Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tidak Ada Waktu untuk Berlibur ke Luar Kota? Jadilah Turis di Kotamu Sendiri

zidniiiAvatar border
TS
zidniii
Tidak Ada Waktu untuk Berlibur ke Luar Kota? Jadilah Turis di Kotamu Sendiri
Mungkin kamu merasa bosan dengan hanya stay di kota. Padahal, ada banyak cara untuk membuat liburan di kotamu menjadi menyenangkan.
Kamu sudah penat dengan pekerjaanmu di kantor? Mungkin kamu berniat mengambil cuti menjelang akhir tahun ini. Namun, ternyata pengajuan cutimu tidak di-approve oleh atasanmu. Padahal, kamu sudah merencanakan untuk berlibur dua atau tiga hari bersama teman-temanmu. Kamu pun akhirnya kecewa karena tidak bisa refreshing sejenak dari pekerjaanmu. Jika sudah demikian, bisa-bisa kamu jadi stres!

Apakah sempat terlintas di pikiranmu untuk berlibur di kota yang kamu tinggali saat weekend? Selain tak perlu memakan waktu lama, kamu bisa bepergian dengan budget yang lebih hemat. Mungkin kamu merasa bosan dengan hanya stay di kota. Padahal, ada banyak cara untuk membuat liburan di kotamu menjadi menyenangkan. Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu coba saat mencoba berlibur di kota sendiri.


Berkunjung ke Situs Bersejarah

Tidak Ada Waktu untuk Berlibur ke Luar Kota? Jadilah Turis di Kotamu Sendiri
photo credit: indonesiakaya

Ada museum atau monumen di kotamu? Why don’t you try to visit it? Kamu pasti berpikir bahwa berkunjung ke museum adalah hal yang membosankan. Museum dan monumen memang identik dengan sejarah. Tapi, justru di situlah letak keunggulannya. Kamu bisa mempelajari arsitektur bangunan masa lalu dan cerita sejarah yang mengasyikkan. Bahkan, Beberapa bangunan bersejarah sangat instagrammable. Kamu bisa dengan puas berfoto di spot-spot yang kamu rasa kece. Ada pepatah berkata, "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah". Tak ada salahnya kamu mencoba berkungjung ke museum atau monemen bersejarah, kan?


Wisata Kuliner

Tidak Ada Waktu untuk Berlibur ke Luar Kota? Jadilah Turis di Kotamu Sendiri
photo credit: hdimagez

Selama weekend mungkin kamu terbiasa makan di rumah. Tapi, sesekali kamu harus mencoba berwisata kuliner di kotamu. Kamu bisa berkunjung ke tempat makan yang kebetulan sedang hits di kotamu. Kalau mau yang lebih irit, kamu coba makan di tempat makan kecil yang biasanya ramai pengunjung. Kini sudah banyak tempat makan menarik yang di-post di Instagram. Misalnya, di Yogyakarta ada beragam gudeg dan angkringan yang bisa kamu coba, di beberapa kota di Jawa Timur kamu dapat mengunjungi warung kopi yang biasanya ramai pengunjung. Kamu pun bisa bertemu banyak orang baru saat berwisata kuliner.


Melakukan Staycation

Tidak Ada Waktu untuk Berlibur ke Luar Kota? Jadilah Turis di Kotamu Sendiri
photo credit: thesmartlocal com

Jika kamu bosan berada di rumah, cobalah untuk menginap di salah satu hotel yang berada di kotamu. Ajaklah beberapa temanmu untuk staycation di sana. Staycation akan memberi kamu sensasi refreshing yang berbeda. Kamu bisa menikmati room service, berenang sepuasnya, dan tentunya kamu bisa melakukan banyak hal mengasyikkan bersama teman-temanmu. Kamu bisa sejenak melupakan deadline pekerjaan. Meski hanya staycation selama satu atau dua malam, hal tersebut sudah cukup untuk kembali menyegarkan pikiranmu sebelum beraktivitas di kantor.


Manfaatkanlah Transportasi Umum

Tidak Ada Waktu untuk Berlibur ke Luar Kota? Jadilah Turis di Kotamu Sendiri
photo credit: inforute

Kamu terbiasa mengendarai mobil atau motormu saat bepergian. Bisa jadi hal itu membuat kamu kurang memerhatikan tempat-tempat yang kamu lewati. Kali ini, cobalah berkeliling kota dengan transportasi umum. Misalnya, kamu menggunakan Trans Jakarta ketika hendak ke mall atau ke tempat nongkrong. Ketika menjadi penumpang, kamu bisa mengedarkan pandangan ke jalan, mencari-cari tempat makan yang berbeda dari biasanya, berbelanja di tempat baru, hingga bisa bercakap-cakap dengan sesama penumpang. Kamu bisa menemukan banyak hal baru saat menggunakan transportasi umum.


