errosaliaAvatar border
TS
errosalia
Meriahnya Perayaan Kemerdekaan Indonesia di JIS Pattimura
Pada tanggal 24 Agustus 2016 kemarin, JIS Elementary School Pattimura mengadakan perayaan untuk hari kemerdekaan Indonesia. Sejak pagi tampak persiapan yang dilakukan oleh para guru-guru untuk menyiapkan rangkaian acara pada hari itu. Dekorasi serta suasana merah putih sangat terasa, apalagi hari itu semua siswa diajak untuk menggunakan baju merah putih, meskipun mereka bukan WNI.

Acara dimulai dengan penampilan siswa-siswa yang memainkan alat musik khas Indonesia yaitu, Gamelan. Anak-anak bule tersebut terlihat mahir memainkan setiap lagu dengan alat musik mereka masing-masing dengan dipimpin oleh guru mereka yang terlihat berperawakan bule. Mengagumkan ya, ibu guru bule itu memimpin permainan gamelan siswa-siswanya sambil menyanyikan setiap nada dengan suara khas seorang sinden. Sambil memimpin beliau juga memainkan gendang yang cukup besar sambil mengatur tempo. Sebenarnya sudah tidak heran melihat anak-anak JIS ini piawai dalam memainkan Gamelan. Setelah dicari tahu ternyata Gamelan merupakan bagian dari kurikulum musik yang diajarkan oleh JIS. Gamelan juga menjadi ektrakulikuler yang diikuti oleh beberapa siswa dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya Indonesia yang juga sesuai dengan misi yang dimiliki JIS untuk setiap siswa-siswanya. Ya betul sih Gan, main Gamelan itu kan gabisa sembarangan harus konsentrasi dan perlu kerja sama tim yang tinggi agar keselarasan alunan nada bisa terdengar dengan baik, dan jika ditanamkan dengan baik anak-anak bisa menjadi individu yang ga egois dan memiliki kesadaran untuk hidup seimbang dengan orang lain. Keren ya Gan, anak-anak bule ini aja udah pinter main Gamelan, nah kita orang Indonesia belum tentu semuanya bisa main Gamelan.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan acara yang dilakukan oleh dua murid perempuan yang sangat lucu membacakan setiap urutan acara. Kemudian Elsa Donahue sebagai kepala sekolah dari JIS elementary school melakukan sambutan untuk acara perayaan kemerdekaan Indonesia tersebut. Menurut beliau, penting bagi para siswa JIS yang berasal dari berbagai negara di dunia untuk memahami dan mengenal lebih dekat budaya dan nilai-nilai yang dianut tuan rumah (Indonesia) sejak dini.

Setelah pembukaan dilakukan mereka mengajak murid-murid, guru-guru dan staff berkebangsaan Indonesia untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama dengan dipimpin oleh salah satu guru berkebangsaan Indonesia. Sisa murid lainnya yang berkebangsaan selain Indonesia ikut berdiri dan ikut menyanyikan Indonesia Raya. Menyenangkan banget melihat banyak anak-anak bule yang bukan orang Indonesia tapi sangat semangat untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia meskipun cuaca hari itu cukup panas terik. Oiya sekedar info juga, ternyata hari itu banyak media yang datang untuk meliput kemeriahan perayaan Kemerdekaan Indonesia yang ke 71 tahun ini.

Nih Gan, setelah lihat langsung ane nemu beritanya nih http://news.detik.com/foto-news/3282...an/2#share_top

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan negara Indonesia, mereka berbaur bersama-sama di seluruh sekolah untuk mengikuti lomba-lomba yang sudah disiapkan. Lomba-lomba yang diikuti oleh siswa-siswa JIS ini adalah permainan tradisional yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia, seperti Balapan Kelereng Sendok, Balap Karung, Makan kerupuk, Tak Benteng, Tarik Tambang, Bakiak dan Joget Jeruk.

Suasanya perlombaan sungguh menyenangkan dan meriah. Apalagi didukung dengan dekorasi dan musik-musik kemerdekaan. Para siswa JIS tampak menikmati setiap jenis perlombaan dan tidak kalah jago memainkan setiap permainan dengan orang-orang Indonesia. Lapangan bola sekolah JIS tampak penuh dengan para siswa. Beberapa wajah siswa tampak penuh dengan serpihan kerupuk, jatuh karena berusaha menahan tali tambang grup mereka, juga beberapa ada yang tampak berlari-lari menjaga teman dan benteng mereka. Teriakan meriah mereka juga terdengar untuk memberikan semangat bagi teman mereka atau tertawa senang bermain dalam perayaan kemerdekaan kali ini. Mereka juga tampak senang bercengkrama akrab dengan guru-guru mereka.

Poin penting yang bisa ane ambil dari pengalaman ane di JIS ini Gan, mereka yang bukan Indonesia aseli aja sangat menikmati perayaan kemerdekaan Indonesia, nah sebagai orang Indonesia kita jangan sampe kalah meriah meneladani kemerdekaan negara kita ya, Gan. Cara-cara yang bisa dilakukan gausah muluk-muluk, saling menghargai, penuh semangat dan penuh toleransi kayak anak JIS aja udah bisa jadi usaha kok buat kita untuk mencerminkan diri sebagai masyarakat Indonesia.
0
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.