Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Penduduk Indonesia rentan terpapar virus Zika

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Soekarno-Hatta memantau suhu tubuh penumpang dari Singapura yang baru mendarat di terminal 2 menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh (Thermal Scanner), di bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (1/9). Pemerintah Indonesia mengeluarkan travel advisory atau saran tidak melakukan perjalanan ke negara yang diduga terjangkit virus Zika, terkait dengan peningkatan jumlah penderita di Singapura.
Tim peneliti dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, Oxford University dan University of Toronto, Kanada menemukan penduduk India, Indonesia, dan Nigeria paling rentan terpapar virus Zika. Temuan itu setelah mereka mencermati skema penularan dengan memperhitungkan jumlah penumpang pesawat yang hilir mudik di negara-negara tersebut .

"Negara-negara seperti India, Indonesia, dan Nigeria diprediksi paling berisiko terpapar Zika mengingat terdapat 5.000 penumpang setiap bulan berdatangan dari area endemik Zika," kata Dr Oliver Brady, salah satu anggota tim peneliti permodelan matematika dari London School of Hygiene & Tropical Medicine seperti dikutip BBC Indonesia.

Lebih lanjut disebutkan, keparahan imbas virus Zika di Indonesia, akan tergantung dari kesigapan masyarakat dan pemerintah untuk mencegah, menangkal, dan merespons virus tersebut.

"Temuan kami bisa menawarkan informasi berharga untuk mendukung pembuatan kebijakan kesehatan publik di tingkatan lokal, nasional, dan internasional," kata Dr Kamran Khan, anggota peneliti dari Rumah Sakit St Michael di Toronto, Kanada.

Pemerintah Indonesia sendiri saat ini sedang mewaspadai merebaknya virus ini. Sebab, saat ini virus sudah menyebar hingga Singapura. Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek telah mengeluarkan travel advisory atau imbauan tidak melakukan perjalanan ke Singapura.

Menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, dr H Mohamad Subuh, MPPM, Kementerian Kesehatan telah menaikkan kewaspadaan terhadap kemungkinan virus Zika masuk ke Indonesia.

"Saya telah keluarkan surat perintah kepada seluruh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang ada di seluruh pintu masuk, untuk memantau lebih teliti lagi," ujarnya lewat siaran pers yang disadur Okezone.com, Selasa (30/8).

Pemantauan terhadap hilir mudik orang ini terlihat di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta. "Setiap penumpang yang baru mendarat, terutama yang dari Singapura, akan diperiksa bagaimana suhu badannya," kata Kepala KKP Bandara Soekarno-Hatta, dr Susanto, seperti dilansir Kompas.com.

Prosedur pengawasan yang dilakukan KKP yakni dengan memindai suhu tubuh tiap penumpang. Pemindaian suhu tubuh menggunakan sebuah alat bernama thermoscanner yang ditempatkan di area kedatangan internasional Bandara Soekarno-Hatta di Terminal 2.

Langkah ini dilakukan karena ditemukannya seorang WNI yang terpapar virus Zika di Singapura. Menurut Melati Sosrowidjojo, yang menjabat fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya Kedutaan Besar RI di Singapura, WNI itu berprofesi sebagai pembantu rumah tangga.

"Kementerian Kesehatan Singapura memberikan informasi ini kepada KBRI. Dia disebutkan dirawat di rumah majikannya dan tidak perlu dirawat di rumah sakit karena gejalanya masih ringan. Kini, kondisi yang bersangkutan dalam proses penyembuhan," kata Melati.

Berdasarkan informasi dari pemerintah Singapura yang didapat Melati, WNI tersebut tidak pernah berkunjung ke negara-negara Amerika Selatan, tempat virus Zika mewabah. "Jadi diduga dia terpapar virus Zika di Singapura," ujarnya.

Lantaran pemerintah Singapura memiliki aturan untuk merahasiakan nama dan alamat pasien, WNI tersebut belum diketahui identitasnya selain bahwa dia berjenis kelamin perempuan.

Hingga Kamis (1/9), jumlah orang yang terpapar virus Zika di Singapura mencapai 115 kasus.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...par-virus-zika

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
722
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread733Anggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.