Buatlah Catatan Perjalanan

Tidak Ada Waktu untuk Berlibur ke Luar Kota? Jadilah Turis di Kotamu Sendiri
photo credit: huffingtonpsot

Pernahkah kamu mencatat hal-hal yang terjadi di kotamu? Ketika kamu melakukan perjalanan di kotamu, kamu bisa memulai untuk membuat berbagai catatan. Misalnya, tenpat wisata menarik yang sudah kamu kunjungi, tempat makan nge-hits yang bisa kamu rekomendasikan, hingga tempat nongkrong di kotamu. Setelah membuat catatan tersebut, kamu bisa mempromosikan tempat-tempat yang kamu kunjungi tadi melalui blog. Dengan begitu, kamu juga telah mempromosikan kotamu ke followers-mu sehingga makin banyak orang yang berkunjung ke sana.


Abadikan Setiap Momen Perjalanan

Tidak Ada Waktu untuk Berlibur ke Luar Kota? Jadilah Turis di Kotamu Sendiri
photo credit: shutterstock

Kamu excited saat berkunjung ke museum? Atau kamu selfie saat berada di Trans Jakarta? Abadikan setiap momen menarik yang kamu miliki. Jadikan foto-fotomu sebagai kenangan liburan singkat di kotamu. Jangan lupa untuk mem-post foto-foto tadi di Path atau Instagram. Kamu bisa share berbagai momen menarikmu ke followers-mu dan bisa jadi mereka juga terinspirasi untuk berlibur singkat di kota.


Kunjungi Pusat Oleh-oleh

Tidak Ada Waktu untuk Berlibur ke Luar Kota? Jadilah Turis di Kotamu Sendiri
photo credit: chocolatemonggo

Hampir setiap kota punya pusat oleh-oleh dan biasanya ramai dikunjungi turis domestik. Meski sudah lama hidup di tempat tinggalmu, pasti belum tentu kamu tahu oleh-oleh khas di kotamu. Cobalah sesekali untuk berkunjung ke pusat oleh-oleh dan belilah makanan khas yang biasanya menjadi buruan para turis. Selain untuk lebih mengenal kota tempat tinggalmu, kamu juga bisa memiliki stok cemilan di rumah. Biasanya di pusat oleh-oleh terdapat beberapa marchandise yang dijual, seperti kaos dan topi. Tak ada salahnya juga kamu membelinya sehingga kamu memiliki koleksi marchandise kotamu.

Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan meski hanya berada di kotamu saat weekend. Liburan tak selalu harus pergi jauh berhari-hari. Ajaklah keluarga dan teman saat melakukan liburan singkat ini. Have a nice trip on a simple holiday!

Sumber Thread :

Tidak Ada Waktu untuk Berlibur ke Luar Kota? Jadilah Turis di Kotamu Sendiri dan Lakukan 7 Hal Mengasyikkan Berikut Ini


Artikel yang sudah pernah Hot Thread nih gan :
Mari duduk sejenak dan kembali mengenang masa 90an

Cara unik mengekspresikan cinta dari berbagai belahan dunia

Agan anak pertama , tengah atau terakhir ? Yuk kenali pribadi agan dari urutan lahir

5 foto tragis hewan langka ini akan membuatmu lebih memahami makna hari bumi

Tak Selamanya Kisah Penyair Indonesia Seindah Puisinya

Ini dia Raja Ampatnya Indonesia bagian barat. Yuk Kesiini Gan

Ini Dia 11 Museum di Dunia yang Paling Menakjubkan & Harus Dikunjungi!

11 Perpustakaan dan Toko Buku Unik di Indonesia Ini Membuat Betah Membaca

10 Saran Untuk Diri Sendiri Ketika Saya Berumur 20an

5 Alasan Anggota Pecinta Alam Harus Menuliskan Kisah Perjalanannya

Jika threadnya menginspirasi agan boleh bagi Tidak Ada Waktu untuk Berlibur ke Luar Kota? Jadilah Turis di Kotamu Sendiri
Diubah oleh zidniii 05-09-2016 07:20
0
2.3K
39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.