Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Yuk ke Riau " The Trully Melayu " , banyak Event-event keren di 2016 ini.

looklikeidAvatar border
TS
looklikeid
Yuk ke Riau " The Trully Melayu " , banyak Event-event keren di 2016 ini.
Berisaplah ke Riau "the trully Melayu", 2016 ini dijadikannya sebagai tahunnya event pariwisata

Yuk ke Riau " The Trully Melayu " , banyak Event-event keren di 2016 ini.

Kabar gembira datang dari provinsi yang mendapat julukan "the trully Melayu" dari menteri pariwisata Arief Yahya. Provinsi tersebut adalah Riau yang ikut menggairahkan industri pariwisata nasional dengan menyiapkan berbagai event di tahun ini untuk disuguhkan kepada para wisatawan yang akan berkunjung ke provinsinya tersebut.

Untuk merealisasikan tujuannya dalam memajukan pariwisatanya, Provinsi Riau lewat Gunernur Arsyadjuliandi Rachman telah menetapkan sejumlah event unggulan pariwisata dengan mengandalkan potensi berupa daya tarik alam (nature), budaya (culture) dan daya tarik wisata buatan (man-made) antara lain festival budaya Pacu Jaluar dan Bakar Tongkang serta Festival Bekudo Bono yang telah mendunia.

Inilah daftar event-event tersebut


1. Bono: Even pariwisata “Festival Bekudo Bono” berlangsung di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan pada 4 -6 November 2016.

Yuk ke Riau " The Trully Melayu " , banyak Event-event keren di 2016 ini.

Secara umum bono adalah peristiwa alam yang berlatar pertemuan arus laut. Beradunya arus itu menimbulka ngelombang tinggi di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan. Ombak dengan ketinggian mencapai 6 meter tersebut menarik perhatian para peselancar dunia.
Jika lazim diketahui surfing memanfaatkan gelombang laut, maka di Kuala Kampar berselancar dilakukan di gelombang sungai. Keunikan yang diklaim hanya ada dua lokasi di dunia; di Kuala Kampar Riau dan Sungai Amazon, Brasil ini telah menarik perhatian para peselancar dunia seperti Steve King. Beragam perusahaan appareal terkemuka seperti Rip Curl menurunkan tim.
Bono juga mengundang awak televisi National Geographic untuk mengabadikan keunikan tersebut. Terakhir trio peselancar Australia memecahkan rekorber selancar paling lama di gelombang sungai di Kuala Kampar dan menarik perhatian masyarakat dunia.


2. Tour de Siak: Berlangsung di Kabupaten Siak Sri Indrapura pada 21-25 September 2016.

Yuk ke Riau " The Trully Melayu " , banyak Event-event keren di 2016 ini.

Even internasional di Provinsi Riau adalah Tour de Siak. Ajang balap sepeda ini dari tahun ketahun kian popular di mata para pebalap sepeda internasional. Sejumlah pembalap kawakan dunia pernah menjajal trek unik, yakni melintasi kebunsawit dan rute dengan pemandangan alam yang sedemikian khas..


3. Pacu Jalur: Berlangsung di Kabupaten Kuantan Singingi pada 24-28 Agustus 2016.

[img]http://s.kaskus.id/images/2016/05/29/8730802_201605290114540668.png[/img

Yuk ke Riau " The Trully Melayu " , banyak Event-event keren di 2016 ini.

Ritual pacu jalur di Kabupaten Kuantan Singingi telah memasuki usia lebih seabad. Pacu Jalur adalah semacam lomba perahu naga yang dimuati 45 sampai 60 pendayung sekaligus. Namun bukan hanya soal siapa yang jadi pemenang, ritual tahunan ini lebih banyak menampilkan kearifan local semisal semangat bergotong royong sampai kebersahajaan dalam bersilaturahmi. Saksikan pula malam pagelaran kesenian tradisional sampai aneka kuliner khas yang dapat dicoba sepanjang penyelenggaraan. Ribuan warga akan tumpah ruah di sepanjang Tepian Narosa.

