Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tenglengwotikAvatar border
TS
tenglengwotik
Indonesia Targetkan Jadi Destinasi Wisata Halal Terunggul di Dunia
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia berpotensi menjadi destinasi wisata halal (halal tourism) yang paling unggul di dunia. Keberagaman destinasi dan kekayaan budaya Nusantara merupakan modal utama dan tidak dimiliki negara lain.




Apalagi kesadaran masyarakat dan industri pariwisata nasional akan perlunya pariwisata ramah wisatawan Muslim (Muslim friendly tourism) semakin tinggi. Keberhasilan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi destinasi wisata halal terbaik dunia yang memperoleh World Halal Tourism Award (WHTA) 2015, membuktikan bahwa Indonesia sangat unggul. Keberhasilan ini menginspirasi destinasi-destinasi lain di Indonesia mengembangkan pariwisata halal.

Pariwisata halal Indonesia mulai didorong pemerintah sejak 2012. Dalam dua tahun terkahir, pemerintah semakin gencar memasyarkatkan dan mengembangkan pariwisata halal dengan sejumlah kebijakan dan dukungan terhadap destinasi dan industri pariwisata halal. Targetnya, Indonesia menjadi destinasi pariwisata halal utama di dunia.

Menurut Global Muslim Tavel Index (GMTI, 2016), Indonesia menduduki peringkat ke-4 dalam Top 10 Halal Friendly Holiday Destination di dunia. Pemerintah Indonesia menargetkan pada 2019 mencapai peringkat pertama. Untuk itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya membentuk Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H) yang dipimpin oleh Ketua Riyanto Sofyan, pelaku industri pariwisata halal.

Wisatawan Muslim yang berkunjung ke Indonesia pad 2014 mencapai 1,8 juta wisatawan atau 20 persen dari total kunjungan wisatawan mancanegara. Pariwisata halal merupakan pasar besar yang akan menambah kunjungan wisatawan mancanegara yang akan meningkatkan mendapatan negara dan masyarakat. Pasar wisatawan Muslim dunia sebesar 116 miliar dolar AS (2014) dan akan tumbuh mencapai 180 miliar dolar AS pada 2020.

Ketua TP3H Kementerian Pariwisata, Riyanto Sofyan, memaparkan Indonesia telah menyiapkan quick win pariwisata halal dalam tiga langkah strategis. "Pertama, global leadership, dengan program pemenangan award internasional, peningkatan peringkat dan aktif di berbagai forum internasional. Kedua, pemasaran dan promosi, melalui integrasi kampanye pemasaran di dalam dan luar negeri. Ketiga, pengembangan destinasi dan kelembagaan," ujarnya baru-baru ini.


http://m.republika.co.id/berita/gaya...nggul-di-dunia




Haters gonna hate emoticon-Big Grin
Diubah oleh tenglengwotik 03-09-2016 02:21
0
785
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.