Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Kerjasama minyak atsiri (CLO/minyak daun cengkeh)..Agan yg JALANKAN usaha ane...

partairetakAvatar border
TS
partairetak
Kerjasama minyak atsiri (CLO/minyak daun cengkeh)..Agan yg JALANKAN usaha ane...
Dear agan2 semua,

Ane mempunyai usaha penyulingan minyak atsiri, khususnya CLO (clove leaf oil) atau minyak daun cengkeh di Sumatera Barat (kab. Solok). Minyak tersebut nantinya ane jual ke pabrik yg selanjutnya mereka eksport atau mereka olah lagi menjadi bahan dasar bagi industri kesehatan (khususnya obat2an gigi), industri kosmetik, industri parfum, dll. Silahkan agan2 tanya mbah google yah...kalo ane jelasin disini ttg atsiri dan CLO, ntar kepanjangan... emoticon-Cape d... (S)

Ane mau mencari parnert/mitra, yg mau bekerjasama untuk menjalankan usaha tersebut.

Kenapa ane mencari mitra untuk kerjasama?
Ane tinggal di Padang. Lokasi penyulingannya di Solok (65km dr Padang). Bolak-balik tiap hari, capeknya minta ampun gan...Lagian, sekarang ane juga punya usaha di bidang lain yg lg butuh perhatian ane, karena baru dirintis...

Bagaimana usaha penyulingan minyak daun cengkeh tersebut?
Daun2 cengkeh di kebun yg sudah gugur, disapu dan dikumpulkan oleh ibu2 pekerja. Kalau di Jawa, daun2 tsb dikumpulkan oleh pemilik kebun dan dijual ke pemilik usaha penyulingan. Kalo di lokasi ane, pemilik kebun ga ada yg mau nyapu daun tsb, sehingga ane meminta bantuan ibu2 RT utk menyapu dan mengumpulkan. Bayaran mereke cukup murah, cuma 30 ribu perhari/org plus dikasih kopi dan cemilan. Daun nantinya disuling dan menghasilkan minyak. Bahan bakar untuk menyuling (tungku) adalah sisa2 daun pada proses penyulingan sebelumnya, plus sedikit kayu bakar dan daun kelapa untuk menghidupkan api di awal.

Seperti apa spek alat penyulingannya?
- Sistem biler (uap)
- Ketel bahan baku ukuran diameter 185cm, tinggi 240cm, kapasitas 600-700kg daun, bahan baja dengan bagian dalam dilapisi stainless steel (supaya hasil minyak jernih/tidak hitam).
- Ketel air ukuran diameter 150cm. tinggi 100cm, pipa api 4inci, bahan dari baja.
- Kondensor dari bahan plat drum dengan ukuran diameter 200cm, tinggi 80cm.
- Pipa kondensor dari stailess steel ukuran 1,5inci dengan panjang 45 meter berbentuk spiral.

Penampakan alat penyulingan :



Selain alat penyulingan, apalagi yg ada di lokasi?

- Gudang bahan
- Rumah/kamar permanen untuk pekerja/pengelola
- Becak motor untuk menjemput daun2 di kebun
- Pompa air untuk mengisi kondensor (pompa dr air sungai)
- Blower 2inchi untuk meniup tungku
Pokoknya sudah lengkap...tinggal masuk dan nyalakan api tungku...

Penampakan gudang+kamar pekerja:


Sistem kerjasamanya bagaimana?
Silahkan agan kelola usaha ini. Nanti ane ajarkan (bagi yg belum tau) cari produksinya.
Agan cukup menyediakan dana Rp 3 juta untuk melanjutkan kontrak/sewa (per tahun) tempat alat penyulingan dan kamar pekerja, lalu dana operasional (untuk membayar gaji harian ibu2 pengumpul daun dan gaji pekerja tungku). Biasaya ane dibantu oleh 5-6 orang ibu2/perhari. Pekerja tungku 3 orang. Mo pake ibu2/pekerja yg biasa ane pakai atau agan cari yg baru, terserah...toh nantinya agan yg akan mengelola usaha ini 100%.
Hasil minyaknya nanti kita jual dan kita bagi 65 : 35 --> 65% ane dan 35% agan....hasil minyak bisa dijual per minggu atau perbulan...ato kalo agan pengen jual sekali setahun (biar banyak ato nunggu2 harga tinggi) terserah agan...kan agan yg jalanin usaha ini?....emoticon-Malu (S)

Kalo agan berasal dari luar sumatera barat,gimana?

Ga masalah...silahkan agan bawa pekerja/pengelola yg dipercaya...gaji mereka utk menetap di lokasi. Agan tinggal kontrol...Kalo agan sendiri yg mau menetap, lebih bagus...cewe2 di kampung lumayan cantik2 loh.....emoticon-Kiss (S)
Sapa tau dapat bini org padang....emoticon-Kiss (S)
Tapi untuk pertama kali, ane sarankan agan datang ke lokasi dulu...silahkan survey dulu....

Info tambahan:
- Bahan baku berlimpah....puluhan hektar kebun cengkeh tersedia sebagai bahan baku
- Ane merupakan penyuling CLO satu2nya di Solok...bahkan satu2nya di sumatera barat
- Bahan baku tidak beli...malah yg punya kebun sangat berterima kasih karena kebunnya ane sapu. Yg dikeluarkan cuma gaji harian ibu2 yg nyapu.
- Buyer minyak sangat banyak...kalo di Padang ada 2 pabrik besar yg beli CLO...kalo agan punya buyer sendiri, terserah agan.....pengen tau ttg buyer minyak daun cengkeh/CLO, tanya mbah google aja buat buktinya....
- Kalo agan ga tertarik CLO, pengennya nilam...boleh juga....alat bisa dipakai, tp tanam dulu nilamnya...lahan untuk nanam bisa ane carikan disana dengan sistem sewa/bagi hasil dengan pemilik lahan....mo luas 1hektar..2hektare..10 hektare...terserah agan....kan agan yg ngelola usaha ini...
- Kebun di dekat lokasi penyulingan saja, blm semua yg bisa ane bersihkan...kal agan mau bersihkan juga di desa/kecamatan sebelah...boleh juga..tp ga kuat pake becak motor ane lagi...agan hrs sediakan mobil pickup..

inti kerjasama ini, ane yg punya alat dan fasilitas, agan yg menjalankan usaha tersebut...Ane ga akan ikut campur dlm operasional lg...100% ane lepas usaha ini buat agan2....FYI, sewaktu merintis usaha ini, ane keluar biaya hampir 100juta utk alat dan fasilitas tersebut...sekarang agan2 yg mau lanjutin usaha ane/mau mulai usaha minyak atsiri ga perlu keluar modal segitu banyak...asyik kan?

kalo agan2 butuh info lanjut, silahkan hubungi 08.123456.3124...kalo hp ane lg ga aktif/ketinggalan/tdk kedengaran/tdk terjawab....tlg sms ya...pasti ane hubungi kembali....jgn ke inbox yah, maaf kadang ane ga buka internet dan ngaskus...lihat aja join dan post ane....ga sebanding yah?emoticon-Malu (S)

buat om momod....terima kasih sebelumnya...maaf kalo salah kamar yah..(mudah2an kamarnya pas)...emoticon-I Love Kaskus (S)
0
6.2K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
69.9KThread11.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.