4. Bakar Tongkang: Berlangsung di Bagan Siapi-api, Rokan Hilir, Riau pada 20-21 Juni 2016.

Yuk ke Riau " The Trully Melayu " , banyak Event-event keren di 2016 ini.

Bakar Tongkang adalah acara ritual yang juga tercatat sudah berlangsung lebih seabad yang melibatkan ribuan warga. BakarTongkang berbalut sejarah panjang kala perantauTiongkok tersesat di samudera luas. Mereka kemudian melihat pendar cahaya. Di Bagan Siapi-api, Rokan Hilir, Riau akhirnya perahu berlabuh. Untuk membuktikan tekad maka mereka membakar tongkang atauperahu, agar setelah nyata bias kembali pulang sebelum berhasil. Bagan Siapi-api sendiri tempat lokasi ritual bakar tongkang akan penuh sesak ketika ritual digelar. Tidak kurang dari 20.000 wisatawan mancanegara dari etnis Tionghoa hadir pada saat even ini.

5. Gema Muharram: Digelar pada 1-2 Oktober 2016.

Yuk ke Riau " The Trully Melayu " , banyak Event-event keren di 2016 ini.

Even ini sedemikan kental dengan relijiusitas ketika ribuan warga tumpah ruah merayakan momentum 10 Muharram pada setiap tahun. Dalam Islam memang beberapa peristiwa merujuk pada 10 Muharram semisal selamatnya NabiNuh dari banjir besar, NabiYunus keluar dari perut ikan besar, lepasnya Nabi Ibrahim dari hukuman pembakaran yang dilakukan Namruz, tanggal tersebut juga menandakan sebagai hari dibebaskannya Nabi Yusuf dari penjara. Karena banyaknya momen penting yang terkait dengan 10 Muharram, maka umat muslim pun dianjurkan berpuasa dan membaca sejumlah doa.

Menjelang akhir hidupnya, Nabi Muhammad SAW pun bahkan sempat menganjurkan umatnya berpuasa pada tanggal 9 sampai 10 Huharram. Ritual muharramini, tampil sedemikan khas di Indragiri Hilir selama 2 tahun terakhir berhasil mendapat rekor MURI untuk pembuatan bubur asyura terbanyak dan salawatnariyah terbanyak.

6. Riau Marathon:

Yuk ke Riau " The Trully Melayu " , banyak Event-event keren di 2016 ini.

Keseriusan pemerintah Provinsi Riau dalam mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan tak terpaku pada even yang sudah ada . Saa ini sedang dirancang apa yang disebut dengan Riau Marathon.
Lomba yang akan melibatkan pelari marathon berkelas dunia itu akan digelar di Pekanbaru pada 11 Desember 2016.

Selain itu juga terdapat sejumlah destinasi dan objek wisata yang layak dikunjungi di Provinsi Riau yang berada di Kabupaten/Kota di antaranya: Objek Wisata Bahari Pantai Rupat di KabupatenBengkalis. Dengan event Festival Selat Baru pada 14- 17 November 2016. Taman Nasional

Yuk ke Riau " The Trully Melayu " , banyak Event-event keren di 2016 ini.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut baik diluncurkan Calender of Event Riau 2016 sebagai wujud tekad Provinsi Riau menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan (selain minyak bumi dan kelapa sawit yang selama ini sebagai sumber utama) sekaligus dalam rangka mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia mewujudkan target tahun ini kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 260 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tana Air.

Selain "the trully Malay" Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, bahwa Riau yang juga mendapat sebutan sebagai “Bumi Lancang Kuning” selama ini identik dengan minyak bumi, hamparan kebun kelapa sawit atau sebuah kawasan berkembang dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia Bagian Barat. Kekayaan sumber daya alam yang telah memberi berkah itu telah bertemu dengan keinginan kuat dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) dalam menghadirkan terobosan baru .yakni di sektor pariwisata.

“Bumi Lancang Kuning kini sedang berbenah mengembangkan layarnya dengan menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian. Kami harapkan sektor ini akan mampu memberikan kontribusi positif terhadap sector lainnya,” ujarnya.


Authorized by LookLikeId
0
1.2K
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.2KThread12KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.