Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aghilfathAvatar border
TS
aghilfath
Presiden Jokowi Menjamu Ratu Belanda di Beranda Istana
Spoiler for Presiden Jokowi Menjamu Ratu Belanda di Beranda Istana:

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo menerapkan format khusus untuk menjamu Ratu Maxima dari Belanda di Istana Kepresidenan. Format itu dinamai Veranda Talk atau berbincang di beranda Istana Merdeka. Tujuannya, untuk menciptakan suasana diskusi yang lebih intim.

"Veranda Talk itu pembicaraan yang intimate antara Presiden Joko Widodo dengan tamu negara yang dianggap dekat atau penting di beranda," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Darmansyah Djumala, kepada awak media di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis, 1 September 2016.

Djumala melanjutkan bahwa Presiden Joko Widodo sendirilah yang menciptakan format pembicaraan ini. Inspirasi utamanya adalah gaya pertemuan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dengan tamu pentingnya di Summer Garden.

Adapun format ini dipilih untuk pertemuan dengan Ratu Maxima, kata Djumala, karena Presiden Joko Widodo ingin bicara hati ke hati dengannya. Presiden Joko Widodo merasa isu yang perlu didiskusikan dengan Ratu Maxima sangat strategis, perihal financial inclusion, sehingga membutuhkan suasana diskusi yang lebih dekat. Ngobrol di beranda ini sebelumnya juga pernah dilakukan saat Jokowi menjamu Presiden Republik Ukraina Petro Poroshenko pada 5 Agustus 2016 yang lalu.

Selain karena isu strategis, Presiden Joko Widodo juga merasa Belanda memiliki kedekatan sejarah dengan Belanda dan memiliki hubungan bilateral yang baik. Oleh karenanya, Veranda Talk dirasa lebih pas.

"Siapa yang dipilih, itu tergantung persepsi Presiden Joko Widodo. Biasanya, pagi-pagi, kami tanya ke beliau mau Veranda Talk atau tidak. Beliau tinggal jawab ya atau tidak," ujar Djumala.

Berdasarkan pantauan Tempo, kurang lebih 45 menit dihabiskan Presiden Joko Widodo untuk berbicara dengan Maxima di beranda Istana Merdeka. Mereka menghabiskan waktu hanya berdua saja. Presiden Joko Widodo tampil mengenakan kemeja batik lengan panjang warna cokelat sementara Maxima mengenakan kemeja lengan panjang warna krem.

Presiden Joko Widodo, beberapa waktu terakhir, memang mulai mengadopsi sejumlah tradisi negara tetangga dalam kegiatan Istana Kepresidenan. Selain Veranda Talk ini, yang terinspirasi Amerika Serikat, Presiden Joko Widodo juga menerapkan pergantian jaga Pasukan Pengamanan Presiden secara terbuka seperti yang terjadi di Inggris.

https://m.tempo.co/read/news/2016/09...beranda-istana

Ada aja yg baru dari pak de emoticon-Traveller
Diubah oleh aghilfath 01-09-2016 08:43
0
2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.