemasangan tidak ada info apa-apa mengenai ampere aki kenapa sekarang saya jadi dislaahkan karena tidak tahun mengenai ampere aki? bukankah ini tanggung jawab mekanik untuk menyampaikan.
Setelah saya komplain mengenai tanggung jawab mekanik, kenapa setelah berbelit-belit mengenai tanggung jawab shopanddrive dan seorang mekanik bpk hasyid shopanddrive barulah menyampaikan permohonan maaf krn kelalaian shopanddrive Kapas Krampung Surabaya
Saya tidak ingin memperpanjang masalah ini, jadi kemudian saya hanya menuntut penggantian aki sesuai ampere aki mobil saya yang lama (saya akan tambah selisihnya), namun kembali ditolak dengan alasan pengembalian barang hanya dapat dilakukan 1x24 jam ??? (ada bukti rekaman telepon)
Padahal saya beli aki hari rabu, 31 Agustus 2016 jam 14:00 dan aki sejak 1 September 2016 jam 11:00 sudah ada di shopanddrive Tropodo, itu belum 1x24 jam

3 Sep 16: jam 11:00 saya ke shopanddrive Tropodo untuk mengembalikan aki pinjaman mereka dan menanyakan apa saja info yang wajib diinfokan saat pemasangan aki. menurut mereka kewajiban mekanik saat pemasangan aki adalah memasang dengan benar dan rapat, memastikan kondisi dinamo dan pengisian ampere (saya asumsikan kondisi dinamo ampere saya tidak bermasalah saat pemasangan awal krn sudah di cek juga sesuai kewajiban mekanik), kemudian saya coba meminta hal yang sama yaitu penggantian aki sesuai ampere sebelumnya (45 ampere) dan akan saya bayar selisihnya. setelah saya jelaskan kronologisnya pihak shopanddrive tropodo mengatakan seharusnya bisa namun hanya bisa dilakukan di shopanddrive Kapas Krampung karena transaksi awal terjadi disana. Namun saat mereka membantu menghubungi shopanddrive Kapas Krampung dikatakan tetap tidak bisa dengan alasan transaksi telah berganti bulan (Retur hanya di bulan yang sama)
Saya jadi bingung, sebenarnya alasan yang benar yang mana. Karena pihak shopanddrive Kapas Krampung selalu berganti-ganti alasan

Menurut saya beberapa poin yang saya kecewa terhadap shopanddrive:
- Pemasangan aki mobil kurang benar (longgar)
- Tidak ada informasi saat pemasangan mengenai tipe aki dan kondisi mobil (dinamo)
- Menyalahkan konsumen atas kelalaian mereka
- Mengakibatkan kerusakan mobil karena kelalaian mereka
- Berbelit-belit saat ada masalah

KESIMPULAN SAYA CUMA SATU: HATI-HATI BERTRANSAKSI DENGAN SHOP AND DRIVE

Apakah agan-agan ada saran atau masukan untuk saya?

Terima kasih
0
22.8K
26
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.