banglumbanrajaAvatar border
TS
banglumbanraja
Berkenalan dengan Batak, perhatikan 5 hal ini!
Welcome Back To Thread Awak Gan!



Lama tak bertemu, awak kembali mencoba berbagi sedikit dengan Agan dan Sista. Kali ini adalah tentang sedikit fakta menarik yang brangkali perlu agan tahu. Merujuk ke salah satu suku besar di negara kita, yakni Suku Batak. Mendengar suku Batak, pasti agan sekalian refleks mengarah ke kota Medan, lalu barangkali akan menanyakan marga dilanjutkan dengan protes Logat bahasa dan sebagainya. Nah terkadang pertanyaan-pertanyaan seperti ini tidak sinkron dan malah membuat tidak nyaman. Celakanya lagi, jangan sampai membuat Agan atau Sista terkesan sok tahu, padahal sama sekali tidak mengerti. Hanya mendengar dari bisik-bisik tetangga (prikitiew).
Nah, apa saja fakta menarik yang harus Agan tahu sebelum berbicara dan vertanya terlalu banyak hingga terkesan menginterogasi? Check this out Gan!

1. Dari Medan bukan berarti langsung Batak Gan



Kalau mengenalkan diri dari Jakarta, Bandung atau Lampung orang pasti tak akan langsung menebak sukunya. Berbeda dengan berkenalan dengan orang medan, pasti langsung tanya Marga serasa sudah mengenal dan memastikan sukunya. Jangan salah Gan, Medan itu diisi beragam suku dari Melayu, Padang, Jawa, Batak dan sebagainya. Medan? Jangan langsung refleks menyebut suku batak gan, karena bagi sebagian orang ini tidak nyaman.

2. Batak ada 5 Gan



Jadi suku Batak itu ada lima bagian Gan, ada Batak Toba yang basisnya di Tapanuli Utara, Batak Mandailing di Tapanuli Selatan, Karo di Tanah Karo, Simalungun di Tanah Simalungun, Pakpak di Dairi. Nah jika tidak paham marga-marganya Agan boleh nanya Batak Apa? Seyogyanya kelimanya tetap satu moyang, namun bahasa dan adatnya sedikit berbeda.

3. Jangan Protes Logat Batak Gan



Ini sebenarnya sangat tidak nyaman dan tidak lucu, Lagipula tak semua orang Batak berlogat ala Poltak di sinetron zaman dulu. Sayang zaman sekarang banyak artis yang memaksakan logat demikian di film-film (salah satunya Acha Septriasa di Film Lamaran) terdengar asing justru di telinga. Jangan digeneralisasi demikian, Batak itu tersebar di seluruh penjuru bumi gan dan masalah logat sudah tentu hasil adaptasi dengan lingkungan. Stop Complaint!

4. Gak Semua Batak jadi Pengacara Gan



It's not funny nowadays! Lu Batak, kok ga jadi pengacara? Masalah buat hidup Lo?
Kira-kira begitu jawaban yang pas buat tebak-tebakan macam beginian. Sekali menggeneralisai susuatu itu tidak baik, jangan karena melihat atau mengenal seseorang Batak yang menjadi Jaksa lantas disamakan semua. Apalagi kalau agan samakan dengan yang buruk citranya? Hushh..You better shut your mouth!

5. Batak dan Agama



"Lu Batak, bukan Islam ya?" What the ef?
Pertanyaan semacam ini sangat annoying Gan, dan ane pernah beberapa kali mengalaminya. Perduli apa dengan hal yang sangat pribadi dan bahkan tak layak untuk ditanyakan saat baru kenal. Darimana pula diajarkan ilmu menebak kepercayaan seseorang melalui sukunya? Jangan pernah seperti ini Gan, it's annoying af!



Nah itulah beberapa hal yang sangat mengganggu saat pertama kali orang Batak bertemu dengan orang baru. Walau kesannya bercanda, namun hal-hal tersebut sebenarnya memiliki arti impilisit yang negatif. Dimana tidak ada orang yang berada pada kondisi tersebut. Kadang akan dibalas dengan tertawa atau senyum namun dalam hati siapa yang tahu?
Jadi sebelum menyakiti orang lain, mengapa tak mencoba dulu menyenangkan hati orang sebagaimana yang anda inginkan dilakukan orang sebaliknya? Salam positif dan salam harmoni Indonesia.

HORAS!

P.S: silahkan ditambahkan!emoticon-2 Jempol
0
9.1K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.