Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

edelwise.heningAvatar border
TS
edelwise.hening
10 Makanan yang Mengandung Vitamin A Untuk Kesehatan Mata..



Secara umum kita mengenal vitamin A untuk kesehatan mata. Tetapi selain itu vitamin A ternyata juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, transkrip gen, dan menjaga kesehatan kulit. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan dan meningkatkan infeksi akibat virus. Bahkan di beberapa negara berkembang, kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama kebutaan pada anak-anak.

Sebaliknya, kelebihan vitamin A juga dapat menyebabkan berbagai penyakit, misalnya penyakit kuning, mual, kehilangan nafsu makan, lekas marah, hingga rambut rontok. Vitamin A sendiri merupakan vitamin yang larut dalam lemak, sehingga saat mengkonsumsi vitamin A kita perlu mengkonsumsi bersama lemak agar vitamin A dapat terserap secara maksimal. Mau tau apa aja makanan yang mengandung vitamin A?
Berikut daftar 10 makanan yang mengandung vitamin A untuk kesehatan mata kamu yang di himpun dari sumber.

1. Wortel


Wortel

Semua manusia di dunia paham betul bahwa wortel adalah sayur yang kaya akan vitamin A. Satu buah wortel mengandung 10.191 IU vitamin A (204% DV). Wortel dapat memenuhi 200% kebutuhan vitamin A dalam tubuh setiap hari, oleh karena itu banyak dokter dan ahli kesehatan yang menyarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi wortel bagi kamu yang terkena gangguan mata. Wortel juga merupakan sumber bagi vitamin C, vitamin B, vitamin K, magnesium, dan juga serat.

2. Iceberg Lettuce


Iceberg Lettuce

Iceberg Lettuce adalah salah satu varian lettuce yang umumnya paling banyak ditemukan di pasaran Amerika. Iceberg lettuce juga bisa disebut sebagai chrisphead, dengan tekstur yang halus dan renyah. Iceberg lettuce memiliki warna hijau muda dengan kandungan vitamin A yang tinggi. Biasanya iceberg lettuce digunakan sebagai campuran sandwich atau salad. Satu cangkir iceberg lettuce jika diparut akan mengandung 361 IU vitamin A (7% DV), dan hanya mengandung 10 kalori.

3. Ubi jalar / Mantang /ketela


Ubi jalar

Ubi jalar merupakan salah satu makanan utama bagi para penduduk awal Amerika. Ubi jalar juga merupakan camilan favorit banyakartis Korea dan Jepang karena dipercaya dapat menyehatkan kulit. Makanan yang mengandung vitamin A ini dulunya juga merupakan salah satu makanan pokok bangsaIndonesia. Siapa sangka kalau ubi jalar ini ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin A. Di dalam satu buah ubi jalar berukuran sedang, terkandung 21.909 IU vitamin A (438% DV). Ubi jalar mampu memenuhi kebutuhan vitamin A orang dewasa hingga 400%. Ubi ini juga baik untuk menu diet bagi wanita karena hanya mengandung 103 kalori.

4. Paprika


Paprika

Paprika banyak digunakan dalam masakan Amerika Selatan, India, dan Spanyol. Tetapi bukan berarti masakan Indonesia tidak bisa menggunakan bahan paprika. Justru paprika dapat menambah rasa lezat pada makanan berbasis tumis.

Satu sendok makan paprika dapat menyediakan 69% kebutuhan vitamin A harian kamu. 1 Sendok vitamin A mengandung 3448 IU Vitamin A (69% DV) dan 20 kalori. Paprika juga merupakan sumber vitamin C, kalium, dankalsium.

5. Mangga


Mangga

Mangga, siapa yang tidak tergiur untuk menikmati buah ini saat siang hari yang panas?Buah dengan rasa manis dan asam ini juga sangat lezat jika digunakan sebagai jus atau sebagai campuran sambal. Selain itu, buah Mangga ternyata juga sangat bagus untuk diet karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Dalam satu cangkir irisan manga, tersedia 26% kebutuhan vitamin A harian kamu. Kandungan kalori dalam mangga juga tidak tinggi, hanya 107 kalori.

6. Kale

Kale

Kale adalah salah satu varian dari kubis dengan warna hijau tua, mereka adalah salah satu sayuran lezat dan kaya nutrisi yang juga bagus untuk program diet kamu. Kale dapat memenuhi bahkan melampaui kebutuhan vitamin A kamu setiap harinya. Dalam satu cangkir kale terkandung sekitar 10.302 IU vitamin A atau 206% dari apa yang dibutuhkan rata-rata tubuh manusia.

7. Butternut squash / Labu


Butternut squash

Butternut squash adalah jenis labu musim dingin dengan rasa manis dan pedas. Butternut squash memiliki kulit berwarna kuning orange dengan bentuk menyerupai buah pepaya. Warna kuning – orange yang dimiliki oleh butternut squash menunjukkan bahwa mereka tinggi akan kandungan beta karotin yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Dalam satu cangkir butternut squash terkandung lebih dari 400% dari nilai harian Vitamin A yang direkomendasikan. Butternut squash juga mengandung vitamin C, kalium, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

8. Aprikot kering


Aprikot kering

Saat kamu pengen ngemil, menjadikan buah-buahan kering sebagai camilan sehat adalah pilihan yang tepat. Buah-buahan kering jauh lebih kaya energi, nutrisi, dan juga antioksidan. Salah satu buah kering yang baik adalah aprikot kering. Aprikot kering merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin A yang juga baik untuk camilan diet. Dalam dua cangkir aprikot kering, terkandung 4.685 IU Vitamin A atau 94% dari nilai kebutuhan vitamin A kamu setiap harinya.

9. Bayam


Bayam

Bayam adalah salah satu sayur serba guna yang dapat dimasak sebagai menu makan sehari-hari, bahan dasar jus, dan green smoothies. Selain termasuk sayur yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet, bayam juga termasuk jenis makanan yang mengandung vitamin A cukup tinggi.

Satu cangkir bayam akan memenuhi kebutuhan vitamin A kamu sebanyak 49% setiap harinya. Ini melebihi nilai harian vitamin A minimal yang direkomendasikan. Bayam juga kaya akan vitamin C, vitamin K, mangan, zat besi, dan kalsium.

10. Cantaloupe /Melon


Cantaloupe

Cantaloupe adalah varian dari buah melon dengan warna daging buah orange. Buah ini rendah lemak dan kalori, tetapi memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi. Buah ini juga memiliki rasa yang segar, sehingga cocok dijadikan sebagai salah satu camilan di siang yang panas, atau sebagai makanan penutup saat malam. Sekitar seperdelapan dari satu buah cantaloupe mengandung 5.986 IU vitamin A atau setara dengan 120% dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

jangan malas makan buah dan sayur ya agan aganwati.
emoticon-Peluk
Diubah oleh edelwise.hening 14-08-2016 11:02
nyimak92
bellapraticia69
bellapraticia69 dan nyimak92 memberi reputasi
2
10.3K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.