Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Medcom.id
  • Ahli Patologi Australia tak Temukan Ciri Mirna Keracunan Sianida

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Ahli Patologi Australia tak Temukan Ciri Mirna Keracunan Sianida
Ahli Patologi Australia tak Temukan Ciri Mirna Keracunan Sianida

Metrotvnews.com, Jakarta: Beng Ong, ahli patologi dari Universitas Queensland, Australia, tak menemukan ciri Wayan Mirna Salihin tewas karena racun sianida. Kulit seseorang yang kena racun sianida umumnya berubah warna.


"(Kulit) Menjadi lebih merah terang," kata Beng Ong yang dihadirkan sebagai saksi meringankan untuk Jessica Kumala Wongso, terdakwa kasus kematian Mirna, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (5/9/2016).


Menurut dia, sianida punya sifat korosif (sifat yang dapat menyebabkan benda lain hancur atau memperoleh dampak negatif). Sianida pun bisa menyebabkan pengikisan pada lambung korban.


Beng Ong mengatakan, pengikisan pada lambung akan nyata dilihat di mikroskop. Akan tampak pula ciri tertentu yang disebut vakuolisasi sel basal.


Selagi menjelaskan itu, Beng Ong yang didampingi penerjemah bahasa Indonesia, menunjukkan sejumlah slide. Dia memastikan, biasanya sel memiliki warna. Tapi, bila sudah kena sianida, beberapa sel akan kehilangan pewarnaan.


"Ini dikenal dengan istilah vakuolisasi sel basal," beber Beng.


Beng Ong, menjawab pertanyaan pengacara Jessica, Otto Hasibuan, mengaku, tidak mencapat laporan tentang ciri-ciri itu dari dokter forensik. Tapi, dia sepakat dengan keterangan ahli yang dihadirkan jaksa kalau sianida juga berbau seperti almond pahit.


Itu terjadi karena sianida bersifat menguap jadi hidrogen. Hidrogen kemudian berubah menjadi gas beracun. Nah, kata Beng Ong, gas itu berbau seperti kacang almond pahit.


Hanya, lagi-lagi, dia mengaku, tak menemukan ciri itu pada berita acara pemeriksaan. Termasuk pada berkas ahli JPU di persidangan sebelumnya.


"Semua temuan ini, yakni warna kulit merah terang, pengikisan pada lapisan lambung yang menunjukkan vakuolasi, dan bau kacang almond pahit tidak dijumpai pada laporan postmortem atau pasca-kematian," kata Beng.


Mirna meregang nyawa setelah menyeruput es kopi Vietnam di Kafe Olivier, Rabu 6 Januari 2016. Kopi itu dipesankan oleh Jessica.


Jessica menjadi terdakwa tunggal kasus kematian Mirna. Teman kuliah Mirna di Australia itu diyakini sebagai penabur sianida ke dalam kopi korban.


Jaksa mendakwa Jessica dengan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. Dia terancam hukuman seumur hidup.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...acunan-sianida

---

Kumpulan Berita Terkait KEMATIAN MIRNA :

- Ahli Patologi Australia tak Temukan Ciri Mirna Keracunan Sianida Ahli Patologi Australia tak Temukan Ciri Mirna Keracunan Sianida

- Ahli Patologi Australia tak Temukan Ciri Mirna Keracunan Sianida Efek Sianida Lebih Cepat Jika Dihirup

- Ahli Patologi Australia tak Temukan Ciri Mirna Keracunan Sianida Saksi Ahli Patologi Forensik Ragu Mirna Tewas Karena Sianida

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.3K
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.idKASKUS Official
23KThread601Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.