Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rikudousanninAvatar border
TS
rikudousannin
Bahan Bakar Ideal Motor Honda Sesuai Rasio Kompresi Mesin


Sebelum kita bahas, Sekiranya Agan-agan dapat terlebih Dahulu untuk





Dan Jangan Lupa!




Semoga No Repost gan,AMINN....


Assalamualaikum wr.... wb ...




Tahukah anda bahwa pemilihan bahan bakar motor akan berpengaruh pada keawetan mesin motor anda ? Penggunaan bahan bakar yang tepat dapat menambah usia motor, membuat tarikan motor lebih ringan dan membuat mesin motor lebih awet. Namun pada kenyataannya masih banyak pengguna motor baru yang berkompresi tinggi mengantri panjang di pompa bensin jenis Premium.

Kami tidak bisa berkomentar masalah ekonomi dari masing masing pemilik motor akan tetapi mungkin anda perlu tahu bahwa uang yang anda hemat dari penggunaan bensin premium kalah banyak dibandingkan dengan uang yang perlu anda keluarkan pada saat motor anda rusak.

Di artikel ini kami akan beri penjelasan cara memilih bahan bakar yang ideal berdasarkan nilai oktan pada bahan bakar, kompresi mesin motor Honda. Tidak hanya itu, kami juga memberikan tabel bahan bakar ideal untuk motor Honda yang anda gunakan.

Sebelum kita membahas table bahan bakar dan pembagiannya serta nilai oktan,sedikit penjelasan tentang macam macam bahan bakar yang ada di indonesia.

Jenis Bahan Bakar Minyak Bensin merupakan nama umum untuk beberapa jenis BBM yang diperuntukkan untuk mesin dengan pembakaran dengan pengapian. Di Indonesia terdapat beberapa jenis bahan bakar jenis bensin yang memiliki nilai mutu pembakaran berbeda. Nilai mutu jenis BBM bensin ini dihitung berdasarkan nilai RON (Randon Otcane Number).
Berikut jenis jenis BBM dan pengertiannya :

– Premium (RON 88) : Premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Warna kuning tersebut akibat adanya zat pewarna tambahan (dye). Penggunaan premium pada umumnya adalah untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti : mobil, sepeda motor, motor tempel dan lain-lain. Bahan bakar ini sering juga disebut motor gasoline atau petrol.

– Pertamax (RON 92) : ditujukan untuk kendaraan yang mempersyaratkan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal (unleaded). Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi diatas tahun 1990 terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection dan catalytic converters.

– Pertamax Plus (RON 95) : Jenis BBM ini telah memenuhi standar performance International World Wide Fuel Charter (WWFC). Ditujukan untuk kendaraan yang berteknologi mutakhir yang mempersyaratkan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dan ramah lingkungan. Pertamax Plus sangat direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi ratio > 10,5 dan juga yang menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers dan catalytic converters.

– Pertalite : Merupakan Bahan bakar minyak (BBM) jenis baru yang diproduksi Pertamina, Jika dibandingkan dengan premium Pertalite memiliki kualitas bahan bakar lebih sebab memiliki kadar Research Oktan Number (RON) 90, di atas Premium, yang hanya RON 88. Berdasarkan uji tes antara Pertalite dan premium maka dapat dikatakan bahwa penggunaan bahan bakar Pertalite akan membuat kendaraan dalam pemakaian BBM lebih irit. sebab, lebih iritnya Pertalite disebabkan karena Pertalite memiliki RON yang lebih tinggi.

– Shell Super : Bahan bakar minyak produksi Shell dengan tingkat formulasi oktan 92, sama seperti Pertamax (Pertamina), Primax (Petronas), dan Performance (Total), yang dikhususkan untuk membantu menjaga mesin tetap bersih, bagi kendaraan bermotor dengan mesin bensin.

– Shell V-Power : Shell V-Power, dengan formula Double Action yang unik, didesain untuk membantu mencegah dan membersihkan endapan mesin, sekaligus melindungi sistem pembakaran dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan mesin.

Dengan Friction Modification Technology (FMT) Shell V-Power juga didesain untuk mengurangi gesekan pada bagian vital mesin sehingga membuat mesin menyalurkan lebih banyak tenaga untuk laju kendaraan.

Gunakan Shell V-Power secara rutin, karena Shell V-Power diformulasikan untuk membantu mesin Anda terasa seperti baru

– Performance 92 : TOTAL Performance 92 adalah bahan bakar bensin bebas timbal berkualitas tinggi. Seperti bahan bakar TOTAL lainnya, TOTAL Performance 92 mengandung aditif yang bermanfaat bagi kendaraan Anda.

Bahan bakar ini telah diuji dan dijual di Perancis, dan merupakan salah satu bahan bakar dengan kualitas terbaik di Eropa.

(+)Manfaat TOTAL Performance 92

Menjaga kebersihan komponen dan membersihkan mesin yang kotor (terutama karburator, injektor, dan katup).

