Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

manjuntak15Avatar border
TS
manjuntak15
Banjir Capai 70 Cm, Warga Kota Padang Mengungsi
Banjir Capai 70 Cm, Warga Kota Padang Mengungsi
PADANG – Sejumlah warga lebih memilih mengungsi ke rumah sanak keluarga daripada bertahan di rumah mereka yang tergenang banjir dengan ketinggian mencapai 70 sentimeter (cm) di Parak Jambu, Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Kota Padang, Sumatera Barat. Salah seorang warga yang terdampak banjir, Ihwal (30) tampak menggendong anaknya yang masih berusia sekira enam bulan di lokasi banjir, sedangkan istrinya membawa kantong kresek warna hijau tempat baju mereka.
“Tadi air sudah sampai sedalam lutut, kami takut nanti bisa sedalam satu meter seperti yang terjadi waktu banjir dulu,” ujarnya kepada Okezone, Rabu (24/8/2016).
Ihwal menjelaskan bahwa dirinya tidak berkerja dan fokus mengevakuasi keluarganya dari banjir, apalagi anaknya masih kecil serta rentan terserang penyakit. “Tidak masuk kerja kita hari ini. Kita fokus evakuasi keluarga dulu serta barang-barang di tempat tinggi agar mereka lebih nyaman,” ujarnya. Sementara itu, tampak sejumlah warga lainnya memilih bertahan di rumah masing-masing. Sedangkan kendaraan mereka, baik roda dua empat, diparkir dekat jembatan yang lebih tinggi. “Satu tahun bisa empat kali banjir, dan banjir itu bisa mencapat satu meter lebih,” ungkap Effendi (50) warga setempat yang keluar dari rumahnya mengurus surat ke kantor lurah.


Tangsel Banjir, Ketinggian Air Sampai 80 CM


VIVA.co.id – Tak hanya terjadi di kawasan Kemang dan Jakarta Selatan, banjir juga menerjang kawasan Tangerang Selatan semalam, Sabtu 27 Agustus 2016. Ketinggian air yang terjadi di Tangerang Selatan khususnya di Kampung Bulak Pondok Kacang Timur mencapai hingga 80 sentimeter.
Berdasarkan laporan yang dihimpun kontributor tvOne, selain hujan deras, banjir juga disebabkan oleh jebolnya tanggul anak Kali Angke. Akibatnya, ratusan rumah warga dan 52 kepala keluarga harus dievakuasi, karena ketinggian air bertambah hingga satu meter.
Salah satu korban banjir, Ujang mengatakan, awalnya rumahnya digenangi air 60 sentimeter, lalu bertambah saat tanggul Kali Angke jebol.
"Saya langsung membawa keluarga mengungsi. Saya takut air naik lagi," ucap Ujang.
Sementara itu, menurut Bambang selaku Kepala Bidang Kedaruratan Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Tangerang Selatan mengatakan, banjir yang terus bertambah volume airnya ini karena curah hujan yang tinggi dan tanggul jebol.
"Petugas BPBD masih melakukan pengevakuasian," ucap Bambang.

Aceh Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

TEMPO.CO, Banda Aceh - Hujan deras yang melanda Aceh dalam sepekan terakhir mengakibatkan banjir di sejumlah daerah pesisir barat Aceh. Paling parah adalah Aceh Jaya yang mengakibatkan ribuan orang mengungsi, Jumat, 26 Agustus 2016.
Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat, sedikitnya 8.506 orang dari 9 kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya mengungsi akibat banjir yang merendam wilayah mereka. Sedangkan di Aceh Barat, banjir mengakibatkan tergenangnya permukiman di 24 desa di 4 kecamatan. Di Nagan Raya dan Aceh Selatan, banjir juga merendam puluhan desa.
Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam telah menyalurkan bantuan berupa lauk-pauk dan sandang-pangan kepada para korban banjir di Kabupaten Aceh Jaya dan Nagan Raya. “Sedangkan untuk Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Selatan, kami sedang mengkonfirmasi dengan bupati terkait,” kata Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri.
Pemerintah juga membantu proses evakuasi warga dan mendirikan dapur umum. Pendataan kerusakan fasilitas publik juga terus dilakukan.
Sementara itu, Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Aceh, Frans Dellian, mengatakan kondisi cuaca saat ini masih berpotensi banjir. Untuk penanganan, Gubernur Aceh Zaini Abdullah telah memerintahkan instansi terkait dari Satuan Kerja Pemerintah Aceh untuk tetap siaga menghadapi bencana tersebut.
Untuk mempercepat proses bantuan, Gubernur Aceh juga telah memerintahkan Kepala Dinas Sosial Aceh untuk memanfaatkan gudang buffer stock milik pemerintah yang tersebar di beberapa kabupaten melalui Dinas Sosial kabupaten setempat.
“Semua pihak harus siaga menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, jangan sampai ada masyarakat yang kesulitan pangan dan terganggu kesehatannya akibat banjir,” kata Frans.

sumber
http://news.okezone.com/read/2016/08/24/340/1471942/banjir-capai-70-cm-warga-kota-padang-mengungsi
http://metro.news.viva.co.id/news/read/814453-tangsel-banjir-ketinggian-air-sampai-80-cm
https://m.tempo.co/read/news/2016/08/26/058799268/aceh-banjir-ribuan-warga-mengungsi

emoticon-Mewek emoticon-Turut Berduka
0
1.4K
20
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.