kundevAvatar border
TS
kundev
Jika harga rokok naik, gak tau besok mau ngisap apa?
Agan-agan sekalian. Kemarin ane tersenyum geli melihat gambar meme tentang wacana kenaikan rokok menjadi 50rb. Di situ dituliskan kalimat: “jika harga jadi naik gua gak tau lagi besok mau ngisap apa?”
Sebenarnya pemerintah ini mau menyengsarakan rakyat kecil apa emoticon-Smilie ? Sungguh kreatif yang membuat gambar meme ini.

Tapi kenapa sih rokok mesti dinaikin sampai segitu drastis? Apa karena pemasukkan pajak yang kurang. Apa pemerintah kurang dana? Rakyat miskin tambah miskin dong. Kan yang merokok kebanyakan rakyat-rakyat kecil, para pekerja kasar, pelajar, bahkan yang masih pengangguran. Wah makin terjepit nih. Begitulah pro dan kontra yang beredar setelah ada wacana kenaikan harga rokok yang sesungguhnya kita tak tau persis apa maksud tujuan yang sebenar-benarnya dari rencana tersebut.

Dikutip sedikit dari sumber iklankalbar.com ada 6 alasan mengapa harus stop merokok:


1. Merokok dapat membuat rileks, tapi perlahan merusak otak

Banyak orang yang mengaku ngerasa rileks saat merokok. Seakan pikiran bisa menjadi fresh dan berpeluang membuka ide-ide baru. Itu memang benar. Tapi sayang, rasa rileks tersebut hanya akan berlaku sesaat. Dalam jangka waktu lama, kebiasaan merokok ini malah membuat otak rusak.

Menurut penelitian, merokok bisa menurunkan daya ingat, membuat seseorang lebih rentan menderita dementia, alzeimer serta gangguan kognitif.

2. Memicu berbagai penyakit: penyakit radang paru-paru, jantung, disfungsi ereksi, dan diabetes

Kebiasaan merokok ternyata bisa menurunkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh mudah terserang bakteri dan virus. Akibatnya pun jadi sering sakit-sakitan. Salah satu penyakit yang paling sering diderita perokok yaitu pneumonia atau radang paru-paru. Selain itu, merokok juga memicu penyakit lainnya, seperti jantung dan diabetes.

3. Bikin kulit cepat keriput

Merokok juga menyebabkan penuaan dini. Orang yang hobi merokok, biasanya kulitnya jadi cepat keriput dan kendur

4. Merokok menyebabkan menopause dini

Penemuan menemukan bahwa merokok bisa menyebabkan wanita mengalami menopause dini. Hal ini dikarenakan, di dalam rokok terdapat zat-zat kimia yang bisa merusak sel telur yang dihasilkan oleh ovarium. Apabila kondisi ini terjadi secara terus-menerus, maka akan mempercepat menopause.

Selain itu, ibu hamil juga sangat dilarang buat merokok. Sebab merokok bisa meningkatkan resiko kemandulan dan cacat pada janin yang dikandungnya

5. Menurunkan daya penglihatan

Mungkin banyak yang belum tahu kalau ternyata merokok dapat menyebabkan gangguan penglihatan, yaitu age-related macular degeneration (ARMD), yang dapat menyebabkan rabun bahkan kebutaan pada perokok. Menurut penelitian, perokok 2-3 kali lebih beresiko mengalami ARMD dibandingkan yang bukan perokok.

6. Merokok bisa memperpendek usia

Dari beberapa alasan di atas, yang paling mengerikan adalah kenyataan ini, bahwa merokok bisa memperpendek usia seseorang. Menurut penelitian, orang yang tidak merokok rata-rata memiliki usia 10 tahun lebih panjang dibandingkan perokok. Namun sekalipun perokok itu panjang umur, tapi kesehatannya tidak terjamin.

Demikian agan-agan ada yang mau menambahkan?

0
3.1K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Quit Drugs, Alcohol & Smoking
Quit Drugs, Alcohol & SmokingKASKUS Official
231Thread396Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.