Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ukiran Batu Fenomenal di Cina, Mampu Bertahan lebih dari 1300 Tahun

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Ukiran Batu Fenomenal di Cina, Mampu Bertahan lebih dari 1300 Tahun
Ukiran Batu Fenomenal di Cina, Mampu Bertahan lebih dari 1300 Tahun

Chongqing dikenal sebagai salah satu kota besar di negara Cina. Bersama dengan tiga kota lain, yakni Beijing, Shanghai serta Tianjin, Chongqing merupakan kota yang secara langsung di bawahi oleh Pemerintah Pusat. Sejak tahun 1997, Chongqing sudah tak lagi menjadi bagian dari Provinsi Sichuan yang terkenal sebagai surga kuliner Cina. Meski begitu, tempat ini juga masih menyimpan budaya kuliner yang mirip dengan Sichuan.

Namun kali ini kita tak sedang bicara mengenai kuliner yang ada di Chongqing, melainkan sebuah peninggalan sejarah yang fenomenal yakni Dazu Rock Carvings. Sesuai dengan namanya, Dazu Rock Carvings ini merupakan sebuah ukiran batu yang terletak di Dazu, berjarak sekitar 271 kilometer dari Chengdu (ibukota Sichuan) serta 167 kilometer dari Chongqing.

Ukiran Batu Fenomenal di Cina, Mampu Bertahan lebih dari 1300 Tahun
Patung Dazu (kredit: Wikipedia)

Dazu Rock Carvings ini seperti yang telah saya tulis di atas, merupakan sebuah peninggalan yang sangat fenomenal. UNESCO pun telah melabeli Dazu Rock Carvings sebagai salah satu situs bersejarah peninggalan dunia. Di sini, para pengunjung pun bisa menemukan ribuan ukiran patung batu dengan nilai artistik tinggi. Tak hanya itu, patung-patung di sini juga sudah berusia sangat tua, dibuat pada tahun 758 Masehi di masa pemerintahan Dinasti Tang.

Pembuatan patung-patung di Dazu Rock Carvings ini dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, dilakukan pada tahun 650 Masehi di masa Dinasti Tang. Selanjutnya, pembuatan patung-patung kuno ini dilanjutkan pada masa pemerintahan Dinasti Ming (1368-1644) dan Dinasti Qing (1616-1911).

Patung-patung yang ada di sini pun jumlahnya mencapai lebih dari 5000 patung. Selain itu, juga ada lebih dari 100 ribu ukiran karakter Cina dan prasasti. Seluruh ukiran-ukiran tersebut pun berada di area dengan luas mencapai 1400 kilometer persegi. Patung-patung di sini pun beragam, didominasi oleh patung Buddha dan selanjutnya ada juga patung Tao serta Konfusius.

Ukiran batu yang ada di Dazu sendiri terbagi di lima area, yakni di Beishan, Baodingshan, Nanshan, Shimenshan serta Shizhuanshan. Ukiran-ukiran batu di semua tempat itupun mempunyai nilai artistik yang tinggi dan memperlihatkan skill tinggi para pembuatnya.

Beishan Rock Carving

Beishan ini lokasinya berada di arah barat laut dari Dazu dengan jarak sekitar 2 kilometer. Beishan ini merupakan sebuah daerah dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 560 meter di atas permukaan laut. Di sini, terdapat sekitar 3000 patung Buddha yang tersebar di berbagai tempat, yakni Fowan, Kuil Baita, Lereng Yinpan, Lereng Guanyin, Foer Rock dan lain-lain. Dan jumlah patung yang paling banyak bisa ditemukan di Fowan.

Ukiran Batu Fenomenal di Cina, Mampu Bertahan lebih dari 1300 Tahun
Patung Beishan (kredit: Wikipedia)

Fowan mempunyai struktur sebuah tebing dengan ketinggian dari 4 meter hingga 7 meter dan panjang mencapai 500 meter. Ukiran batu di sini pun terbagi di dua wilayah, yakni bagian selatan dan bagian utara. Di sini pun terdapat berbagai ukiran batu dari berbagai dinasti, baik Dinasti Tang, Dinasti South Song, Ming ataupun Qing.

Baodingshan Rock Carving

Selanjutnya adalah Baodingshan Rock Carving yang berjarak sekitar 15 kilometer di arah timur laut Dazu. Baodingshan merupakan sebuah gunung yang menjadi daerah suci bagi para pemeluk agama Buddha. Di sini pun terdapat sebuah kuil berbentuk gua yang dibangun oleh biksu terkenal Zhao Zhifeng. Untuk membentuk kuil gua tersebut, Zhifeng membutuhkan waktu selama 70 tahun.

Ukiran Batu Fenomenal di Cina, Mampu Bertahan lebih dari 1300 Tahun
Patung Baodingshan (kredit: Wikipedia)

Sebagai sebuah lokasi sakral pemeluk agama Buddha, di sini pun patung-patung yang ada adalah patung terkait dengan ajaran Buddha. Dan di area Dafuo Bay Rock, dikenal sebagai lokasi ukiran yang hingga kini masih terjaga dengan baik di area Baodingshan. Selain itu terdapat pula ukiran batu di area lain seperti di Xiaofuo Bay.

Nanshan Rock Carving

Nah, kalau patung di Baodingshan bertema Buddha, lain halnya dengan patung yang ada di Nanshan. Patung-patung di Nanshan ini mengambil tema ajaran Tao yang mayoritas dibangun pada masa Dinasti Song (960-1279).

Shizhuanshan Rock Carving

Lokasi berikutnya adalah Shizhuanshan yang terletak sekitar 25 kilometer dari Dazu. Ukiran batu yang ada di Shizhuanshan ini pun sangat unik, karena terdapat batu dengan berbagai tema baik Buddha, Tao ataupun Konfusius. Sebuah hal yang cukup jarang dijumpai pada seni ukir batu di Cina.

Shimenshan Rock Carving

Lokasi terakhir adalah di Shimenshan yang berada sekitar 20 kilometer di arah timur Dazu. Di sini terdapat ukiran batu dengan tema ajaran Buddha dan Tao. Namun di sini patung-patung Tao lebih dominan dibandingkan dengan patung Buddha.

Mengenai sarana transportasi yang ada, terdapat bus yang melayani akses dari Chongqing menuju ke Dazu. Selain itu, terdapat pula biaya masuk yang perlu dibayarkan untuk masuk ke area wisata, tersedia tiket masuk secara single ataupun kombinasi.

SUMBER
0
2.8K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.