edelwise.heningAvatar border
TS
edelwise.hening
Makanan Penambah Darah Untuk Lawan Anemia.



Quote:


Spoiler for HT Pertama saya:


Quote:


1. Sayuran

Quote:


2. Daging

Quote:


3. Jeroan

Quote:




⚠Manfaat jeroan gansis

Agan tidak salah baca, benar bahwa jeroan mengandung nutrisi yang tidak terdapat pada daging hewan. Berikut nutrisi yang dapat Agan peroleh dari bagian jeroan tertentu:

- Hati: Kandungan zat besi dalam hati lebih tinggi dibanding bayam atau daging. Selain besi, hati juga mengandung hampir semua vitamin dari A, B, C dan D. Vitamin C adalah sesuatu yang langka ditemukan dalam sumber protein hewani.

- Ginjal: Rendah lemak dan tinggi zat besi, ginjal sangat baik untuk wanita yang menderita anemia namun tidak ingin gemuk. Ginjal juga merupakan sumber terbaik dari antioksidan selenium yang mencegah kerusakan jaringan dan perbaiki fungsi tiroid.

- Jantung: Jeroan dengan kandungan protein tertinggi, bahkan lebih tinggi dari yang ada pada ginjal. Makan satu porsi jantung memenuhi kebutuhan zat besi harian agan. Jantung juga mengandung selenium, zinc dan semua varian vitamin B.

- Lidah: Mengandung tiga kali lebih banyak zat besi daripada steak, dan tujuh kali lebih banyak vitamin B12. Lidah juga mengandung vitamin C.

- Babat: Banyak yang tidak tertarik makan babat karena teksturnya yang menyerupai handuk, namun babat adalah sumber protein yang rendah lemak dan kalori. Meskipun nutrisi pada babat tidak setinggi jeroan yang lain, ini satu-satunya jeroan yang mengandung kalsium, walau hanya sepertujuh dari kebutuhan sehari-hari Agan.

- Otak: jeroan ini mengandung vitamin B3, B12, dan C.

Yang perlu diwaspadai

Walau jeroan bisa menjadi alternatif sumber protein hewani dengan masing-masing manfaatnya, tidak dapat dipungkiri bahwa protein dalam jeroan tinggi akan purin, salah satu zat pemicu asam urat dan batu ginjal. Dibanding daging merah, kadar purin dalam jeroan jauh lebih tinggi. Tidak semua bagian jeroan tinggi akan kolesterol seperti yang diwanti-wanti oleh pakar kesehatan. Yang meningkatkan kadar kolesterol pada jeroan adalah teknik pemasakannya.

Salah satu cara paling favorit mengonsumsi jeroan adalah dengan dibuat sop atau soto. Ini karena jeroan membutuhkan proses masak yang cukup lama agar empuk. Dalam proses merebus bagian jeroan akan menghasilkan bau yang cukup amis. Untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap ini, ditambahkan rempah-rempah kedalam kaldu.

Kalau Agan ingin mendapatkan segala manfaat jeroan, tanpa merugikan kesehatan Agan, disarankan untuk memilih metode masak yang lebih sehat dan tidak menggunakan santan. Menggoreng jeroan juga tidak baik karena lemak jahat dari minyak panas mudah diserap oleh jeroan. Memanggang dalam oven dengan suhu yang rendah adalah salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengolah jeroan dengan aman.[/quote]




4. Kacang almond

Quote:


5. Delima

Quote:


6. Semangka

Quote:




7. Apel


Quote:





Diubah oleh edelwise.hening 24-08-2016 05:51
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
51.9K
389
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.