– Performance 95 : Tidak berbeda jauh dengan performance 92,yang membedakannya hanya nilai OKTAN,a kan tetapi memiliki manfaat yg sama.TOTAL Performance 95 bahan bakar bensin bebas timbal dengan kualitas tinggi, Bahan bakar ini berbasis aditif yang membersihkan dan melindungi mesin kendaraan, meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

Bensin TOTAL Performance 95 pertama kali diluncurkan pada tahun 90an dan telah dianggap sebagai referensi bahank bakar di Eropa.

(+)Manfaat TOTAL Performance 95

Menjaga kebersihan komponen dan membersihkan mesin yang kotor (terutama karburator, injektor, dan katup).

Kembali kepengertian Dan pembagian nilai oktan,s edikit tentang apa itu nilai OKTAN :

NILAI OKTAN

Nilai oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.

Semakin tinggi angka oktan, semakin besar tekanan yang dibutuhkan bahan bakar untuk terbakar. Jika bahan bakar oktan rendah digunakan di mesin yang dirancang untuk oktan tinggi, bahan bakar bisa meledak atau menyebabkan ketukan hebat yang bisa merusak mesin. Agar awet, pemilik kendaraan harus menggunakan bahan bakar dengan oktan sesuai yang rasio kompresi mesin motor.


Berikut daftar tabel jenis bahan bakar dan nilai oktannya :



**Pengertian Rasio Kompresi Mesin**

Rasio kompresi pada mesin pembakaran adalah nilai yang mewakili rasio volume ruang pembakaran dari kapasitas terbesar ke kapasitas terkecil. Ini adalah spesifikasi mendasar bagi hampir semua mesin pembakaran umum. Dalam mesin piston, rasio yang dimaksud adalah rasio antara volume silinder dan ruang bakar ketika piston berada di titik mati bawah dan volume ruang bakar saat piston berada di titik mati atas. Semakin tinggi nilai rasio kompresi akan semakin bagus karena pemampatan campuran bahan bakar dan udara yang semakin kuat akan berdampak :

(*)menimbulkan tekanan
(*)tenaga mesin lebih besar tapi diikuti juga
dengan suhu yang lebih tinggi.

Disinilah fungsi dari oktan yang terkandung dalam BBM. Semakin tinggi nilai oktan, maka bahan bakar semakin susah terbakar. Sebaliknya jika bahan bakar beroktan rendah, maka akan meledak terlebih dahulu karena panas mesin, bukan karena percikan api dari busi.

**Pengaruh Rasio Kompresi Mesin Pada Pemilihan Bensin**

Kami menganjurkan anda mengisi bensin yang disesuaikan dengan nilai rasio kompresi mesin motor. Semakin rendah nilai oktan maka bensin semakin lambat terbakar dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi akan berakibat bensin lebih sulit menguap atau penguapan rendah. Dari hal inilah bensin yang gagal terbakar akibat oktan terlalu rendah dapat menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.

Sebagai contoh, bahan bakar dengan kadar RON 88 atau premium hanya ideal dikonsumsi untuk kendaraan dengan rasio kompresi 9 ke bawah. Pertalite yang memiliki RON 90 untuk kendaraan berasio kompresi 9-10. Di atas itu, untuk 10-11 cocok memakai RON 92. Sedangkan rasio kompresi 11-12 lebih pakai pakai RON 95.

**Tabel Bahan Bakar Ideal Motor Honda Sesuai Rasio Kompresi Mesin**


Berikut daftar tabel kebutuhan bahan bakar sesuai rasio kompresi :



Dampak Penggunaan Bahan Bakar Motor Honda Yang Tidak Pas

Apabila anda terus menggunakan bahan bakar yang tidak ideal maka ruang pembakaran pada motor anda akan lebih cepat kotor. Hal ini akan mengganggu performa motor anda yang juga berakibat pada usia motor anda.

Anda tentu boleh menggunakan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi daripada yang tertulis ditabel diatas. Sebagai contoh, Honda BeAT tertulis idealnya menggunakan Pertalite. Apabila anda mau menggunakan V-Power atau Pertamax Plus maka anda akan mendapatkan performa motor yang lebih baik lagi.

Saran TS kalau bisa,jangan gonta ganti bahan bakar,itu berakibat turunnya performan mesin,mesin agak lambat kinerjanya.

TS sudah mengalami beberapa masalah karna faktor BBM,Yang biasanya motor laju kencang diatas 120,Pas coba bbm ganti ganti, hanya tembus -100,mesin rasanya kurang enak suaranya,tarikan gasnyapun sedikit melambat.

Sekarang motor ane sudah normal ,,rutin pakek pertalite,Irit bahan bakar juga gan,hehehe ...

BTW motor agan gimana??apa sudah memenuhi standar rasio...

Okedeh Gan,,
Sekian Thread dari saya,maaf kalau sedikit kurang rapi,masih belajar buat thread ..XDD

Semoga thread ini bisa membantu ya gan



Sumber :
*http://www.hondacengkareng.com/
*http://www.bphmigas.go.id/
*http://www.id.total.com/in/spbu/bahan-bakar/semua-tentang-bahan-bakar-total.html


Oiya gan,Seperti biasa ... Kaskuser sejati selalu ninggalin jejak
emoticon-Malu emoticon-Malu

















Diubah oleh rikudousannin 31-08-2016 06:11
jimjin
jimjin memberi reputasi
1
28K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.